BKKBN Kalbar Bersama Kodim 1202 Singkawang Berikan Pelayanan KB Gratis

Editor: Redaksi author photo

 Kolaborasi BKKBN Kalbar Bersama Kodim 1202 Singkawang Berikan Pelayanan KB Gratis
KALBARNEWS.CO.ID (SINGKAWANG), - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) berkolaborasi dengan Komando Distrik Militer (Kodim) 1202 Singkawang dalam agenda pelayanan KB gratis bagi masyarakat.Senin  (2 Oktober 2023)



Pelayanan KB yang menyentuh langsung masyarakat tersebut dipusatkan di Rumah Sakit (Rumkit) Tk. IV 12.07.01 Singkawang pada Senin (2/9).



Penata Kependudukan dan KB Ahli Madya BKKBN Kalbar, Muslimat mengungkapkan pelayanan KB tersebut merupakan bagian dari rangkaian peringatan hari kontrasepsi sedunia yang jatuh pada 9 September lalu.



Ditingkat pusat menurut Muslimat BKKBN RI dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) telah bekerjasama dan berkolaborasi untuk mempercepat pelayanan program Keluarga Berencana (KB) di lapangan.



“Di Kalbar kita (BKKBN Kalbar) juga berkolaborasi dengan Kodam XII/Tanjungpura, Kodim-kodim se Kalbar dan stakeholder lainnya,” kata Muslimat.



Dirinya menambahkan pelayanan program KB tersebut dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia. Termasuk di Provinsi Kalbar juga dilakukan pelayanan KB serentak diseluruh wilayah Kalbar. Dengan semua jenis pelayanan kontrasepsi diberikan kepada masyarakat luas diseluruh wilayah Kalbar.



“Kita menyasar wilayah-wilayah Kalbar termasuk Kota Singkawang dengan semua jenis pelayanan kontrasepsi,” jelasnya.



Muslimat menerangkan agenda yang dimulai dari 26 September hingga 4 Oktober mendatang tersebut bertujuan untuk menekan angka kematian ibu dan mengurangi angka stunting. Dengan menyasar masyarakat umum untuk diberikan pelayanan KB secara gratis.



Disamping difasilitas TNI agenda pelayanan KB gratis tersebut menurut Muslimat juga digelar pada fasilitas-fasilitas kesehatan lain. Baik fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah, swasta seperti rumah sakit, klinik dan lainnya.



“Kita berikan pelayanan KB bagi masyarakat, ini kegiatan terpadu dibeberapa titik wilayah Kalbar,” kata Muslimat.



Dikatakan Muslimat program tersebut juga sejalan dengan upaya percepatan penurunan stunting. Dengan penggunaan kontrasepsi juga bisa mengendalikan angka fertilitas yang tentu akan berpengaruh berbagai sektor. Misalnya pertumbuhan penduduk serta kualitas kesehatan ibu dan anak.



Selain berkolaborasi dengan TNI, dalam pelayanan KB gratis BKKBN perwakilan Provinsi Kalbar juga menggandeng Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Singkawang.



“Kita berkolaborasi dengan semua pihak khususnya jajaran TNI, IBI serta pemerintah daerah, kita harapkan masyarakat akan lebih melek lagi termasuk pasangan usia subur,” harapnya (BP) 

Editor : FF

Share:
Komentar

Berita Terkini