Pansus DPRD Kritisi Anggaran Penanganan Covid-19 Di Kab Sintang

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (SINTANG) - Pansus Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang soroti penanganan Covid-19 oleh Pemerintah Kabupaten Sintang saat membahas LKPJ Akhir tahun 2020, Pansus menilai besarnya anggaran yang digelontorkan tidak sebanding dengan hasil penangananya yang semakin alami peningkatan kasus Covid-19.

Anggota pansus menilai, anggaran penanganan corona yang sudah digelontorkan bertolakbelakang dengan angka kasus konfirmasi yang semakin meningkat, hal itu disampaikan Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Tuah Mangasih, Senin (12/04/2021).

Anggota DPRD Kabupaten Sintang ini mengungkapkan pansus LKPJ mengevaluasi apa saja yang sudah dikerjakan oleh pemerintah, termasuk penanganan covid-19.

Tuah melihat, anggaran beberapa kali dilakukan pemangkasan diperuntukan untuk penanggulangan corona.

"Cuma datanya belum kami terima, berapa anggaran terkumpul, misalnya berapa miliar, kemudian dinas apa saja yang menggunakannya, kemudian serapannya bagaimana. Efektif atau tidak, karena agak sedikit bertolak belakang dengan keadaan yang sekarang, kenapa covid kita semakin meningkat, sementara dana penanggulangan itu sudah disiapkan oleh pemerintah, dan kita setujui, ini kita tanyakan," ujar Tuah.

Legislator PDI-P ini juga mempertanyakan langkah pemerintah selanjutnya dengan adanya peningkatan kasus corona. Sebab, kasus corona cenderung meningkat, sementara dana sudah banyak dianggarkan.

"Kita lebih dulu mengevaluasi masalah covid-19. Karena ini dana yang terkumpul itu cukup banyak, jangan sampai tidak tepat sasaran, sehingga dananya habis tapi hasillnya tidak ada. Kecenderungan kasus meningkat ini yang kita pertanyakan, kenapa bisa seperti ini, lalu gugus tugasnya bagaimana, apa yang mereka lakukan, seperti itu," jelasnya.

Tuah menilai, peningkatan kasus corona memang tidak bisa dihilangkan sekaligus, namun bisa ditekan angka keterjangkitannya. "Kalau belum maksimal, apa kendalanya. Mari bicarakan sama-sama, bagaimana kita menanggulanginya. Kalau perlu kita belajar ke kabupaten lain yang sudah menurun," ujarnya.

Tuah Mangasih berharap, pemerintah tidak terlena dengan penanganan corona, apalagi saat ini sudah bermunculan varian virus corona. (tim liputan).

Editor :Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini