Wakil Bupati Lantik Duta Literasi Kabupaten Sintang Periode 2022-2026

Editor: Redaksi author photo

 Wakil Bupati Lantik Duta Literasi Kabupaten Sintang Periode 2022-2026
KALBARNEWS.CO.ID (SINTANG) - Wakil Bupati Sintang Melkianus, S. Sos melantik Ny. Rita Cendanawangi Melkianus, A. Md. Keb. Sebagai Bunda Literasi Kabupaten Sintang Periode 2022-2026 di Balai Ruai. Jumat (9 Desember 2022).

Hadir pada kegiatan tersebut Abdul Syufriadi, SH, M. Si Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, perwakilan pengelola perpustakaan dan jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sintang.

Wakil Bupati Sintang menyampaikan pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten Sintang ini, sebagai sebuah langkah awal yang baik, bagi terbangunnya sinergitas seluruh elemen, dalam rangka menumbuhkembangkan semangat literasi masyarakat. 

“Saya berharap kedepan akan tercipta sinergi yang senantiasa berkelanjutan, antara perpustakaan dengan tim penggerak pkk baik ditingkat kabupaten hingga ke kecamatan dan desa. sehingga tujuan kita dalam mencerdaskan masyarakat, dapat tercapai melalui program dan kegiatan yang strategis,” harap Melkianus

Melkianus menambahkan bahwa Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan dan implementasi gerakan nasional gemar membaca melalui lingkungan keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat. Untuk mendukung program nasional gemar membaca perlu dilakukan sosialisasi dan promosi secara massif tentang pembudayaan kegemaran membaca kepada masyarakat perlu mengangkat dan mengukuhkan bunda literasi  kabupaten sebagai panutan.

“Bunda literasi adalah figur yang dapat menjadi pengingat berbagai fungsi dan dampak positif jika giat literasi dioptimalkan. literasi disini harus kita maknai lebih luas, tidak hanya sebatas kegiatan baca-tulis, namun lebih lanjut mengembangkan ilmu pengetahuan kedalam karya-karya yang bernilai ekonomi, mampu mengembangkan kemampuan masyarakat yang ada di Kabupaten Sintang, terutama dalam menggali sumber daya yang ada di kabupaten, kecamatan dan desa,”tambah Melkianus

Wakil Bupati menambahkan berkaitan dengan hal tersebut diatas pada hari ini, kita akan melaksanakan pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten Sintang tahun 2022. Saya berharap melalui pengukuhan bunda literasi ini dapat berperan aktif mensukseskan program daerah dalam menumbuh kembangkan kegemaran membaca; mendorong tim penggerak PKK Kabupaten Sintang untuk secara aktif melakukan sosialisasi pembudayaan kegemaran membaca dilingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat; bersinergi dengan Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Sintang dalam rangka mensukseskan program literasi untuk kesejahteraan dengan pemberdayaan masyarakat melalui pendampingan pelatihan pelatihan dan keterampilan bagi masyarakat; menjadi model dalam media promosi berbentuk poster, spanduk, dan stiker “pembudayaan kegemaran membaca dengan materi dan desaing yang telah disepakati bersama.

“Bunda Literasi bisa juga menjadi pembicara atau narasumber dalam berbagai kegiatan pertemuan/promosi dalam bentuk seminar, diskusi dan loka karya yang berkaitan dengan peningkatan kegemaran mambaca masyarakat Kabupaten Sintang. Membuka jejaring kerjasama dengan lintas instansi pemerintah dalam pembudayaan kegemaran membaca di masyarakat Kabupaten Sintang. Mengajak dan mendorong masyarakat untuk dapat berkunjung dan meperdayakan perpustakaan sebagai salah satu tujuan tempat kunjungan terfavorit. Dengan demikian pengukuhan bunda literasi memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat,” tutup Melkianus. (Tim liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini