Semarak PVBC X BUDI Cup ke-11 Sukses Digelar

Editor: Redaksi author photo

Semarak PVBC X BUDI Cup ke-11

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) 
– Kejuaraan Pontianak Veteran Basket Competition (PVBC) X Basket Usia Dini (BUDI) Cup Tahun 2024, sukses digelar dengan menyajikan pertandingan-pertandingan yang seru dan memikat penonton.


Event bergengsi ini berlangsung di GOR Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kota Pontianak, 21-27 April 2024 . 


PVBC X BUDI sendiri, merupakan kejuaraan tahunan yang sudah memasuki tahun ke-11 dan menjadi ajang basket bergengsi di Kota Pontianak, yang selalu ditunggu-tunggu oleh para pebasket di berbagai usia.


Dan pada Sabtu, 27 April 2024 menjadi malam final dari PVBC X BUDI Cup Tahun 2024, yang mempertemukan Airball Kalteng vs Meteor untuk Kategori Umur (KU)40+ tahun dan BBM X Aika melawan Khastra untuk KU-33+.


Sebelumnya, pada sore telah dipertandingkan partai final untuk kategori SD, SMP Putra dan SMP Putri.


Pada pertandingan final antara Airball Kalteng vs Meteor, berlangsung seru dan sengit, di mana Airball Kalteng, sebagai tamu berhasil menjadi juara PVBC X BUDI Cup Tahun 2024, dengan mengalahkan sang tuan rumah, Meteor.


Sementara tuan rumah Khastra, berhasil menjadi juara usai mengalahkan BBM X Aika, dengan skor yang sangat kompetitif. 


Atas semarak kejuaraan ini, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Kadisporapar) Kota Pontianak, Syarif Rizal sangat mengapresiasi dan merasa terhibur. 


Menurutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak akan terus mendukung kegiatan olahraga, terutama basket, karena bisa menemukan bibit baru.


"Selamat buat yang sudah menjadi juara, semoga PVBC X BUDI Cup Tahun 2024 ini bisa jadi simbol kemajuan olahraga Basket di Kota Pontianak, Pemkot Pontianak akan terus mendukung kegiatan ini," ujarnya.


Ia juga menyatakan, dengan semarak perhelatan ini, maka ke depannya panitia bisa mendatangkan tim yang lebih kompetitif dan semakin banyak.


“Sudah ada tamu dari Kalteng, sehingga semoga ke depan bisa mendatangkan peserta dari Pulau Kalimantan, di mana ada 5 provinsi dan 3 negara, yaitu Brudei Darussalam, Malaysia, dan Indonesia. Tentunya akan semakin semarak,” papar Rizal.


Kadisporapar juga mengucapka terima kasih atas kerja-kerja panitia, yang setiap tahunnya bisa menyajikan pertandingan yang menarik.


"Terima kasih buat para peserta, panitia, dan sponsorship yang sudah mendukung PVBC X BUDI Cup Tahun 2024 agar terselenggara dengan lancar," terangnya lebih lanjut.


Dalam Kesempatan yang sama Sekretaris Pengurus Provinsi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Pengprov Perbasi) Kalbar, Setyo Gunawan menjelaskan bahwa ajang ini bisa digunakan untuk menemukan bibit-bibit baru di olahraga basket.


"Terima kasih untuk penyelenggara karena telah melaksanakan PVBC XI BUDI Cup Tahun 2024 kali ini, semoga kegiatan basket ini bisa menjadi ajang pencari atlet muda basket di Pontianak," jelasnya.


PVBC X BUDI Cup Tahun 2024 diikuti 47 tim mulai Dari SD ada 12 tim, SMP Putri 15 tim, SMP Putra 10 tim, PVBC KU-33 ada 7 tim PVBC KU-40 diisi 7 tim.


BUDI juga yang digelar Pontianak Veteran Basket Competition (PVBC), telah terbukti berhasil melahirkan pebasket profesional yang berkiprah di tingkat nasional. Keberhasilan ini disampaikan langsung oleh Murtopo Bong, Founder PVBC.


“PVBC X BUDI, adalah kompetisi Basket Usia Dini dan usia veteran, yang diselenggarakan sebagai salah satu upaya melahirkan bibit-bibit Basket Profesional. Kami bersyukur, pada setiap gelarannya selalu banyak peserta yang mendaftar,” tutur Murtopo Bong.


Kejuaraan ini terbukti selalu dinantikan, karena telah berhasil mengantarkan pebasket profesional yang bermain di Indonesian Basketball League (IBL).


“Tahun ini lebih istimewa, di mana untuk yang kategori veteran ada tim dari Kalimantan Tengah (Kalteng) yang ikut bertanding di Pontianak. Tentunya ini menunjukkan bahwa PVBC XI BUDI Cup memiliki daya tarik tersendiri,” katanya. (BP)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini