Borneo Mangrove Action Kolaborasi Jurusan Kelautan FMIPA Untan dan Gemawan di Mempawah

Editor: Redaksi author photo

Borneo Mangrove Action Kolaborasi Jurusan Kelautan FMIPA Untan dan Gemawan di Mempawah

KALBARNEWS.CO.ID (MEMPAWAH) 
- Ekosistem mangrove memiliki manfaat besar dalam mitigasi dampak perubahan iklim. Memiliki daya simpan karbon lebih tinggi dari hutan dan gambut, ekosistem pesisir ini juga habitat yang menyediakan ruang hidup bagi berbagai spesies.


“Melalui Borneo Mangrove Action, sejak 2022 silam Gemawan mengajak generasi muda menjaga khazanah ekosistem mangrove Kalbar,” ucap Lani Ardiansyah, pegiat Gemawan, saat melakukan aksi penanaman mangrove di Desa Sungai Bakau Kecil, Mempawah.


Ucup, panggilannya, menyebutkan jika degradasi ekosistem mangrove di pesisir Kalbar terus terjadi, hal ini dapat membahayakan warga. 


“Khususnya warga di pesisir Kalbar, seperti kelompok nelayan, sangat rentan kehilangan sumber penghidupannya bila ekosistem mangrove terdegradasi tidak di rehabilitasi,” ujarnya.


Ia menambahkan, Karena itulah Gemawan berkolaborasi dengan berbagai stakeholder, terutama Generasi Z Kalbar, untuk melakukan aksi-aksi berkelanjutan seperti ini.


Pada aksi yang dilakukan pada Minggu (26/05/2024) ini, Gemawan berkolaborasi dengan mahasiswa Jurusan Kelautan FMIPA Untan, Pemerintah Desa, serta komunitas lokal.


“Kami masih menggunakan metode selongsong bambu. Memang agak lama, karena selongsong bambu ini sekaligus menjadi tempat persemaian propagul. Dengan demikian, mangrove terlindungi dari sapuan ombak,” paparnya lebih lanjut.


Dewan Pendiri Gemawan, Hermawansyah, menyampaikan ancaman abrasi di desa kelahirannya sudah sedemikian nyata. 


“Sejak beberapa tahun terakhir, Gemawan memutuskan untuk mengajak masyarakat di sini untuk menyelamatkan ekosistem pesisirnya dari ancaman abrasi," ujarnya.


Memotret Kearifan Lokal dari Selongsong Bambu


“Metode selongsong bambu ini adalah temuan menarik, pengetahuan lokal, hasil diskusi dengan warga untuk bersama-sama menyelamatkan kawasan pesisir Mempawah,” imbuh Wawan, sapaannya.


Menurut Wawan, hal ini adalah model inisiasi mekanisme mitigasi dampak perubahan iklim berbasis masyarakat yang sangat baik. 


“Keterlibatan pihak perguruan tinggi seperti sekarang sangat diharapkan untuk memotret dari aspek akademis,” terangnya lagi.


Ia menambahkan, Tidak bisa dipungkiri, hari ini kita butuh kolaborasi dari semua pihak. Tidak bisa lagi kita bekerja sendiri. Makanya sinergi itu menjadi sangat penting untuk dibangun, sehingga semua pihak dapat terlibat sesuai dengan kapasitas dan sumber dayanya.


Wawan berharap aksi ini dapat bergulir seperti bola salju ke desa-desa lain di sepanjang pesisir Kalimantan. 


“Dari Mempawah, kita lahirkan Borneo Mangrove Center,” tutup Wawan.


Sementara itu, Kordinator Kegiatan dari Fakultas Mipa Untan, Desya Aulia Fachrur Rozy menyampaikan, kita hari ini baru saja melakukan aksi penanaman mangrove di Desa Sungai Bakau Kecil, dan ini merupakan aksi kolaborasi antara Gemawan bersama Prodi Ilmu Kelautan Untan dari Fakultas Mipa.


"Upaya penanaman mangrove ini sebagai aksi untuk menjaga pesisir dari dampak abrasi dan juga untuk menyelamat bumi kita dari dampak krisis iklim," tambahnya.


Desya sapaannya, juga mengajak para anak-anak muda agar bisa mengambil bagian dalam menjaga bumi, karena seperti yang kita rasakan sekarang ini pemanasan global sudah semakin nyata.(Tim Liputan).

Editor : Lan

Share:
Komentar

Berita Terkini