Ustaz Abdul Somad Ajak Masyarakat Uncak Kapuas Jaga Kebhinekaan

Editor: Redaksi author photo

Wakil Gubernur Kalimantan Barat Drs. H. Ria Norsan M.M., M.H.,hadiri Tabligh Akbar UAS
KALBARNEWS.CO.ID (KAPUAS HULU) - Ribuan Masyarakat Kapuas Hulu memadati GOR Uncak Kapuas untuk menyaksikan secara langsung Tabligh Akbar Penceramah fenomenal Ustaz Abdul Somad (UAS), pada Minggu malam (5 Maret 2023).

Meskipun hujan yang membasahi kota yang dijuluki sebagai Bumi Uncak Kapuas ini, tak menyurutkan antusias masyarakat untuk mendengarkan dan menyaksikan secara langsung dari Sang Ustaz.

Dalam kegiatan Tausiyah itu, turut dihadiri Wakil Gubernur Kalimantan Barat Drs. H. Ria Norsan M.M., M.H., bersama Wakil Bupati Kabupaten Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat S.T.,dan Forkopimda yang mendampingi Da'i Nasional itu.

Dalam tausiyahnya UAS berpesan agar masyarakat selalu menjaga kebhinekaan agar selalu tercipta keharmonisan antar masyarakat.

"Kita ini diikat oleh kebhinekaan, jangan karena berbeda keyakinan lalu berbuat zalim, dan jangan mudah diadu domba," tegas Ustaz kelahiran tanah Sumatera ini.

Menurutnya, keharmonisan dan kerukunan antar-umat beragama mesti dirawat untuk menjaga kebhinekaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Negara Republik Indonesia tercinta.

"Indonesia terdiri dari berbagai suku dan agama, terbentang luas  kurang lebih 17 ribu pulau yang ada dan Indonesia menjaga kebhinekaan itu sejak jaman nenek moyang dahulu dan sampai saat ini harus kita jaga hingga akhir hayat," katanya.

Ia menyebutkan banyak orang dari negara luar kagum dan ingin melihat kebhinekaan Indonesia. Oleh karena itu dirinya menilai jika pihak luar ingin mengajarkan kebhinekaan, masyarakat Indonesia sudah menjaganya hingga saat ini.

"Perbanyak silaturahmi dan komunikasi, sehingga kita bisa saling merawat keharmonisan agar tidak terjadi miskomunikasi. Silahkan menjalankan keyakinan kita masing-masing, yang bengkok kita luruskan, yang retak kita satukan, mudah-mudahan kedatangan saya mendatangkan kebaikan. Pesan saya, jangan mudah diadu domba," tegasnya.

Di tempat yang sama Wagub Ria Norsan terpukau dengan semangat dan antusias masyarakat Kapuas Hulu yang berbondong - bondong memadati tempat acara.

"Alhamdulillah masyarakat Kapuas Hulu yang menyambut kedatangan UAS untuk mendengarkan tausiyahnya sangat ramai, meskipun hujan sempat membasahi areal Gor Uncak Kapuas ini," ungkapnya.

Tak hanya itu saja, Wagub Kalbar sangat tersentuh melihat masyarakat ada yang menunggu dengan sabar kedatangan Ustaz kesayangan mereka itu dari siang hari.

"Tadi saya sempat menanyakan salah satu warga kapuas hulu, ada yang menunggu UAS dari siang hari jauh-jauh datang dari kampung mereka untuk melihat langsung ulama kesayangannya. Air mata saya tiba-tiba menetes melihat kecintaan mereka kepada UAS," tuturnya.

Dirinya juga sependapat dengan apa yang disampaikan oleh UAS. Ia mengajak agar masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu selalu menjaga keharmonisan dan toleransi. Menurutnya dengan keharmonisan dan toleransi akan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, khususnya di Kabupaten Kapuas Hulu.

"Kita berharap warga Kapuas Hulu bisa saling menjaga toleransi, serta persatuan dan kesatuan NKRI yang kita cintai ini. Semoga Kapuas Hulu menjadi berkah bagi kita semua," harapnya.

Sebelumnya kedatangan Wagub Ria Norsan bersama UAS siang harinya di Bumi Uncak Kapuas ini disambut dengan semarak oleh Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat S.T., beserta jajaran di Bandara Pangsuma Putussibau. Penyambutan tersebut dilakukan dengan menggunakan adat tepung tawar melayu. Kunjungan ini merupakan rangkaian dari Safari Dakwah UAS di beberapa daerah di Provinsi Kalbar.

Rencananya Ustaz Abdul Somad akan kembali memberikan Tausiyah Subuh Bersama di Masjid Agung Darunnajah Kota Putussibau pada hari Senin, 6 Maret 2023. (BP).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini