Bupati Kubu Raya Tinjau Pelaksanaan UNBK di SMP 1 Sungai Raya

Editor: Redaksi author photo

 
Bupati Kubu Raya, Muda Mahendra didampingi Istri tinjau Pelaksanaan UNBK di SMPN 1 Sui Raya
Kubu Raya (Kalbar News) - Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan meninjau langsung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) di SMP Negeri 1 Sungai Raya, Senin (22/04/2019).

Usai memantau pelaksanaan UNBK dan UNKP di SMP Negeri 1 Sungai Raya, Muda Mahendrawan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya akan berupaya terus agar ke depannya jumlah sekolah yang melaksanakan UNBK terus meningkat.

"Dalam tiga tahun ke depan, mudah-mudahan UNBK bisa dilaksanakan di seluruh sekolah di Kubu Raya," kata Muda.

Muda mengatakan, mengingat sarana dan prasarana UNBK, khususnya komputer merupakan suatu kebutuhan utama untuk melaksanakan UNBK, maka Pemerintah Daerah Kubu Raya akan membuat suatu kebijakan dengan memaksimalkan anggaran untuk pendidikan. 

"APBD murni di sektor pendidikan mengalami penurunan, kita akan berupaya untuk meningkatkannya, agar anggaran standar untuk pendidikan yang sesuai undang-undang dapat terlaksana dengan baik," ujarnya.

Muda juga mengingatkan agar pihak sekolah dapat terus meningkatkan kualitas baik kualitas sekolah itu sendiri maupun kualitas siswanya. , Pemerintah juga akan memetakan terkait dengan kualitas siswa maupun kualitas sekolah, dan diharapkan partisipasi dari komite sekolah ke depannya juga menjadi lebih baik.

"Masyarakat juga kami harapkan ikut terlibat mengawal dan mendukung arah kebijakan agar seluruh sekolah dapat mengikuti UNBK," kata Muda.  


Kabid Pembinaan SMP, Dinas Pendidikan Kubu Raya, Syarif Firdaus mengatakan, ada 226 sekolah, jenjang SMP sederajat yang melaksanakan Ujian Nasioanal (UN) tahun 2019 ini. Dari 226 SMP sederajat itu, 52 sekolah sudah melaksanakan UNBK sedangkan 147 sekolah masih melaksanakan UNKP.

"Total siswa peserta ujian tahun ini, 9.920 siswa SMP sederajat," jelas Firdaus.

Firdaus mengatakan, sejak empat tahun ini  Kubu Raya melaksanakan UNBK di jenjang SMP sederajat, dan jumlah sekolah yang melaksnakan UNBK ini terus mengalami peningkatan.

"Dari empat tahun ini, di tahun pertama hanya ada satu sekolah yang melaksanakan UNBK, kemudian di tahun ke dua ada dua sekolah, di tahun ke tiga ada 21 sekolahg dan tahun ini ada 52 sekolah yang melaksanakan UNBK. Dan kita targetkan di tahun depan paling sedikit 100 sekolah akan melaksanakan UNBK, " Jelas Firdaus. (rja)

Editor : Heri K 


Share:
Komentar

Berita Terkini