ZTE Lansir Solusi dan Seri Produk "all-scenario" UniSite di MWC 2023

Editor: Redaksi author photo

ZTE lansir solusi dan seri produk "all-scenario" UniSite di MWC 2023
KALBARNEWS.CO.ID (BARCELONA) - , Spanyol, 28 Februari 2023 /PRNewswire/ -- ZTE Corporation (0763.HK / 000063.SZ), perusahaan terkemuka di dunia yang menyediakan teknologi informasi dan komunikasi, meluncurkan solusi all-scenario 5G UniSite dan jajaran produk inovatif yang terdepan di industri di Mobile World Congress, Barcelona, Spanyol. Lewat solusi dan produk ini, ZTE membantu operator telekomunikasi membangun jaringan 5G yang visioner, sangat simpel, sangat efisien, dan melibatkan kolaborasi seluruh pita frekuensi. Selasa (28 Februari 2023).

 12TR tri-sector Ultra Broadband Radio(UBR) yang unik sebagai solusi lokasi jaringan yang paling simpel

Setelah komersialisasi 5G global berjalan kian cepat, pita frekuensi FDD yang ada saat ini juga mempercepat evolusi menuju 5G. Namun, spektrum yang sangat terfragmentasi menimbulkan banyak tantangan, seperti unit radio yang berjumlah banyak, minimnya lokasi menara telekomunikasi, serta mahalnya biaya O&M.


Maka, 12TR UBR dari ZTE menjadi solusi unik di industri, mengintegrasikan 1.8GHz dan 2.1GHz, serta tri-sector dalam satu kotak dengan daya keluaran yang sangat besar, 12×120W. Solusi ini menjamin pengalaman RAT yang telah digunakan dan evolusi menuju 5G.

Agar 12TR UBR dapat berfungsi dengan tri-sector 6TR UBR dengan frekuensi rendah, klien hanya memerlukan dua unit radio untuk mendukung pita frekuensi 5 FDD sehingga solusi di lokasi kerja menjadi sangat simpel. Dibandingkan solusi biasa, konsumsi energi 12TR UBR dapat dihemat hingga 30%. Lebih lagi, antena, modul listrik, dan baterai, serta infrastruktur lain yang lama masih dapat digunakan kembali secara maksimal untuk memangkas TCO.


•  Serial high-power UBR untuk RAN sharing

Di era 5G, RAN sharing menjadi pilihan yang paling ekonomis bagi berbagai operator. Produk serial UBR dari ZTE dapat memenuhi kebutuhan atas multi-band, daya besar, dan kemudahan implementasi dari RAN sharing.


Produk serial UBR mendukung kombinasi berbagai pita frekuensi Sub-3GHz dan Sub-1GHz, serta beragam daya transmisi, mulai 4×120W hingga 4×180W. Lebih lagi, sarana listrik juga dapat dibagikan pada beragam pita frekuensi sesuai permintaan (on demand).


Salah satu produk ini, tri-band UBR menawarkan daya transmisi terbesar di industri – 4×180W, secara fleksibel mendukung RAN sharing bagi berbagai operator. Di sisi lain, tri-band UBR 900MHz + 1.8GHz + 2.1GHz mengintegrasikan tiga pita FDD yang paling banyak dipakai sehingga menghemat tempat di menara telekomunikasi.


•  128TR rangkaian antena AAU yang sangat besar untuk kapasitas yang sangat besar pada masa depan

Untuk memenuhi permintaan kapasitas yang sangat besar di perkotaan padat pada masa depan, ZTE meluncurkan rangkaian antena AAU yang sangat besar pada pita Sub-6GHz. Pada antena ini, jumlah kanal transceiver bertambah dua kali lipat dari 64TR menjadi 128TR, serta jumlah elemen antena terkait juga bertambah dua kali lipat dari 192 menjadi 384 guna meningkatkan jangkauan dan kapasitas.

Berkat inovasi arsitektur dan algoritma, 128TR AAU mampu meningkatkan jangkauan di perkotaan padat hingga 3dB, lebih penting lagi, mampu menyediakan 32 downlink data streams dan 24 uplink data streams. Maka, cell peak throughput pun dapat mencapai 10 Gbps, sedangkan, cell average throughput dan pengalaman edge user turut meningkat drastis.


•  mmWave ultra-large bandwidth AAU dan MiCell untuk berbagai skenario

Untuk traffic hotspotssite wireless backhaul, fixed wireless access (FWA) perusahaan atau rumah tangga, ZTE meluncurkan mmWave 8T8R AAU dengan 1.6GHz ultra-large bandwidth yang mampu mencapai peak throughput hingga 25 Gbps. Lebih lagi, produk ini secara fleksibel dapat dibagi menjadi dua 4T4R cell agar aplikasi lain dapat terwujud di lokasi yang sama.


MiCell, solusi mmWave distributed micro-cell inovatif dari ZTE dapat mencapai throughput 4 Gbps per RF. Solusi ini dapat memenuhi kebutuhan arus penggunaan yang tinggi, seperti di stadion, pameran, pusat transportasi, dan tempat lain. Di sisi lain, solusi ini secara fleksibel beradaptasi dengan beragam kebutuhan aplikasi, seperti kapasitas yang sangat besar, latensi rendah, dan reliabilitas tinggi dalam skenario B2B, seperti smart factory.


Lewat desain arsitektur inovatif MiCell, modul Intermediate Frequency(IF) dipindahkan dari RF head ke BBU guna mencapai IF resource pooling agar dapat dibagikan secara dinamis untuk seluruh RF heads. Arsitektur ini mengatasi kompleksitas RF head, menjadikannya lebih kecil dan ringan, bahkan konsumsi listrik berkurang drastis. Berkat inovasi tersebut, MiCell memiliki implementasi yang fleksibel dan efisien, serta ekspansi cakupan yang mudah sesuai permintaan.


•  iEasylink multi-band backhaul dan MBS meningkatkan reliabilitas dan jarak

Sebagai produk baru dalam solusi iEasylink microwave, ZTE meluncurkan ultra-compact multi-band (1×E-band and 4×normal band) full outdoor unit NR9961 dan multi-band antenna (3 bands in 1) dengan Millimeter Beam Stabilization(MBS). Solusi ini menyediakan 10Gbps link yang jauh lebih reliabel dengan perangkat keras yang paling simpel. Dengan demikian, solusi ini sangat mempermudah instalasi dan pengaturan antena hingga 67%. Dibandingkan antena biasa, MBS secara efisien meningkatkan E-band link distance hingga 50%. Lebih lagi, modem card yang mengintegrasikan 4 IF interfaces akan tersedia pada NR9000 series modular IDU, mampu menghemat konsumsi listrik sebesar 50%, serta meningkatkan utilisasi rak penyimpanan.


Sejalan dengan perkembangan ekosistem 5G, semakin banyak koneksi dan layanan yang diusung 5G sehingga terus menggerakkan evolusi jaringan. Solusi all-scenario UniSite dari ZTE membantu operator membangun jaringan 5G terbaik dengan TCO terendah yang menopang ekonomi digital. (Tim liputan).

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini