Wagub Minta Deskranasda Gali Dan Promosikan Kerajinan Daerah

Editor: Redaksi author photo

Wagub Minta Deskranasda Gali Dan Promosikan Kerajinan Daerah
KALBARNEWS.CO.ID (SAMARINDA) - Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi meminta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota untuk terus menggali potensi kerajinan serta mempromosikan potensi kerajinan unggulan di setiap daerah. Kamis (29 Desember 2022).

Wagub Hadi Mulyadi mengatakan, Dekranasda adalah organisasi nirlaba yang menghimpun pencinta dan peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan mengembangkan berbagai usaha, serta berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnis yang sebagian merupakan kelompok usaha kecil dan menengah (UKM) maupun UMKM. 

"Peran dan fungsi Dekranasda di masing-masing daerah dapat terus dimaksimalkan untuk menunjang kerja dan kegiatan kerajinan bisa lebih meningkat lagi dimasa mendatang," kata Hadi Mulyadi di Samarinda, Kamis.

Hadi mengingatkan Dekranasda perlu memiliki program kerja yang baik dan terencana. Memberikan dukungan, fasilitasi dan pembinaan kepada para pengrajin. 

Kemudian Dekranasda juga perlu terus memotivasi para pelaku kerajinan agar semakin produktif, inovatif dan kreatif dalam meningkatkan daya saing agar produk-produk yang dihasilkan semakin diminati masyarakat dalam maupun luar daerah.

Wagub menambahkan era globalisasi dengan persaingan dagang yang makin ketat dengan terbukanya pasar bebas. 

Tantangan ini perlu disikapi dengan baik dengan memainkan inovasi dan terobosan, disamping terus meningkatkan kerja sama dan kemitraan dengan pemerintah, dunia usaha serta pihak terkait.

"Pemprov Kaltim sangat mendukung jika ada program dan kegiatan yang mendukung untuk kemajuan Dekranasda misalnya melaksanakan pameran, mengikuti rapat kerja atau pertemuan mengenai kerajinan, termasuk mempersiapkan produk unggulan pada kegiatan UMKM Expo yang akan dilaksanakan OIC-CA (Organization of Islamic Corporation Cultural Activity) 2023," paparnya.

Dia pun meminta Dekranasda kabupaten dan kota agar tidak tinggal diam untuk menggerakkan organisasi kerajinan agar berkualitas melalui inovasi dan kreasi dengan melaksanakan pelatihan dan pendidikan kepada para anggota dan masyarakat.

Hadi menambahkan para perajin juga harus masuk marketplace dan Dekranasda harus ikut meningkatkan pelatihan penggunaan teknologi digital.

"Dengan peningkatan SDM para perajin melalui berbagai pelatihan, tentu diharapkan ragam jenis dan kualitas produk kerajinan yang dihasilkan lebih meningkat dan mampu bersaing di pasar luas, sehingga berdampak pada peningkatan perekonomian anggota Dekranasda, maupun UMKM," pesannya.
(Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini