Pangsa Energi Terbarukan Dalam Pembangkit Listrik Global

Editor: Redaksi author photo

Pangsa Energi Terbarukan Dalam Pembangkit Listrik Global 

KALBARNEWS.CO.ID (CINA)
Alasan utamanya adalah tingginya kapasitas infrastruktur energi terbarukan yang dioperasikan. Menurut Badan Energi Terbarukan Internasional (IRENA), kapasitas global panel surya dan turbin angin yang baru diluncurkan mencapai 461,5 gigawatt (GW), melampaui kapasitas terpasang reaktor nuklir (374,6 GW pada Mei 2024, menurut IAEA).


 Hasilnya, output pembangkit listrik tenaga surya dan angin pada tahun 2023 meningkat masing-masing sebesar 23% (sebesar 307 TWh) dan 10% (sebesar 206 TWh). Tiongkok, yang menyediakan lebih dari 60% kapasitas pembangkit listrik tenaga angin dan surya yang diluncurkan di seluruh dunia, juga memainkan peran penting dalam peningkatan aktual produksi listrik: menurut Ember, Tiongkok menyumbang 60% dan 51% peningkatan pembangkit listrik dari turbin angin dan pembangkit listrik tenaga surya masing-masing pada tahun 2023.


Output pembangkit listrik tenaga air (HPP) turun 2% atau sebesar 88 TWh. Hal ini terutama disebabkan oleh cuaca kering di Tiongkok, yang menyebabkan pembangkitan listrik di HPP di negara tersebut menurun sebesar 59 TWh pada tahun 2023, meskipun pembangkit listrik tenaga pompa penyimpanan (PSPP) yang baru diluncurkan mempunyai kapasitas mencapai rekor tinggi: menurut IRENA, Tiongkok menyumbang lebih dari 90% kapasitas PSPP yang diluncurkan di seluruh dunia pada tahun 2023 (14,5 GW dari 14,8 GW), sehingga memungkinkan untuk menyimpan energi pada saat permintaan rendah. 


Penurunan signifikan dalam pembangkit listrik tenaga air juga tercatat di India, Vietnam dan Meksiko pada tahun lalu. Pembangkit listrik tenaga batu bara memainkan peran penyeimbang dalam hal ini: bukan suatu kebetulan bahwa empat negara yang disebutkan di atas – Tiongkok, India, Vietnam dan Meksiko – menyumbang 95% dari peningkatan global pembangkit listrik tenaga batu bara pada tahun 2023.


Pembangkit listrik dari biomassa meningkat sebesar 3,1% (sebesar 21 TWh) pada tahun 2023, dan pangsanya tetap sebesar 2,4% (dengan HPP sebesar 14,3%, total pangsa tenaga surya dan angin sebesar 13,4% dan seluruh energi terbarukan lainnya sebesar 0,2%). Peningkatan terbesar dalam popularitas sumber listrik ini terjadi di Tiongkok dan Jepang, dimana pangsa biomassa dalam bauran energi pada periode 2015 hingga 2023 meningkat dari 0,9% menjadi 2,2% dan dari 2,8% dan 4,8%, masing-masing.


Secara umum, sumber energi terbarukan akan tetap menjadi segmen dengan pertumbuhan tercepat dalam industri ketenagalistrikan global di tahun-tahun mendatang, termasuk karena biayanya yang lebih rendah. IRENA memperkirakan bahwa biaya rata-rata global untuk mengoperasikan kapasitas turun sebesar 42% untuk pembangkit listrik tenaga angin darat (menjadi $1.274 per kilowatt, kW) dan sebesar 83% untuk panel surya (menjadi $876 per kW) pada periode 2010 hingga 2022. (Tim Liputan)

Editor : Aan


Share:
Komentar

Berita Terkini