Mahasiswa KKN UNU Kalbar Lakukan Sosialisasi Pengelolaan Sampah Berbasis 3R

Editor: Redaksi author photo
Mahasiswa KKN UNU Kalbar Lakukan Sosialisasi Pengelolaan Sampah Berbasis 3R

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Sampah merupakan salah satu masalah lingkungan hidup yang sampai saat ini masih belum teratasi dengan baik, kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mengelola sampah tidak sebanding dengan jumlah timbulan sampah.

 

Sehingga ini menjadi penyebab terjadi peningkatan tumpukan sampah dari berbagai macam sumber, baik sampah rumah tangga maupun sampah olahan pabrik dn lain-lain, hal inilah yang mengakibatkan meningkatnya jumlah produksi sampah sehingga bisa menyebabkan gangguan kesehatan dan estetika lingkungan.

 

Mengamati dan terdorong fenoma tersebut, Mahasiswa KKN Kelompok 08 Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalbar Tahun 2023 kemudian melakukan Edukasi dan sosialisasi Konsep pengelolaan sampah Reduce, Reuse, Recycle (3R) kepada pelajar di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Riyadhotul 'Uqul Dusun Cendrawasih Parit Madiun, Desa Parit Keladi, Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat.  

 

Konsep pengelolaan sampah yang ideal untuk saat ini khususnya di Indonesia yaitu dengan menerapkan Prinsip Reduce, Reuse, Recycle (3R) atau kurangi, gunakan kembali, daur ulang, namun Masyarakat Indonesia saat ini belum sepenuhnya menyadari betapa pentingnya melakukan upaya 3R. 

 

Oleh karena itu, perlu dilakukan edukasi ke semua lapisan masyarakat termasuk edukasi kepada siswa-siswi sekolah dasar. Sekolah merupakan bagian dari masyarakat yang menghasilkan sampah setiap harinya,” ungkap Zainullah salah satu Mahasiswa KKN UNU Kalbar

 

Dengan Edukasi dan sosialisasi Konsep pengelolaan sampah 3R ini diharapkan nantinya Siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Riyadhotul 'Uqul nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa yang faham sejak dini mengenai pentingnya pengelolaan sampah agar permasalahan sampah dapat teratasi.

 

“Edukasi dan sosialisasi Konsep pengelolaan sampah dengan prinsip 3R di MI Riyadhotul 'Uqul dilaksanakan pada hari Sabtu, 09  Desember 2023 dengan dihadiri oleh kelas 4 sebanyak 20 siswa,” jelasnya.

 

Dalam kegiatan tersebut dilakukan penjelasan mengenai pentingnya memilah sampah sesuai jenisnya yang merupakan dasar dari penerapan 3R. Kemudian siswa diajak untuk mengidentifikasi penerapan Reduce, Reuse, Recycle (3R) kurangi, gunakan kembali, daur ulang yang bisa dilakukan di sekolah maupun di rumah.

 

Siswa tidak hanya diajak untuk mengidentifikasi penerapan Reduce, Reuse, Recycle (3R) yang bisa mereka lakukan di sekolah maupun di rumah, tetapi juga langsung diberikan contoh nyata dari hasil penerapan 3R berupa Prototype dari hasil recycle kertas yang dijadikan paper bag,” jelas Zen.

 

Evaluasi keberhasilan dari program ini adalah anak-anak khususnya siswa kelas 4 MI Riyadhotul 'Uqul dapat memahami konsep dari 3R dan contoh tindakan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yang dibuktikan dengan kemudahan dan semangat mereka dalam menjawab pertanyaan yang dilontarkan mahasiswa.

 

Selain itu, anak-anak juga dapat memberikan contoh langsung produk jadi dari hasil pengolahan sampah dengan menerapkan 3R, seperti hiasan dinding di kelas, vas bunga, dan lain-lain.

 

Harapannya, pengetahuan dan pemahaman siswa semakin bertambah dan kesadaran untuk menerapkan prinsip 3R semakin terpupuk sejak dini sehingga mereka dapat turut berkontribusi dalam mengurangi timbulan sampah yang ada.


Penulis: Zain/Riswan

Dosen Pembimbing Lapangan : Marhamah, M.E

Lokasi : Dusun Cendrawasih, Parit Madiun, Desa Parit Keladi, Kec. Sungai Kakap, Kab. Kubu Raya

KKN Kelompok 08 Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalbar Tahun 2023

Share:
Komentar

Berita Terkini