Warga Terbantu Adanya Program Sanimas Pokir Anggota DPR RI Boyman Harun

Editor: Redaksi author photo

 Warga Terbantu Adanya Program Sanimas Pokir Anggota DPR RI Boyman Harun
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Warga Kota Pontianak Kalimantan Barat merasa terbantu dengan adanya bantuan program Sanitasi Masyarakat (Sanimas) dari Pokok Pikiran (Pokir) Anggota DPR RI Boyman Harun melalui Kemen PUPR.

Hal tersebut disampaikan oleh Samsudi dari RT02/RW18 gang bersama 1 yang juga sekaligus ketua LPM Keluaran Siantan Tengah. Didampingi warga, ia menyampaikan, bahwa program sanitasi ini memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

"Melihat kondisi WC warga ada yang belum layak, sehingga program Sanimas ini sangat penting bahkan sudah menjadi kebutuhan," ujarnya didampingi warga. usai menghadiri sosialisasi Sanimas di Gang Bersama 1 Kelurahan Siantan Tengah, Selasa 11 April 2023. 

Mewakili warga dirinya juga berterima kasih lantaran diberikan kesempatan untuk menerima bantuan tersebut. Sedikitnya terdapat 20 penerima bedah WC pada tahun ini di wilayah tersebut.

"Harapannya mudah-mudahan tercapai dan terealisasi karena bantuan ini sangat dibutuhkan terkhusus bagi warga yang WC nya kurang layak. Maka kita berterima kasih kepada pak Boyman Harun selaku Anggota DPR RI yang telah memperjuangkan program ini untuk kepentingan masyarakat," tukasnya.

Sosialisasi Sanimas itu juga dilaksanakan di Kelurahan Tanjung Hulu. Lia Agusprianti selaku Lurah Tanjung Hulu menyampaikan hal senada.

"Ada beberapa sanitasi belum layak yang dimiliki oleh warga. Sehingga pemerintah berupaya mewujudkan dan realisasi sanitasi yang layak untuk masyarakat dan disini kita sudah tiga kali periode mendapat sanimas ini dari pokir Boyman Harun selaku Anggota DPR RI," ujarnya.

Dirinya mengatakan, dengan adanya program tersebut warga merasa terbantu dalam peningkatan kebersihan lingkungan dan termasuk indikator kemiskinan.

"Sekitar 100 warga yang memiliki WC kurang layak. Sehingga diharapkan program ini terus berjalan," tukasnya.

Ada banyak sekali manfaat yang dirasakan masyarakat ketika sanitasinya bagus, salah satunya ialah di sektor kesehatan masyarakat akan meningkat serta bisa mencegah angka stunting di kalangan masyarakat.

Anggota DPRD Kota Pontianak  Zulfydar Zaidar Mochtar menyampaikan, program Sanimas Pokir anggota DPR RI Boyman Harun melalui Kemen PUPR ini merupakan salah satu komitmen terhadap pencegahan angka stunting.

Program dari pemerintah memang ada, tetapi perlu kolaborasi bersama untuk mencapai 100 persen dalam pembangunan di Kota Pontianak.

Sekjen DPW OAN Kalbar ini menilai, salah satu masalah stunting kurang layaknya sanitasi atau WC di kalangan masyarakat. Terlebih sejauh pengamatannya, terdapat kondisi WC di kalangan masyarakat sangat memperihatinkan. 

"Bahkan ada yang membuang air besar keluar bahkan ada yang di sungai. Ini kita cegah sehingga tidak menimbulkan bakteri di kalangan masyarakat," ucapnya.

"Maka kita kampanye Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), selain mencegah stunting tetapi juga untuk pembangunan sumber daya manusia dan pertumbuhan manusia dengan kesehatan yang baik. Selain program bedah WC, ada juga program bedah rumah, TPS3R dan lainnya," tutupnya. (BP)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini