Penyerahan Buket di Perpisahan dan Pelepasan Sekolah Dasar Gembala Baik II

Editor: Redaksi author photo

Perpisahan dan Pelepasan Sekolah Dasar Gembala Baik II 
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Suasana mengharukan dan bahagia terpancar dari wajah orangtua/wali murid dan guru saat 131 siswa kelas VI Sekolah Dasar Gembala Baik II menyerahkan buket kepada orangtuanya sebagai ungkapan terima kasih sudah memberikan pendidikan formal terbaik kepada anak-anaknya.

Tak sedikit orangtua murid menitikan air mata melihat keberhasilan anak-anak mereka yang tak terasa sudah enam tahun berlalu. Kini, anak-anak mereka sudah bisa menulis, membaca dengan lancar dan bahkan menunjukan bakat dan prestasinya.

Persembahan buket tersebut merupakan rangkaian kegiatan perpisahan dan pelepasan peserta didik kelas VI Sekolah Dasar Gembala Baik II di Aula Santo Fransiskus Asisi Pontianak, Sabtu (27 Mei 2023).

Perwakilan Yayasan Pendidikan Gembala Baik, Pastor Plasida Palius , OFM. Cap mengucapkan terima kasih kepada bapak ibu guru atas dedikasinya sehingga semua siswa bisa menjadi pribadi yang tidak hanya pintar tapi semua pintar. Namun di atas itu ada cerdas dan jenius dan lebih lengkap lagi beriman. 

Pastor juga berpesan kepada siswa kelas VI yang akan melangkah ke jenjang lebih tinggi dan hadapi tantangan lebih berat agar terus berusaha dan belajar untuk mencapai impian.

“Bercita-cita boleh setinggi apapun, tapi harus dibarengi usaha, belajar dan disiplin. Karena jika hanya dengan cita-cita tanpa aksi nyata, tanpa usaha belajar itu adalah mimpi belaka. Tapi jangan sibuk pelajaran tanpa arah tujuan yang jelas, nanti hilang arah tak jelas tanpa tujuan,” pesan Pastor Pane sapaan akrabnya.

Kepala SD Gembala Baik II, Suster Maria Loysa Saragih SFD mengatakan, enam tahun adalah waktu yang telah siswa lalui di Sekolah Gembala Baik II. Mereka berjuangan dalam menyelesaikan pendidikannya di tingkat sekolah dasar, dan masih panjang perjalanan harus dilalui untuk menuju pintu kesuksesan.

“Tentunya dalam perjuangan ini, mereka tidak mampu sendiri, harus ada bimbingan, arahan, dukungan dan pendampingan orangtua dan keluarga. Walalupun sebagian pendidikan mereka berlangsung di sekolah, tapi faktanya pendidikan pertama dan utama bagi mereka adalah keluarga,” ujar Suster.

Tak lupa, Suster juga mengucapkan selamat atas selesainya jenjang pendidikan di sekolah dasar dan selamat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Sesuai tema pelepasan tahun ini yaitu terus melangkah demi masa depan. 

“Jadi pesan kami, jangan pernah berhenti melangkah sebelum kesuksesan kamu raih. Karena kesuksesan tidak datang begitu saja tanpa ada perjuangan, semoga apa yang menjadi harapan, cita-cita dapat tercapai dengan baik,” ucap Suster yang punya nama lain Suter Loysa Fronika.

Perwakilan Guru SDS Gembala Baik II, Antonius Yayan mengenang selama enam tahun banyak cerita suka cita bersama para siswa, bahkan dari siswa melatih para guru menjadi lebih sabar dan menyesuaikan zaman menjadi teladan.

“Kami sebagai pendidik ikut serta melihat kalian tumbuh dan menjadi seperti sekarang ini mulai dari kelucuan, keluguan dan rasa ingin tahu kalian. Mulai dari tutup botol yang susah dibuka minta dibukakan, mulai dari tali sepatu yang harus dingatkan diikat agar tidak terinjak, mulai dari tangisan lugu karena salah baju akan selalu kami ingat,” tutur guru favorit anak-anak ini.

Ia mengingatkan, siswanya harus menyiapkan masa depan dari sekarang. Anak-anak, setiap orang terlahir dengan kelebihan masing-masing. Kalian harus punya sifat pantang menyerah, bermimpi besar, dan bekerja keras agar menjadi orang sukses ke depannya. Tak kalah penting, jadilah pribadi yang bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa. 

“Kalian semua di sini adalah anak-anak yang sangat beruntung, karena memiliki orang tua yang mendukung kalian dengan memberikan dasar pendidikan untuk membantu kalian menyiapkan masa depan. Anak-anak, dengan pendidikan kalian akan memiliki banyak pilihan untuk menjadi sukses nantinya. Kami yakin, kalian semua di sini akan menjadi orang yang sukses menggapai mimpi besar hasil dari kerja keras,” ujarnya.

Ketua Komite SD Gembala Baik II, Stanislaus Andes mengapresiasi keberhasilan pihak sekolah membimbing para siswa dan adanya peningkatan kelulusan setiap tahunnya.

“Selama tiga tahun terakhir, jumlah siswa siswi SD Gembala Baik II selalu mengalami peningkatan  kelulusan. Tahun 2021  jumlah kelulusan.sebanyak 116 siswa, tahun 2022 sebanyak 126 siswa dan tahun 2023 sebanyak 131 siswa . Ini artinya setiap tahun ada peningkatan jumlah siswa siswa di SD Gembala baik II,” ujarnya.

Ketua Panitia Perpisahan SD Gembala Baik II, Yohannes Panca Luwuk menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, baik kepala sekolah, panitia perpisahan, komite, guru, orangtua murid yang telah membantu mulai dari perencanaan acara, persiapan, pelaksanaan, fasilitas dan tempat, sumbang saran dan yang terpenting adalah kerjasamanya sehingga acara dapat berjalan dengan lancar dan suskes.

“Kami juga tidak lupa menyampaikan mohon maaf sekiranya dalam pelaksanaan acara ini banyak sekali kekurangan, entah itu dalam hal konsumsi, pelayanan, tempat dan fasilitas maupun teknis acara yang mungkin mengurangi kenyamanan dan kemeriahan acara ini, sekali lagi kami mohon maaf yang sebesar-besarnya,” pungkasnya. (sgt)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini