Wagub Hadir Di Kabupaten Kayong Utara

Editor: Redaksi author photo

Wagub Hadir Di Kabupaten Kayong Utara
KALBARNEWS.CO.ID (KAYONG UTARA) - Dalam rangka mengoptimalkan percepatan penurunan stunting di kabupaten Kayong Utara dan dalam rangka Kampanye Damai Pilkades Selesai maka FKUB Kayong Utara mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan mengambil tema Kampanye Damai, Pilkades Selesai dan cegah stunting itu penting. Bertempat di Dpendopo Bupati Kayong Utara Jln. Sei Mengkuang Desa Pangkalan Buton Kecamatan  Sukadana. Kamis (6 Oktober 2022).

Kegiatan FGD dihadiri oleh,Wakil Gubernur Kalimantan Barat Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H., Bupati Kayong Utara Drs. Citra Duani, Anggota DPRD Kab. Kayong Utara Abdurrahman, Wakapolres Kayong Utara Kompol Adi Nugroho, S.H, LO. Dandim 1203 Ktp diwakili Babinsa, Perwakilan BKKBN Kalbar, Ketua FKUB Kab. Kayong Utara dan seluruh pengurus FKUB, Kepala OPD Kab. Kayong Utara, Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Kayong Utara, Ketua Satgas Pencegahan Stunting Ibu Aida Mohtar, S.Ag., M.Hum, Keluarga beresiko Stunting, Para Calon Kepala Desa ,Para tokoh masyarakat, tokoh agama dan peserta 150 orang.

Ketua FKUB Kabupaten Kayong Utara H. Nazril Hijar mengucapkanterima kasih kepada Wakil Gubernur Kalbar, serta seluruh pihak yang dapat hadir dalam kegiatan ini. FGD yang dilaksanakan fokus kegiatan membahas tentang Pilkades dan Stunting.

“Dalam pelaksanaan Pilkades, FKUB berperan mengajak seluruh pihak untuk mensukseskan, serta sebagai tindakan preventif atau menangkal permasalahan, dan diharapkan tercipta kampanye damai berkualitas sehingga memunculkan Kades terpilih yang berkualitas, “ ungkapnya.

H. Nazril Hijar menjelaskan, FKUB dan seluruh pengurus juga dilibatkan dalam hal penurunan angka stunting dengan mengajak seluruh Stakeholder dan tokoh agama yang ada di Kabupaten Kayong Utara. Semoga kegiatan yang kita laksanakan ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Bupati Kayong Utara Drs. Citra Duani dalam sambutannya menyampaikan, Ucapan terima kasih kepada Wakil Gubernur yang telah hadir dalam acara ini. Dalam pelaksanaan Pilkades semoga kita bisa mendapatkan pemimpin Kades yang sesuai, amanah dan benar-benar memiliki kompetensi Agar dalam Pilkades tidak ada money politik.

Terkait stunting gizi buruk, sesuai arahan Presiden telah dikeluarkan Perpres tentang Percepatan Penurunan Stunting dengan target di angka 14 %. pada tahun 2024, menjadi tanggung jawab Kades terpilih dan seluruh stake holder yang ada untuk dapat mencapai target tersebut. Diharapakan kegiatan ini dapat diambil pembelajaran tentang pencegahan stunting, jelasnya.

Langkah-langkah yang telah diambil Pemkab Kayong Utara terkait Pilkades adalah telah mengeluarkan pembentukan SK Bupati. Terkait stunting telah dilaksanakan rembuk stunting, rakor lintas sektoral secara berkala, melakukan lokakarya mini, audit kasus stunting, rakor tim teknis, hasil kerja audit, monitoring dan pendampingan, sinergitas OPD terkait, pra remaja dan calon pengantin.

Wakil Gubernur Kalimantan Barat memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah untuk menjaga Pilkades Serentak berjalan Damai yang ada di Kabupaten Kayong Utara. Dalam Pilkades diharapkan dapat berjalan jujur, adil dan damai, sehingga menjadikan Kades terpilih yang baik dan amanah.

FKUB sebagai forum lintas agama sangat penting berperan supaya mengantipasi hal-hal tentang keagamaan. Dan saya berharap kepada Cakades berkompetisi dengan adil dan jujur sesuai peraturan yang ada. Saya juga mengapresiasikan setinggi-tingginya terkait penurunan stunting. Karena saat sekarang  Kabupaten Kayong Utara ada di urutan ke 4 dari Kabupaten yang ada di Kalbar, berada diangka 24,” tutup Drs. H. Ria Norsan. (Tim Liputan).

Editor : Aan


Share:
Komentar

Berita Terkini