Miftah Farid, Siswa MAN 2 Pontianak Pertukaran Pelajar RI-USA Setelah 10 Bulan di Texas, AS

Editor: Redaksi author photo

 Miftah Farid, Siswa MAN 2 Pontianak Pertukaran Pelajar RI-USA Setelah 10 Bulan di Texas, AS

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK)
- Rasa syukur dipanjatkan Kepala MAN 2 Pontianak dan para penyambut Miftah Farid di ruang kedatangan area bandara Supadio Pontianak. Nampak hadir, orang tua Miftah Farid, Waka Kesiswaan, Waka Humas, Guru BK dan adik kelas Miftah Farid di MAN 2 Pontianak. (15/6/2024).


Miftah Farid sebagaima diinformasikan sebelumnya adalah siswa MAN 2 Pontianak tercatat alumni Angkatan tahun 2022/2023. Saat di MAN 2 Pontianak ia mengikuti serangkaian tes yang diadakan oleh Youth Exchange and Study (YES).  


Program ini merupakan program beasiswa pertukaran pelajar yang diberikan oleh Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat kepada para Peserta Didik khususnya negara yang mayoritas adalah Muslim salah satunya Negara Indonesia. 


Target dari peserta beasiswa ini adalah Peserta Didik Tingkat SMA/SMK/MA/Sederajat di Indonesia. Setelah diseleksi dan terpilih menjadi finalis pada program ini, mereka akan diberangkatkan ke Amerika Serikat dan disebar keseluruh negara bagian di Amerika Serikat serta disebar keseluruh sekolah yang ada disana dan belajar di sekolah negeri.


Awal keberangkatannya adalah berdasarkan informasi dari Bina Antar Budaya melalui surat tertanggal 9 April 2022, Kepala MAN 2 Pontianak mendapatkan surat resmi dari Bina Antarbudaya (the Indonesian Foundation for Intercultural Learning) dengan nomor surat 22/YBA/SELEKSI-YES/04/133. 


Surat yang menyatakan hal 'Izin Meninggalkan Bangku Sekolah Selama Program Pertukaran Pelajar (KL-YES 2022-2023)" ini mengawali suratnya dengan ucapan selamat kepada Miftah Farid sebagai siswa MAN 2 Pontianak yang dinyatakan sebagai peserta KENNEDY LUGAR YOUTH EXCHANGE and STUDY (KL-YES) Program ke USA bersama Bina Antarbudaya. 


Farid yang saat ini merupakan alumni dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pontianak dan sedang menempuh pendidikan Program Studi S1 – Ilmu Komunikasi, Universitas Brawijaya ini seharusnya berangkat ke Amerika Serikat pada saat semasa Farid di MAN 2 Pontianak. 


“Sebenarnya saya harusnya berangkat pada saat saya di kelas XI MAN 2 Pontianak namun karena ada beberapa kendala dan hal lainnya jadi saya baru bisa berangkat sekarang. Pada saat kegiatan pertukaran pelajar ini pun saya tetap mengikuti pendidikan tingkat SMA yang ada di Texas, Amerika Serikat," katanya. 



Dalam penyamnbutan di bandara Supadio, kepada Miftah oleh Kepala MAN 2 Pontianak, Edi Setiawan diberikan pangalungan bunga dan bucket serta ucapan selamat atas kedatangannya dengan selamat dan sehat. 


“Terimakasih saya ucapkan atas kesediaan Bapak dan Ibu serta orang tua yang berkenan menyambut siswa prestasi kita ini, mari kita doakan mudah-mudahan akan ada lagi siswa prestasi MAN 2 yang tidak hanya Go asional tapi Go internasional”, demikian Edi saat diminta tanggapan sekaligus harapannya atas kedatangan Miftah ke tanah air. (ShZR)

Editor  : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini