Bank Kalbar Pertahankan Gelar bergengsi Bintang 5 pada Ajang Top BUMD Awards 2024
KALBARNEWS.CO.ID
(JAKARTA)
– Ajang penghargaan paling bergengsi dan
terbesar bagi para pelaku BUMD di Indonesia, yakni TOP BUMD Awards kembali
digelar pada 2024 ini dengan tema ”Penguatan Tata Kelola dalam Membangun
Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD”. Kamis (21 Maret 2024)
Nama Bank
Kalbar Kembali terpatri pada ajang prestesius tingkat nasional dengan prestasi
yang membanggakan mempertahankan gelar Bintang 5 selama dua tahun
berturut-turut.
Tak hanya sampai di situ, dua penghargaan
lainnya juga berhasil disabet Bank Kite Punye Kite dalam ajang bergengsi
tersebut, yaitu Top Pembina BUMD 2024 yang diberikan kepada Pj Gubernur
Kalimantan Barat dr. HARISSON, M.Kes dan Top CEO BUMD 2024 yang diberikan
kepada Direktur Utama Bank Kalbar Rokidi, S.E., M.M.
Ketua
Penyelenggara TOP BUMD Awards 2024 yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Top
Business, M Lutfi Handayani menyatakan, TOP BUMD Awards merupakan kegiatan
pembelajaran dan penghargaan kinerja BUMD yang terbesar dan paling
membanggakan, yang diberikan kepada BUMD, CEO BUMD, Pembina BUMD (Kepala
Daerah) terbaik di Indonesia.
“Melalui
kegiatan ini, diharapkan setiap BUMD, dapat terpacu untuk selalu berprestasi
dan berperan penting dalam pembangunan daerah dan perekonomian nasional,” jelas
Lutfi di sela acara penganugerahan yang diselenggarakan di Hotel Raffles
Jakarta.
Menurut Lutfi, ada beberapa kriteria penilaian
kepada para finalis TOP BUMD Awards 2024 ini. Pertama adalah pencapaian kinerja
bisnisnya, baik dan bekelanjutan (achievement). Selain itu, perusahaan terus
melakukan perbaikan (improvement/inovasi), berkontribusi besar dalam
pembangunan daerah, dan terakhir memiliki tata kelola perusahaan yang baik.
Top BUMD Awards merupakan kegiatan corporate
rating yang terbesar dan paling membanggakan di Indonesia.
Top BUMD
Awards merupakan penghargaan yang diberikan kepada BUMD-BUMD Terbaik di
Indonesia termasuk BLUD dan Omas yang terkait BUMD, atas Achievement
(prestasi), Improvement (perbaikan), dan Contribution (Kontribusi) BUMD yang
telah dilakukan, terkait kinerja bisnis, layanan, dan kontribusi terhadap
perekonomian daerah. Penghargaaan yang diselenggarakan oleh majalah Top
Business ini, bekerjasama dengan Institut Otonomi Daerah (IOTDA) dan beberapa
Lembaga, Asosiasi dan Konsultan Bisnis, seperti IKN (Lembaga Kajian Nawacita),
SGL Management, PPM Manajemen, Sinergi Daya Prima, Dwika Consuitmg, Melani K
Harriman & Associate, dan Solusi Kinerja Bisnis, serta Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran Bandung, dengan
melibatkan Dewan Juri beberapa Profesor dan Doktor di bidang Bisnis Ekonomi,
serta para Praktisi dan Konsultan Bisnis.
Penganugerahan
Top BUMD 2024 dilaksanakan di Dian Ballroom Hotel Raffles Jakarta, Rabu (20/3).
Direktur Utama Bank Kalbar, Rokidi yang hadir secara langsung menerima
penghargaan bergengsi tersebut mengatakan, Bank Kalbar berhasil mempertahankan
gelar Top BUMD Awards 2024 Bintang 5 untuk yang kedua kalinya berturut-turut.
"Kami
merasa terharu atas penganugerahan penghargaan ini. Pengakuan ini memperkuat
komitmen kami untuk terus berinovasi dan memberikan nilai tambah bagi nasabah
kami,” ungkap Rokidi.
Rokidi
menilai, penghargaan ini diberikan sebagai salah satu bentuk pengakuan atas
kontribusi nyata Bank Kalbar dalam mendorong pertumbuhan perekonomian dan
memberikan layanan yang berkualitas kepada Masyarakat Kalimantan Barat.
Penghargaan ini juga merupakan bukti nyata dari komitmen bank dengan tagline
‘Bank Kite Punye Kite’ dalam menjaga standar layanan serta inovasi produk pada
industri perbankan daerah.
“Dengan
memberikan layanan yang terbaik kepada nasabah, kami terus berusaha untuk
menjadi mitra yang dapat diandalkan bagi individu, bisnis, dan komunitas di
Kalbar,” tuturnya.
Sejak didirikan di tahun 1964, lanjut Rokidi,
Bank Kalbar telah memantapkan komitmen untuk berdedikasi memajukan ekonomi
lokal dan melayani kebutuhan keuangan masyarakat. Dengan berbagai produk dan
layanan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan beragam pelanggan, pihaknya
memantapkan cita-cita untuk terus berinovasi dan menghadirkan kualitas layanan
yang unggul dan berorientasi pada kepuasan pelanggan.
“Kami akan
terus berupaya untuk mempertahankan standar keunggulan ini dan meningkatkan
kualitas layanan kami lebih jauh lagi,” pungkasnya. (Tim Liputan)
Editor : Aan