Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula

Editor: Redaksi author photo

Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Menjelang pesta demokrasi yang akan dilaksanakan tahun 2024 mendatang, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengingatkan anak muda khususnya untuk memiliki wawasan kebangsaan sebagai bekal mengikuti pemilihan umum (pemilu). Selasa (13 Desember 20220.

Kepada siswa-siswi SMAN 1 Pontianak, dirinya berpesan, tidak lupa terlibat dalam pesta demokrasi tersebut sebagai pemilih pemula. Edi mengatakan, menggunakan hak pilih merupakan proses yang harus tetap berjalan.

“Setiap tahun di Pontianak lahir sebelas ribu anak, di sana hidup harus berjalan. Memilih kepala daerah maupun perwakilan itu penting,” ungkapnya di Aula SMAN 1 Pontianak.

Terlepas dari hiruk-pikuk politik, realitanya di Indonesia, hal tersebut menjadi bagian hidup banyak orang. Tak bisa dipungkiri, setiap orang akan bergesekan dengan dunia politik, terutama saat memilih kepala daerah.

Edi mengajak, yang paling urgensi kali ini adalah membekali anak muda dengan pengetahuan politik yang sehat, menjunjung norma dan beretika.

“Dengan begitu tidak perlu khawatir, karena pemimpin menunjukan cerminan anak-anak kita yang akan memilih nanti. Kalau generasi penerus sibuk belajar, memperbaiki diri, maka otomatis yang memimpin pasti berkualitas,” tuturnya.

Tidak kalah penting menurut Edi, para siswa meningkatkan literasi digital masing-masing untuk mengurangi informasi negatif atau bahkan black campaign. Dirinya optimis, jika setiap anak sudah paham akan literasi digital, maka masyarakat akan tercerahkan melalui lisan dari generasi selanjutnya.

“Jangan terpancing dengan narasi-narasi negatif, maka adik-adik perlu mendewasakan diri. Bisa dikatakan, nasib tonggak kepemimpinan ditentukan anak muda,” tutupnya. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini