KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Selama kuartal III 2023, Fesyen,
Otomotif, Elektronik, Rumah Tangga dan Kebutuhan Sehari-hari atau Groceries (seperti
Makanan dan Minuman, Kesehatan serta Perawatan Tubuh) menjadi beberapa kategori
produk yang paling laris di Tokopedia. Rabu (4 Oktober 2023)Tokopedia Ungkap Produk Paling Dicari Masyarakat di Wilayah Indonesia
Kepala Divisi Corporate
Affairs Tokopedia, Rizky Juanita Azuz, menyampaikan, “Memasuki momen menjelang
akhir tahun, Tokopedia terus berupaya membantu lebih dari 14 juta penjual di Tokopedia,
termasuk UMKM lokal, agar bisa makin memaksimalkan peluang usaha.
Misalnya, dengan
menggencarkan inisiatif Hyperlocal berteknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual
dengan pembeli di mana pun mereka berada, agar UMKM di seluruh penjuru
Indonesia dapat memperluas pasar dan meraja di negeri sendiri.”
“Salah satu contoh
manifestasi Hyperlocal adalah Kumpulan Toko Pilihan (KTP), halaman kurasi produk
penjual terdekat dari lokasi pembeli. Ada pula Dilayani Tokopedia, layanan
pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang
pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi,” jelas Rizky.
Tokopedia juga terus memberi pendampingan bisnis online bagi UMKM lokal. Contohnya, lewat Pusat Edukasi Seller yang dapat diakses UMKM secara gratis untuk mendapatkan banyak materi tentang pengembangan usaha.
“Tokopedia bersama pemerintah
daerah juga rutin mengadakan Kelas Maju Digital untuk UMKM lokal di
Jabodetabek, Medan, Bandung, Solo, Surabaya, Semarang, Denpasar dan masih
banyak lagi. Kolaborasi dari seluruh pihak sangat dibutuhkan untuk makin mengoptimalkan
daya saing dan peran UMKM pada perekonomian nasional,” tambah Rizky.
Tren produk yang paling
dicari di Tokopedia dari berbagai daerah, mulai dari Sumatra hingga Papua Tokopedia
melalui Rizky pun membagikan tren pencarian masyarakat lewat Tokopedia di
berbagai pulau di Indonesia sepanjang kuartal III 2023 dibandingkan kuartal III
2022, yang dapat menjadi referensi UMKM untuk berjualan online jelang akhir
tahun.
Belakangan ini, olahraga
tenis kian digemari banyak masyarakat.
“Tokopedia mencatat di wilayah Sumatra Utara, jumlah pencarian terhadap produk sepatu tenis naik hampir 1,5 kali lipat. UMKM pemula bisa memanfaatkan tren olahraga ini sebagai ide jualan online,” jelas Rizky.*
Sementara di Sumatra Barat,
produk sembako seperti sayuran beku mengalami kenaikan jumlah pencarian di
Tokopedia hingga lebih dari 2 kali lipat. Sementara di daerah Sumatra Selatan,
Tokopedia mencatat jumlah pencarian terhadap produk mainan dan hobi yang sering
dimainkan anak-anak, seperti bola bekel, melonjak lebih dari 3 kali lipat.*
“Untuk membantu pelaku usaha
mendapatkan panggung lebih luas dalam menjual produk yang berkaitan dengan
mainan dan hobi, Tokopedia memiliki kampanye Tokopedia Funstation,” tambah
Rizky.
2. Pulau Jawa: Kebaya
Pengantin hingga Motor Listrik
Jumlah pencarian terhadap
kebaya pengantin di Tokopedia, khususnya di Jawa Barat, naik hampir 3 kali
lipat.*
“Penjual bisa memakai fitur
Bundling Product untuk menggabungkan beberapa produk dalam satu paket jualan
dengan harga lebih terjangkau. Misalnya, gabungkan kebaya pengantin dengan
bawahan yang serasi,” saran Rizky.
Bahkan, pencarian untuk apple
vinegar atau cuka apel mengalami kenaikan hingga 3 kali lipat di Tokopedia,
khususnya di Jawa Tengah. Cuka apel dikenal memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan,
mulai dari mengatur kadar gula darah hingga mengurangi kadar asam urat.
“Selain produk fesyen serta
makanan dan minuman, kendaraan listrik seperti mobil dan motor yang
berteknologi ramah lingkungan makin menarik perhatian masyarakat belakangan
ini. Hal ini terbukti dari jumlah pencarian terhadap motor listrik di
Tokopedia, khususnya di Jawa Timur, naik hampir 68 kali lipat,” ungkap Rizky.
3. Pulau Kalimantan: Diecast
Mobil hingga Aksesori Nail Art
Tokopedia pun melihat
antusiasme masyarakat di daerah Kalimantan dalam berbelanja online masih terus
meningkat. Misalnya, di daerah Kalimantan Barat, pencarian terhadap produk mainan
dan hobi seperti diecast mobil mengalami lonjakan hingga hampir 2 kali lipat.*
“Tak hanya di Pulau Sumatra,
masyarakat di Kalimantan pun ikut merasakan euforia olahraga tenis. Hal
tersebut sejalan dengan data Tokopedia, khususnya di Kalimantan Timur, bahwa jumlah
pencarian produk tas raket tenis sebagai penunjang olahraga turut meningkat
hingga lebih dari 3 kali lipat,” ucap Rizky.*
Tidak hanya itu, Tokopedia
mencatat pencarian terhadap makanan tahu sutra di Kalimantan Tengah, yang kaya
akan protein, naik hampir 5 kali lipat. Data internal Tokopedia pun menunjukkan
bahwa di daerah Kalimantan Utara, jumlah pencarian untuk aksesori nail art di kategori
Kecantikan mengalami kenaikan hingga hampir 4,5 kali lipat.*
4. Pulau Sulawesi: Makanan
Muesli hingga Celana Lari Perempuan
Tren pencarian online
masyarakat di Sulawesi pun sangat beragam. Misalnya, di Sulawesi Tenggara,
jumlah pencarian untuk makanan muesli, yang dikenal sebagai sumber protein dan antioksidan,
mengalami kenaikan lebih dari 2,5 kali lipat.*
Sedangkan di Sulawesi Tengah,
masyarakat cenderung banyak mencari produk kecantikan. Hal ini terbukti dari
jumlah pencarian untuk produk eye primer, yang bisa membuat riasan mata menjadi
makin tahan lama, meningkat lebih dari 2,5 kali lipat.*
“Tokopedia juga mencatat di
Sulawesi Utara, produk sembako seperti cabe merah kian dicari masyarakat hingga
mengalami kenaikan jumlah pencarian lebih dari 3 kali lipat. Sementara, di Sulawesi
Barat, celana lari perempuan yang terdapat di kategori Olahraga, mengalami lonjakan
jumlah pencarian hingga lebih dari 5,5 kali lipat,” terang Rizky.*
5. Pulau Bali: Buku hingga
Wortel
Tokopedia mencatat masyarakat
di Bali cenderung banyak mencari produk yang dapat menunjang kegiatan hobi,
seperti membaca buku. Hal ini terbukti dari kenaikan jumlah pencarian buku
hiburan hingga hampir 2 kali lipat.*
Selain itu, produk fesyen
perempuan juga masih dicari oleh masyarakat di Bali. Tokopedia mencatat jumlah
pencarian baju renang untuk ibu hamil, naik lebih dari 1,5 kali lipat.*
“Memenuhi kebutuhan konsumen
yang menjalani gaya hidup sehat dengan berjualan sayur organik juga dapat
menjadi ide berjualan online. Uniknya menurut data Tokopedia, jumlah pencarian
yang dilakukan masyarakat di Bali terhadap produk sembako seperti wortel naik hampir
2 kali lipat, sehingga berjualan produk sayur segar dapat menjadi peluang,”
tutur Rizky.*
6. Kepulauan Nusa Tenggara:
Sepeda BMX hingga Scarf
Berbeda dengan Kep. Nusa
Tenggara, Tokopedia mencatat jumlah pencarian produk olahraga seperti sepeda
BMX di Nusa Tenggara Timur, naik hampir 1,5 kali lipat. Selain itu, masyarakat di
Nusa Tenggara Timur juga banyak mencari produk jurnal atau diary, yang terbukti
dari kenaikan jumlah pencarian produk tersebut hingga hampir 2 kali lipat.*
Sedangkan di Nusa Tenggara
Barat, masyarakat cenderung banyak mencari produk fesyen. Terbukti dari
pencarian produk scarf atau syal di Tokopedia yang naik hampir 2 kali lipat. Di
samping itu, jumlah pencarian brokoli yang dilakukan masyarakat di Nusa
Tenggara Barat mengalami kenaikan hingga lebih dari 2 kali lipat.*
7. Kepulauan Maluku: Crop Top
hingga Dekorasi Natal
Sementara di Maluku, berbagai
produk fesyen kian dicari masyarakat di kuartal III 2023 lewat Tokopedia.
Terlihat dari kenaikan jumlah pencarian terhadap produk busana muslim family
set yang naik lebih dari 3 kali lipat. Produk fesyen perempuan lain seperti
crop top juga mengalami kenaikan jumlah pencarian di Tokopedia, khususnya di
Maluku, hingga lebih dari 5 kali lipat.*
Selain itu, masyarakat di
Maluku juga mulai mencari produk dekorasi natal untuk akhir tahun. Hal ini
terbukti dari jumlah pencarian pohon natal yang naik hingga lebih dari 4 kali
lipat.*
“Penjual bisa memanfaatkan
berbagai fitur di Tokopedia, misalnya ‘Flash Sale Toko’, ‘Diskon Toko’ dan
‘Kupon Toko’, untuk menarik lebih banyak pembeli di momentum belanja masyarakat,
seperti saat jelang akhir tahun,” tambah Rizky.
“Banyak manfaat yang bisa
didapatkan penjual lewat berbagai fitur promosi ini. Contohnya, jika penjual
memberi ekstra cashback lewat fitur ‘Kupon Toko’, toko dan produk penjual
tersebut dapat muncul di halaman strategis Tokopedia, seperti halaman utama,
halaman pencarian dan halaman promo. Alhasil, penjualan berpotensi meningkat
karena pembeli lebih mudah menemukan toko atau produk tersebut dan bisa
mendapatkan penawaran menarik,” ujar Rizky.
8. Pulau Papua: Kursi Goyang
hingga Kopi Literan
Tokopedia pun mencatat temuan
menarik seputar tren pencarian produk di daerah Papua selama kuartal III 2023
dibandingkan kuartal III 2022. Hal ini terbukti dari kenaikan jumlah pencarian kursi
goyang di kategori Rumah Tangga naik lebih dari 2 kali lipat.
Produk fesyen anak seperti
beanie atau kupluk untuk anak mengalami kenaikan jumlah pencarian di Papua
hingga lebih dari 3,5 kali lipat. Pelaku usaha bisa memanfaatkan peluang ini untuk
berjualan kupluk dengan berbagai macam pilihan desain hingga material
berkualitas yang dapat digunakan untuk masyarakat Papua yang banyak tinggal di
kawasan sejuk atau dingin.*
Menariknya lagi, Tokopedia
mencatat jumlah pencarian kopi literan oleh masyarakat di Papua naik 7,5 kali
lipat.* “Tokopedia membuka peluang bagi UMKM lokal dari segala latar belakang dan
memenuhi berbagai kriteria untuk bergabung di Tokopedia NYAM!, panggung khusus
untuk pelaku usaha makanan dan minuman dari seluruh penjuru di Indonesia,”
jelas Rizky.
“Cara bergabung di Tokopedia
NYAM! pun sangat mudah. Penjual bisa mengunjungi halaman khusus untuk
mengetahui lebih lanjut terkait kriteria serta prosedur yang dapat diikuti agar
took penjual dapat dimasukkan pada Tokopedia NYAM!,” tutup Rizky. (Tim Liputan)
Editor : Aan