Lepas Keberangkatan 450 Personel Satgas ke Perbatasan RI-Malaysia, Ini Pesan Pangdam XII/Tpr

Editor: Redaksi author photo
Pangdam XII/Tpr, Mayjen Muhamad Nur Rahmad didampingi Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mei

Singkawang (Kalbarnews.co.id) - Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad didampingi Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie melepas dan memberangkatkan secara resmi Satgas Pamtas RI-Malaysia Batalyon Infanteri Raider 641/Beruang ke daerah penugasan, yakni di wilayah Sektor Barat Provinsi Kalimantan Barat. Upacara pemberangkatan berlangsung di Mayonif R 641/Bru yang dihadiri oleh para pejabat Kodam XII/Tpr serta Forkopimda Kota Singkawang, Minggu (24/11/2019).

Sebanyak 450 prajurit yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-Malaysia Batalyon Infanteri Raider 641/Beruang akan melaksanakan tugas di wilayah Sektor Barat menggantikan Satgas Pamtas RI-Malaysia Batalyon Infanteri Mekanis 643/Wanara Sakti.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dalam amanatnya dengan penuh rasa bangga mengucapkan selamat kepada segenap prajurit Yonif Raider 641/Bru yang telah mendapat kepercayaan dari pimpinan TNI, bangsa dan negara untuk melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan. Kepercayaan ini merupakan kehormatan dan tugas mulia untuk dipertanggungjawabkan serta dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.


Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyampaikan, penugasan ke daerah operasi bagi seorang prajurit merupakan wujud nyata pengabdian kepada negara dan bangsa serta suatu tugas kehormatan yang dipercayakan kepadanya. Sebagai patriot dan bhayangkari negara, tugas operasi merupakan tuntutan tugas di atas segala-galanya, hal ini dilaksanakan demi tetap tegaknya kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selanjutnya juga menyampaikan, bagi prajurit yang pernah melaksanakan tugas operasi, penugasan akan memberikan tambahan bekal pengalaman, serta tentunya akan diperoleh hal-hal baru yang belum pernah dialami pada penugasan sebelumnya.

"Sedangkan bagi prajurit yang belum pernah melaksanakan tugas operasi, penugasan ini akan menjadi suatu pengalaman yang sangat berharga untuk menunjang karier kalian sebagai prajurit," ujar Pangdam XII/Tpr.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menekankan kepada prajurit yang tergabung dalam Satgas untuk membulatkan tekad dan komitmen terkait dangan tugas-tugas yang akan dihadapi, sehingga secara fisik maupun mental akan terkonsentrasi sepenuhnya bagi pelaksanaan tugas operasi. Pembekalan keterampilan taktik serta teknik pengamanan dan pertempuran, agar dapat dijadikan sebagai pegangan dalam menghadapi segala kemungkinan permasalahan yang akan timbul di lapangan.

"Yakinlah, bahwa latihan yang sudah   dilaksanakan tidak akan pernah sia-sia dan diharapkan dapat membuahkan hasil yang optimal, baik bagi kalian sendiri maupun bagi kemampuan satuan saat melaksanakan tugas," tukasnya.

Mengakhiri amanatnya Pangdam XII/Tpr menegaskan kepada Satgas agar segera mengenali dan menghormati adat istiadat masyarakat di daerah setempat. Apabila ada permasalahan yang timbul agar membiasakan diselesaikan dengan persuasif dan dicarikan solusi yang terbaik agar tidak menimbulkan permasalahan yang lebih besar. 

"Laksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya, jaga keamanan baik personel maupun materiil yang kalian bawa, serta tunjukkan bahwa kalian adalah tentara rakyat, tentara pejuang dan tentara nasional yang profesional. Akhirnya, marilah kita bulatkan tekad untuk selalu mengabdi kepada bangsa dan negara, Selamat jalan dan selamat bertugas," ucap Pangdam XII/Tpr mengakhiri. (tim liputan).

Editor : Heri K

Share:
Komentar

Berita Terkini