Linguaskill Capai Rekor Satu Juta Tes

Editor: Redaksi author photo

Linguaskill Capai Rekor Satu Juta Tes
KALBARNEWS.CO.ID (SINGAPURA)  -- Satu juta tes Bahasa Inggris Linguaskill telah diikuti peserta sejak Linguaskill diluncurkan oleh Cambridge pada 2018. Tes ini, disusun para pakar Cambridge University Press & Assessment, merupakan tes daring Bahasa Inggris yang memberikan hasil cepat, serta didukung kecerdasan buatan (AI) mutakhir dan algoritma adaptif. Kamis (19 April 2023).

Sejak Cambridge meluncurkan Linguaskill, permintaan untuk mengikuti ujian ini terus berkembang pesat. Linguaskill digunakan oleh praktisi ketenagakerjaan sebagai dasar pengambilan keputusan rekrutmen, serta pengembangan dan pelatihan staf. Linguaskill juga dipakai berbagai sekolah dan universitas untuk memeriksa tingkat keterampilan bahasa Inggris yang menentukan jenjang belajar, mengukur hasil belajar, dan kelulusan.


Tes berjenjang ini menguji tingkat kemampuan bahasa Inggris seseorang dan sekelompok kandidat. Linguaskill meliputi empat keahlian bahasa—berbicara, membaca, menulis, dan mendengar—serta, menyediakan hasil akurat dalam waktu 48 jam. Hasil ujian Linguaskill juga sesuai dengan Common European Framework of Reference (CEFR), standar internasional yang menunjukkan kemampuan bahasa.


Pengakuan yang semakin luas

Tes ini mendapat pengakuan resmi lebih dari 1.300 organisasi di seluruh dunia, termasuk lembaga pendidikan tinggi, kementerian, dan korporasi. Organisasi tersebut mencakup nama-nama besar seperti University of Barcelona (Spanyol) dan TAP Air (Portugal). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains, dan Teknologi Jepang (MEXT).


Di Asia, organisasi tersebut juga mencakup MEXT Jepang, (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains, dan Teknologi Jepang), Kementerian Pendidikan Tinggi dan Departemen Pendidikan Swasta di Malaysia, Kementerian Pendidikan Thailand, Kementerian Pendidikan Vietnam, serta Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi, DKI Jakarta.


Di segmen korporasi, Linguaskill telah digunakan lebih dari 40 perusahaan bergengsi di Asia dalam rekrutmen, pelatihan dan pengembangan staf, termasuk Japan Airlines, DHL Asia Pacific, Le Meridien Hotel Jakarta, Tokyo Olympics, PT Kino Indonesia TBK, PT Sinar Sosro, PT Mayora Indah TBK, Malaysian Dietary Supplement Association, Prince Court Medical Center Malaysia.


Tes bahasa yang nyaman dan reliabel

Linguaskill mudah dilaksanakan dan diawasi di lokasi milik organisasi, hanya membutuhkan sebuah perangkat komputer, koneksi internet, mikrofon, dan satu pasang headphone. Tes ini juga dapat diikuti peserta dari rumah dengan layanan pengawas daring. Fleksibilitas ini membuat Linguaskill dapat dilaksanakan dengan skala luas pada masa pandemi global. Bahkan, tidak satu hari pun selama empat tahun terakhir dimana tes Linguaskill tidak dilaksanakan.

Francesca Woodward, Global Managing DirectorEnglish, Cambridge University Press & Assessment, berkata:


"Linguaskill terbukti menjadi tes daring yang fantastis untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris. Maka, kami gembira merayakan pencapaian yang luar biasa tersebut. Pakar kami telah mendesain tes yang menggunakan teknologi AI dan algoritma adaptif termutakhir. Dengan demikian, Linguaskill mengukur kemampuan Bahasa Inggris secara akurat, cepat, dan ekonomis. Linguaskill juga telah memberikan akses pendidikan dan peluang pekerjaan yang lebih besar kepada ribuan orang di seluruh dunia."


Teknologi mutakhir

Linguaskill didukung algoritma adaptif mutakhir. Artinya, setiap tes dirancang khusus menurut setiap kandidat. Teknologi ini meningkatkan modul membaca dan mendengar secara cepat berdasarkan kemampuan kandidat yang sebenarnya, bahkan tes ini memberikan soal yang lebih mudah atau sulit menurut respons peserta tes. Keunggulan ini membuat Linguaskill mampu memberikan hasil yang reliabel dan akurat dengan satu tes singkat yang terdiri atas berbagai level CEFR.

Modul Berbicara dan Menulis memanfaatkan teknologi canggih, fitur auto-marking dengan AI sebagai bagian dari pendekatan hybrid marking. Model marking yang bersifat hybrid, atau "human-in-the-loop" ini menggunakan auto-marker dalam asesmen langsung, namun masih melibatkan penguji manusia. Lebih lagi, fitur ini menggunakan penguji manusia terlatih untuk mendukung dan mengembangkan auto-marker secara lebih lanjut. Sistem marking canggih ini memberikan hasil yang cepat dan reliabel dalam waktu 48 jam.  

 

Tentang Cambridge University Press & Assessment

Belajar bahasa Inggris memberikan kesempatan dan pengalaman menarik untuk menguasai bahasa yang membuka peluang di seluruh dunia.

Bersama guru dan mitra, kami menjangkau dan menginspirasi jutaan orang ketika belajar bahasa Inggris, membantu mereka untuk membuktikan keahliannya kepada dunia.

Sebagai bagian dari universitas yang memiliki reputasi global atas keunggulan akademik, kami menyajikan analisis berdasarkan riset mendalam, keahlian, dan pengalaman. Hal tersebut menjamin pendekatan unik kami dalam memenuhi kebutuhan peserta program belajar melalui produk dan layanan inklusif serta aksesibel.


Sebagai bahasa dunia, bahasa Inggris memberikan pengalaman hidup, dan—mengingat bahasa menjadi unsur utama dari seorang manusia—kami membantu masyarakat di setiap lokasi untuk saling berinteraksi, berkomunikasi, dan berkolaborasi.

Dimana dunia Anda yang terus berkembang.

Cambridge English adalah pihak yang menyusun dan salah satu pemilik IELTS, tes Bahasa Inggris terkemuka di dunia untuk migrasi dan perguruan tinggi. Kami membantu jutaan orang belajar Bahasa Inggris dan membuktikan keterampilan mereka kepada dunia.

Sebagai bagian dari University of Cambridge, kami menyediakan rangkaian kualifikasi dan tes terkemuka di dunia bagi pelajar dan guru Bahasa Inggris. Bagi kami, belajar Bahasa Inggris lebih dari sekadar tes dan peringkat. Belajar Bahasa Inggris berkaitan dengan kepercayaan diri ketika berkomunikasi dan mengakses pengalaman serta peluang yang memperkaya kehidupan.


Jika Anda berencana tinggal, bekerja, atau belajar di negara asal atau luar negeri, kami dapat membantu keterampilan bahasa Inggris agar Anda meraih kesuksesan. Kami menyediakan rangkaian kualifikasi dan tes terkemuka di dunia bagi pelajar dan guru Bahasa Inggris. Diakui secara global oleh lebih dari 25.000 universitas, perusahaan, dan instansi pemerintah terkemuka, asesmen kami yang berbasis pada riset menjadi lambang keunggulan yang membuka berbagai peluang.


Bahasa Inggris digunakan di setiap penjuru dunia: dari kafe hingga kampus, pasar hingga ruang pertemuan, dan berbagai lokasi lain. Kami mengadakan tes di lebih dari 130 negara yang diikuti lebih dari 5,5 juta orang setiap tahun. Kami juga menawarkan tahap persiapan, materi dan bahan pendukung untuk kegiatan belajar dan mengajar Bahasa Inggris. Melalui riset yang dilakukan bertahun-tahun, kami menguasai pemahaman yang mendalam tentang bagaimana cara belajar bahasa. Hal tersebut mendukung kami ketika merancang asesmen yang membantu pelajar menguasai keterampilan yang tepat berdasarkan penggunaan bahasa Inggris saat ini.


Karya kami didukung di seluruh dunia oleh jaringan yang mencakup 2.800 pusat tes, lebih dari 50.000 sekolah, dan puluhan ribu penguji, guru, pakar pendidikan, dan pihak penerbit. Melalui kolaborasi, kami menginspirasi pelajar agar meningkatkan prestasi belajar.

Dengan dukungan yang tepat, belajar bahasa merupakan perjalanan menarik. Kami mendukung Anda dalam setiap langkah.


Kami meyakini — Ketika belajar Bahasa Inggris, kita menikmati dan mendalami sebuah bahasa yang membuka berbagai peluang di seluruh dunia.

Kami menawarkan – Bersama guru dan mitra, kami melibatkan dan menginspirasi jutaan orang selama belajar belajar Bahasa Inggris, membantu mereka untuk membuktikan keterampilannya kepada dunia dengan percaya diri.

Cara kerja kami dan dampak positifnya — Sebagai bagian dari universitas yang memiliki reputasi global atas keunggulan akademik, kami menghadirkan pemahaman berdasarkan riset mendalam, keahlian, dan pengalaman. Hal tersebut menjamin pendekatan unik kami dapat memenuhi kebutuhan riil nyata pelajar melalui produk dan layanan inklusif serta aksesibel.

Peran global dari Bahasa Inggris — Sebagai bahasa dunia, bahasa Inggris mewujudkan pengalaman penting dalam kehidupan, dan—mengingat peran bahasa sebagai unsur utama bagi manusia—kami membantu banyak orang di setiap tempat untuk menjalin koneksi, berkomunikasi, dan berkolaborasi.

Kami menjanjikan — Dunia Anda yang terus berkembang. (Tim Liputan).

Editor : Aan

 


Share:
Komentar

Berita Terkini