Ini Isi Pernyataan Komitmen Bersama Tokoh Lintas Agama Untuk Kerukunan Kalbar

Editor: Redaksi author photo

Tokoh Lintas Agama Untuk Kerukunan Kalbar

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK)
- Forum Kerukunan Umat Beragama Provinsi Kalimantan Barat menggelar acara buka puasa bersama yang dirangkai dengan pernyataan komitmen bersama tokoh lintas agama untuk kerukunan di Kalimantan Barat dengan tema Ramadhan Spirit Berbagi Kebaikan untuk Kemanusiaan dan Harmoni Semesta  bertempat di Hotel Mercure Pontianak. Selasa  (2 April2024).

 

Hadir dalam kesempatan tersebut Pejabat Gubernur Kalimantan Barat yang diwakili oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kalimantan Barat, Drs. Manto Saidi, serta Kapolda Kalimantan Barat yang diwakili oleh Kombes. Pol. Andi Harsito, S.IK, M.H., Dalam sambutannya, Pangdam XII Tanjungpura yang diwakili oleh Kolonel Infantri Adiyaksa, M.IP, jajaran Forkopimda Kalbar, Ketua FKUB Kalbar Prof.Dr.Ibrahim,MA , para tokoh lintas agama  di Kalbar, Ketua FKUB Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, dan Kabupaten Kayong Utara.

 

Ketua FKUB Kalimantan Barat, Prof. Dr. Ibrahim MA menyampaikan bahwa kegiatan pernyataan komitmen bersama ini merupakan ekspresi rasa syukur atas Pemilu yang berlangsung aman dan damai.

 

"Mudah-mudahan situasi ini akan terus berlanjut hingga proses pilkada serentak mendatang dan perlu ada upaya-upaya strategis dalam rangka menjaga dan merawat kerukunan antar umat beragama," ujarnya.

 

Menurutnya, momentum Bulan Ramadhan kali ini diharapkan dapat membawa keberkahan bagi umat manusia dan harmoni semesta.

 

Pj. Gubernur Kalimantan Barat yang diwakili oleh Kepala Badan Kesbangpol Kalimantan Barat, Drs. Manto Saidi, M.Si, menyampaikan bahwa kerukunan di Kalimantan Barat ini sangat kondusif karena salah satunya didukung oleh kehadiran para tokoh agama yang menjalankan agamanya secara rasional dan mengedepankan toleransi dalam berinteraksi antar sesama anak bangsa serta saling menghargai perbedaan karena setiap agama pasti mengajarkan kebaikan.

 

Kapolda Kalimantan Barat yang diwakili oleh Kombes. Pol. Andi Harsito, S.IK, M.H, mengapresiasi terlaksananya kegiatan pernyataan komitmen bersama tokoh lintas agama dan buka puasa bersama yang diinisiasi oleh FKUB Kalimantan Barat. Apalagi momentum ini dilaksanakan di Bulan Ramadhan yang juga bertepatan dengan usainya tahapan Pemilu Tahun 2024.

 

Dirinya berharap perlu adanya kolaborasi dan sinergitas berbagai pihak dalam usaha menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat pasca pelaksanaan Pemilukada Tahun 2024 khususnya di Kalimantan Barat. Ia juga mengajak seluruh masyarakat di Bulan Suci Ramadhan ini untuk saling memaafkan di tengah berbagai perbedaan dan menyambut masa depan yang lebih cerah. Dan FKUB Kalimantan Barat dapat berperan sentral dalam mengelola dan merawat kerukunan umat beragama serta terlibat aktif dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat khususnya di Kalimantan Barat.

 

Pangdam XII Tanjungpura yang diwakili oleh Kolonel Infantri Adiyaksa, M.IP menyampaikan bahwa pelaksanaan Pemilukada Tahun 2024 berlangsung tertib, aman, dan damai. Ini semua tidak terlepas dari komitmen dan kesadaran bersama berbagai pihak serta masyarakat Kalimantan Barat dalam menciptakan Pemilu yang damai.

 

Dirinya berharap melalui acara pernyataan komitmen bersama tokoh lintas agama dan forkopimda di Kalimantan Barat ini dapat menjadi salah satu upaya menjaga ketertiban dan ketentraman masyarakat pasca Pemilu Tahun 2024.

 

Adapun pernyataan komitmen bersama adalah sebagai berikut : Kami Para Tokoh Lintas Agama Di Kalimantan Barat :Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Kalimantan Barat - Islam KH. Basri  HAR, Uskup Agung Pontianak – Katolik Mgr. Agustinus Agus, Ketua PGIW Kalimantan Barat - Kristen Pendeta Paulus Ajong , Ketua PHDI Kalimantan Barat - Hindu Ida Shri Resi Putu Dupa Bandem, Ketua WALUBI Kalimantan Barat – Buddha Pandita Rolink Kurniadi Darmara dan Ketua MATAKIN Kalbar – Khonghucu Sutadi.

 

Atas Nama Pimpinan Majelis Agama Dan Umat Beragama Di Kalimantan Barat, Dengan Ini Menyatakan: selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan 1445 hijriah kepada seluruh umat muslim di kalimantan barat, senantiasa berupaya menjaga kerukunan hidup antar umat beragama, dengan mengedepankan sikap saling memahami, menghormati, dan menghargai perbedaan keyakinan agama masing-masing.

 

Senantiasa menjunjung tinggi sikap hidup bertoleransi atas prinsip persaudaraan antar umat beragama, demi memastikan kerukunan dan kedamaian terus terjaga dan terpelihara, mengecam keras segala bentuk provokasi dan ujaran kebencian, yang dapat mengganggu kerukunan dan persaudaraan antar umat beragama di kalimantan barat dan Berkomitmen untuk terus berpartisipasi dalam menjaga stabilitas keamanan di kalimantan barat. (Tim Liputan)

Edditor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini