Pengisian Daya Otonom: Kanopi Surya Untuk Kendaraan Elektronik

Editor: Redaksi author photo

Pengisian Daya Otonom: Kanopi Surya Untuk Kendaraan Elektronik

KALBARNEWS.CO.ID (AS)
- Perusahaan Paired Power yang berspesialisasi dalam pengembangan infrastruktur pengisian daya di AS mengembangkan kanopi untuk kendaraan elektronik (EV) yang dilengkapi dengan panel surya dan perangkat pengisi daya. Solusi ini akan memungkinkan pengisian daya kendaraan listrik dan hibrida tanpa koneksi ke jaringan umum termasuk di tempat parkir umum. (17 Februari   2024).


Unit ini terdiri dari panel fotovoltaik berkapasitas 4,6 KW, satu atau dua set pengisi daya (tergantung tata letaknya) dan perangkat penyimpanan energi hingga 42,4 KWh. Listrik yang dihasilkan selama cuaca cerah disalurkan ke perangkat penyimpanan tersebut, dan kapasitasnya cukup untuk membuat kendaraan listrik dapat berlari sejauh 370 km (230 mil) tanpa mengisi ulang.




Biaya unit bervariasi dari $28 K hingga $78 K tergantung pada kapasitas perangkat penyimpanan dan jumlah set pengisi daya. Mirip dengan biaya perakitan ($5 K), biaya tersebut mungkin terbayar karena penurunan konsumsi listrik dari jaringan umum: biaya rata-rata listrik di AS adalah $0,126 per KW pada bulan Januari 2024. Oleh karena itu, kemungkinan biaya pembelian maksimum dan perakitan unit ($83 K) dapat dilunasi setelah menyervis 15,2 ribu kendaraan listrik dan hibrida.




Fakta penurunan beban pada jaringan listrik umum sangatlah penting, terutama mengingat pesatnya pertumbuhan permintaan listrik yang terkait dengan kendaraan listrik: pada tahun 2018, kendaraan listrik dan hibrida menyumbang 0,04% dari total konsumsi listrik di AS, namun selama tahun 2023 pangsa mereka mencapai 0,17%, menurut Administrasi Informasi Energi (EIA).




Satu-satunya kelemahan serius dari unit ini adalah kisaran suhu pengoperasian yang agak kecil di bawah nol (tidak di bawah -6,6 derajat Celcius). Oleh karena itu, unit ini dapat digunakan terutama di wilayah hangat, seperti di California (pemimpin pembangunan infrastruktur pengisian daya di AS: pada November 2023 jumlah total stasiun pengisian daya di AS adalah 173,6 ribu, dan di California – 48,7 ribu (28%) stasiun, yaitu lebih banyak dibandingkan negara bagian lain mana pun termasuk New York (11,0 ribu), Florida (9,7 ribu) dan Texas (8,6 ribu). (Tim Liputan).

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini