Team Aman Nusa II Polsek Seponti Himbau Pemilik Ternak Waspada PMK

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (KAYONG UTARA) - Kapolres Kayong Utara AKBP Arief Hidayat, SH.S.I.K melalui Kapolsek Seponti IPDA Jaminto  mengatakan anggota personil Polsek Seponti Bhabinkamtibmas Desa Podorukun Bripka Yudhi Kurniawan, melaksanakan sambang dan memberikan himbauan ke masyarakat Desa Podorukun Kecamatan Seponti  dalam rangka pencegahan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK ) pada ternak sapi, kerbau, kambing, domba dan babi. Minggu, (31 Juli 2022)

Bhabinkamtibmas  melaksanakan sambang dan memberikan himbauan kepada markum yang memiliki ternak kambing  dalam rangka pencegahan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku pada ternak sapi, kerbau, kambing, domba dan babi. Kegiatan ini rutin dilakukan dalam rangka tracking dan monitoring  adanya penyakit mulut dan kuku yang menyerang ternak.

Adapun himbauan yang disampaikan kepada masyarakat terkait gejala dan tanda-tanda hewan ternak yang diduga suspect  Gejala Klinis Penyakit Mulut dan Kuku pada Hewan sebagai berikut : demam tinggi bisa mencapai 41 derajat Celcius, pembengkakan limfoglandula, mandibularis,hipersalivasi (air liur berlebihan), adanya lepuh dan erosi sekitar mulut, moncong hidung, lidah, gusi, kulit sekitar kuku dan puting hewan, hilangnya nafsu makan pada hewan.

Langkah-langkah dan tindakan pengendalian yg harus dilakukan, Jika ada hewan demam tinggi atau sakit segera laporkan ke dokter hewan atau Puskesmas atau dinas terkait, hewan sakit dipisahkan dan jangan dijual,tidak memotong hewan sakit, menjaga kebersihan kandang, alat, dan orang yang menangani hewan.

Dari hasil kegiatan sambang yang telah dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Podorukun kepada pemilik ternak sapi bahwa hewan ternak yang dimiliki  Markum dan yang secara fisik tidak ditemukan adanya gejala gejala klinis Penyakit Mulut dan Kuku serta sapi dalam keadaan sehat. Masyarakat akan selalu mematuhi himbauan dalam pencegahan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku serta akan melaporkan kepada personil Polsek Seponti atau instansi terkait apabila ditemukan ternaknya terdapat gejala-gejala klinis Penyakit Mulut dan Kuku. (Tim Liputan)

Editor : Aan




Share:
Komentar

Berita Terkini