AS Memfasilitasi Pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Gas Baru

Editor: Redaksi author photo

AS Memfasilitasi Pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Gas Baru

KALBARNEWS.CO.ID (AS)
- Selama beberapa bulan terakhir tahun 2023, sepuluh pembangkit listrik tenaga panas dan panas gabungan (CHPP) berbahan bakar gas baru dengan total kapasitas 6,8 GW diluncurkan di AS, menurut Badan Informasi Energi (EIA). 


Enam pembangkit listrik tenaga gas lagi akan terhubung ke jaringan listrik berkapasitas 1,8 GW sebelum akhir tahun. Pada akhirnya, pada akhir tahun 2023 jumlah total pembangkit listrik berbahan bakar gas akan mencapai enam belas, dan total kapasitasnya – 8,6 GW, lebih tinggi dari metrik serupa tahun sebelumnya (sebelas pembangkit listrik berkapasitas 5,6 GW).


Unit turbin gas siklus gabungan (CCGT) adalah jenis pembangkit listrik berbahan bakar gas yang paling populer. Mereka dilengkapi dengan tenaga uap dan mesin turbin gas, yang memberikan faktor efisiensi tinggi (lebih dari 60% vs 28–42% unit turbin gas sederhana). 



Secara total, tiga belas unit pembangkit listrik tenaga uap dengan total kapasitas 12,4 GW akan diluncurkan di AS pada tahun 2022–2023; Florida dan Michigan akan menghasilkan 5,8 GW. Jumlah total pembangkit turbin gas baru pada tahun 2022–2023 akan mencapai empat belas, dan kapasitas kumulatifnya – 1,9 GW, setengahnya akan disediakan oleh Texas.



Meskipun pembangkit listrik tenaga turbin gas jauh tertinggal dibandingkan pembangkit listrik tenaga uap dalam hal kapasitansi spesifik (140 vs 900 MW), pembangkit listrik tenaga turbin gas mampu memberikan respons yang lebih cepat terhadap lonjakan permintaan energi, terutama di wilayah dengan persentase energi yang tinggi. sumber energi terbarukan (RES). Jadi, wajar jika Texas menjadi lokasi utama unit turbin gas, karena pada tahun 2022 pangsa pembangkit listrik tenaga angin mencapai 25%.



Peran penyeimbang unit turbin gas juga dapat dilihat pada metrik tingkat utilisasi pembangkit listrik: total tingkat utilisasi pembangkit listrik tenaga gas-uap di Amerika pada tahun 2022 mencapai 56,7%, dan untuk unit turbin gas hanya sebesar 56,7%. 13,7%. Hal ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa unit turbin gas digunakan ketika terjadi lonjakan permintaan yang tidak dapat dipenuhi oleh sumber lain.



Gas tetap menjadi sumber utama pembangkit listrik di AS. Menurut pusat analisis Ember, pangsa pembangkit listrik berbahan bakar gas dalam total bauran pembangkitan di Amerika Serikat tumbuh dari 16% menjadi 39%, sementara pangsa pembangkit listrik tenaga batu bara menurun dari 52% menjadi 19%. selama periode yang sama.



 Dan tren ini akan terus berlanjut pada tahun-tahun berikutnya. Menurut EIA, pada tahun 2024–2025, dua puluh pembangkit listrik tenaga gas baru dengan total kapasitas 7,7 GW akan dibangun di AS.(Tim Liputan)

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini