Sebanyak 14 Provinsi Mulai Alami Penurunan Kasus Harian Dan Positivity Rate COVID-19

Editor: Redaksi author photo
Sebanyak 14 Provinsi Mulai Alami Penurunan Kasus COVID-19
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) – Meningkatnya orang yang terkonfirmasi covid-19 beberapa waktu lalu, kini sudah mengalami prosentase penurunan, sebanyak 14 provinsi secara konsisten mencatatkan penurunan kasus konfirmasi harian dan positivity rate COVID-19 selama satu minggu terakhir. 

Di waktu yang sama, 6 provinsi juga konsisten menunjukkan tren kasus melandai, Tak hanya itu, tingkat keterisian RS COVID-19 (BOR) di Jawa dan luar Jawa juga cenderung stabil di kisaran 30 persen.

Kendati terus menurun, Kemenkes masih mencatat ada beberapa daerah yang kasus konfirmasi hariannya masih tinggi. Untuk itu, pemantauan terus dilakukan guna memastikan tidak terjadi lonjakan kasus COVID-19.

Indikator lain juga menunjukkan perbaikan penanganan pandemi COVID-19 adalah meningkatnya angka kesembuhan pasien COVID-19 bahkan beberapa waktu lalu, angka kesembuhan mencatatkan rekor tertinggi sebanyak 61.361 pasien. 

Angka kematian saat ini masih menjadi fokus penanganan pemerintah. Sebab, jumlah pasien meninggal masih tinggi terutama pada kelompok yang belum mendapatkan vaksinasi lengkap. 

Upaya untuk menekan angka kematian dilakukan pemerintah dengan mempercepat pelaksanaan vaksiansi nasional COVID-19 terutama vaksinasi dosis lengkap dan booster bagi kelompok rentan. Pemberian vaksinasi booster terbukti mampu memberikan perlindungan hingga 91 persen dari risiko terburuk COVID-19. 

Untuk vaksinasi booster, pemerintah telah memangkas interval pembarian vaksin dari yang sebelumnya 6 bulan menjadi 3 bulan setelah vaksinasi kedua, selain itu 6 regimen booster yakni Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, Moderna, Sinopharm dan J&J juga telah diizinkan untuk diberikan kepada masyarakat. (Sumber : Humas Kemenkes RI).

Editor :  Heri  K

Share:
Komentar

Berita Terkini