Kompetisi Basket Usia Dini PVBC Ini Yang Jadi Harapan

Editor: Redaksi author photo

Kompetisi Basket Usia Dini PVBC Lahirkan Pebasket Profesional Tingkat Nasional

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK)
– Kejuaraan Basket Usia Dini (BUDI), yang digelar Pontianak Veteran Basket Competition (PVBC), telah terbukti berhasil melahirkan  pebasket profesional yang berkiprah di tingkat nasional. Keberhasilan ini disampaikan langsung oleh Murtopo Bong, Founder PVBC.


Pernyataan ini disampaikan oleh Murtopo Bong di sela-sela pembukaan  PVBC XI BUDI Cup Tahun 2024. Kenjuaraan tahunan yang sudah memasuki tahun ke-11 ini merupakan ajang basket bergengsi di Kota Pontianak, yang selalu ditunggu-tunggu oleh para pebasket di berbagai usia.


“PVBC XI BUDI, adalah kompetisi Basket Usia Dini dan usia veteran, yang diselenggarakan sebagai salah satu upaya melahirkan bibit-bibit Basket Profesional. Kami bersyukur, pada setiap gelarannya selalu banyak peserta yang mendaftar,” tutur Murtopo Bong. 


Selain diikuti oleh para bibit muda potensial, kejuaraan tahunan yang berlangsung pada 21-27 April 2024 di GOR Perbasi Kota Pontianak ini, diikuti oleh peserta dari kalangan pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), juga diikuti oleh kalangan veteran.


Menurut Murtopo Bong, Founder PVBC, peserta Kejuaraan Basket Usia Dini kali ini totalnya ada 47 Tim. Dari SD ada 12 Tim, SMP Putri 15 Tim, SMP Putra 10 Tim, PVBC KU-33 ada 7 Tim PVBC KU-40 diisi 7 Tim. Kejuaraan ini terbukti selalu dinantikan, karena telah berhasil mengantarkan pebasket profesional yang bermain di Indonesian Basketball League (IBL).


“Tahun ini lebih istimewa, di mana untuk yang kategori veteran ada tim dari Kalimantan Tengah (Kalteng) yang ikut bertanding di Pontianak. Tentunya ini menunjukkan bahwa PVBC XI BUDI Cup memiliki daya tarik tersendiri,” katanya.


Semaraknya gelaran PVBC XI BUDI Cup Tahun 2024, ujar Murtopo Bong, berkat dukungan dari berbagai pihak. Ia pun mengucapakan terima kasih atas dukungan Bapak Edi Rusdi Kamtono, Bapak Kadisporapar, dan Ketum KONI Pontianak, serta jajaran Perbasi Kalbar.


Saat pembukaan kejuaraan ini, tampak hadir Bapak Edi Rusdi Kamtono. selaku penasehat PVBC dan BUDI, Pak Edi yang merupakan Walikota Pontianak Periode 2018-2023 sekaligus memberikan sambutan dan membuka kejuaraan yang ditandai dengan pelemparan bola pertama untuk three point. 


Tampak pula hadir di GOR Perbasi Kota Pontianak, Ketua Umum KONI Kota Pontianak, H. Nanang Setiabudi, S.Sos., didampingi Wakil Ketua IV, Deddy Supriadi, A.Md., dan Kabid Humas-Media, Aep Mulyanto.


PVBC mempertandingkan KU-33+ dan KU-40+ dan Basket Usia Dini (BUDI) yang mempertandingka kategori pelajar SD, SMP Putra dan Putri.


Tampak pula Kabid Olahraga Dispoarapar Kota Pontianak, Irwansyah. Sekum Perbasi Kalbar, Setyo Gunawan. CEO Sporta Jawara Indonesia, Ongky Lesmana,


Ketum KONI Kota Pontianak, Nanang Setiabudi, sangat mengapresiasi digelarnya PVBC XI Budi 2024. Menurutnya, dengan semaraknya berbagai pertandingan yang berkualitas, telah ditunjukkan oleh para pebasket muda terbaik Kalbar di ajang yang mempertandingkan beberapa kategori kelompok umur tersebut.


"Saya tentunya sangat mengapresiasi dan menyambut baik serta berterima kasih dengan digelarnya kejuaraan ini. Dengan adanya kejuaraan ini, tentunya semakin menambah pola-pola pembinaan atlet muda di Kalbar, khususnya Bola Basket," tutur H. Nanang.


Edi Rusdi Kamtono, saat membuka kejuaraan mengapresiasi penyelenggaraan Veteran Basketball dan Kompetisi Basket Usia Dini 2023. Kompetisi yang diselenggarakan oleh Pontianak Veteran Basketball ini sebagai upaya menjadikan bibit-bibit atlet basket profesional.


Menurut Edi, pengenalan olahraga basket di kalangan anak-anak bisa membantu tumbuh kembang anak agar sehat dan kuat mentalnya, menanamkan jiwa sportivitas dan bisa membanggakan orang tua, keluarga, bangsa dan negara.


"Apalagi jika berhasil menjadi atlet nasional, mengharumkan nama Kalbar dan bahkan Indonesia," kata Edi.


Ia berpesan kepada para panitia dan wasit agar tetap menjunjung tinggi sportivitas. Kompetisi ini tidak semata mengejar target juara,  tetapi bagaimana membangun mental-mental juara dengan menanamkan jiwa sportivitas sehingga menciptakan generasi atlet yang berbakat dan membawa nama baik daerah dan negara.


"Dari olahraga bisa menciptakan generasi yang kuat dan sehat serta sportif," ujarnya.


Edi berkeinginan mewujudkan Pontianak sebagai kota bertemakan olahraga atau sport city. Dengan konsep sport city, sarana dan prasarana olahraga memadai akan dibangun secara bertahap.


"Saya bercita-cita membangun fasilitas olahraga di tepian Sungai Kapuas. Bisa saja di waterfront ada lapangan basket sehingga selain berolahraga, juga bisa menikmati suasana tepian sungai," katanya.


“Apalagi jika berhasil menjadi atlet nasional, mengharumkan nama Kalbar dan bahkan Indonesia,” tutur Edi Kamtono. “Dari olahraga bisa menciptakan generasi yang kuat dan sehat serta sportif,” tuturnya. (BP)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini