Kelompok kunjungan proyek pembangunan lintas Shenzhen-Zhongshan
KALBARNEWS.CO.ID (BEIJING) -- Pada tanggal 8 Desember, rombongan
kunjungan yang bertema "Kenali Kekuatan Zhongshan" yang
diselenggarakan oleh Akademi Penerjemahan Biro Bahasa Asing Tiongkok dan
jurnalis asing yang turut mengunjungi ke lintas Shenzhen-Zhongshan, Pameran
Realistis Wilayah Cuiheng, dan Hongrita Precision Components (Zhongshan) Co.,
Ltd dan sebagainya.
Anggota rombongan kunjungan sangat terkesan bahwa Zhongshan adalah sebuah kota yang penuh dengan peluang untuk berinovasi dan memiliki semangat yang muda, dengan prospek perkembangan masa depan yang sangat menjanjikan. (13 Desember 2023 ).
Di bawah bimbingan staf, rombongan kunjungan tersebut mengunjungi sepanjang jembatan Zhongshan di tengah lintas Shenzhen-Zhongshan. Begitu turun dari mobil, mereka sangat terkesan dengan skala proyek tersebut.
Permukaan jembatan yang telah selesai dipasang melintasi
dari timur ke barat, lebar dan datar, dengan menara utama jembatan menjulang
tinggi di atas laut yang luas yang sangat mengesankan.
Staf dari pusat manajemen lintas Shenzhen-Zhongshan menjelaskan bahwa tunnel Shenzhen-Zhongshan adalah proyek infrastruktur lintas laut yang menggabungkan "Jembatan, pulau, tunnel, dan saling terhubung di dalam air".
Terowongan ini memiliki panjang dengan total sekitar 24 kilometer dan telah
mencetak beberapa "Rekor dunia", termasuk sebagai jembatan gantung
kotak baja terpanjang di dunia di atas laut dan sebagai jembatan lintas laut
dengan ketinggian ruang bebas pelayaran tertinggi di dunia.Saat ini, konstruksi
lintas Shenzhen-Zhongshan sedang berusaha sepenuhnya untuk mencapai targetnya
pada pertengahan tahun 2024.
"Staf tersebut menjelaskan bahwa struktur rekayasa tersebut dirancang dengan masa pemakaian selama 100 tahun. Mengingat perkembangan pelabuhan di masa depan, jika tidak menyediakan ketinggian yang cukup, hal itu dapat mempengaruhi navigasi kapal besar.
Oleh karena itu, ketinggian ruang bebas untuk pelayaran
ditingkatkan hingga ketinggian pada saat ini." Mereka juga menyebutkan
bahwa tunnel dengan tabung beton berlapis baja yang karakteristik "Ekstra
lebar, penguburan yang dalam, dan melebar" juga merupakan penggunaan
pertama kali di dunia secara massal. Setelah selesai dibangun, tunnel tabung
beton tersebut akan menjadi tunnel tabung beton bawah laut dengan delapan lajur
mobil ganda terpanjang di dunia untuk yang pertama.
Dapat dimengerti bahwa, sebagai satu-satunya jalur jalan langsung antara dua klaster kota utama di bagian delta, yaitu "Shenzhen-Dongguan-Huizhou" dan "Zhuhai-Zhongshan-Jiangmen", lintas Shenzhen-Zhongshan adalah penghubung transportasi antara Zona Uji Coba Perdagangan Bebas Provinsi Guangdong (Nansha Guangzhou, Qianhai Shenzhen, dan Hengqin Zhuhai) dan wilayah teluk besar Guangdong-Hong Kong-Macao.
Hal ini memiliki peran strategis
yang penting dalam mempercepat integrasi dan pengembangan kelompok kota di wilayah
teluk besar di Guangdong-Hong Kong-Macao.
Di pameran wilayah Cuiheng yang terletak di lantai 21 Gedung Cuiheng, rombongan kunjungan dapat melihat lintas Shenzhen-Zhongshan dari jauh dan melihat pemandangan kota di kawasan timur di wilayah Cuiheng.
Melalui gambar dan teks, mereka dapat mempelajari tentang sejarah, kondisi saat ini, dan prospek wilayah Cuiheng. Sebagai kawasan baru tingkat provinsi Guangdong, hal ini merupakan titik dari sisi barat lintas Shenzhen-Zhongshan, wilayah Cuiheng yang terletak di posisi pusat dari tiga kawasan baru tingkat nasional, yaitu Nansha, Qianhai, dan Hengqin, serta dua pusat "Lingkaran" dari empat kota besar Guangdong-Hong Kong-Macao yang terletak di dalam "Area lingkaran satu jam" di wilayah Teluk Besar.
Untuk kedepannya, dengan
memanfaatkan peluang sejarah dari pembukaan lintas Shenzhen-Zhongshan, wilayah
Cuiheng di Zhongshan akan menjadi pusat inovasi, industri, dan sumber daya
manusia di tepi barat wilayah Teluk Besar, dan akan sepenuhnya menjadi kota
pesisir modern yang terinternasionalisasi dan berorientasi dengan inovasi pada
tahun 2035, serta akan menjadi gerbang pembangunan di sekitaran teluk di
Zhongshan. (Tim Liputan)
Editor : Aan