Hitung mundur: Pameran Industri Ritel Terbesar di Asia CHINASHOP 2024
KALBARNEWS.CO.ID (SHANGHAI) -- Kurang dari satu bulan lagi, CHINASHOP, pameran dagang
industri ritel terbesar di Asia dan terbesar ketiga di dunia, akan berlangsung pada
13-15 Maret di National Exhibition and Convention Center, Shanghai. Pameran ini menempati lahan seluas 100.000 meter
persegi dan menampilkan lebih dari 800 ekshibitor, serta diikuti lebih dari
65.000 pengunjung dari seluruh dunia.(22 Februari 2024).
CHINASHOP dikenal luas atas teknologi dan peralatan
ritel. Ekshibitor menempati lebih dari 80% area pameran, sedangkan, area
pameran lainnya menampilkan berbagai komoditas. CHINASHOP 2024 akan terus
menghadirkan riset dan praktik terkini dari teknologi ritel, serta fasilitas
dan peralatan ritel.
Produk teknologi yang dipamerkan tahun ini banyak berfokus
pada penghematan biaya dan efisiensi, optimalisasi pengalaman pelanggan, serta
efektivitas biaya dan berbagai skenario penggunaan teknologi lewat aplikasi
kecerdasan buatan (AI), VR\AR, robotik, dan big data. Berbagai fasilitas dan produk peralatan ritel juga
mengutamakan penghematan energi dan penurunan karbon, spesifikasi, dan beragam
fitur dan teknologi pintar.
CHINASHOP 2024
juga akan memperluas segmen merchandise, serta melibatkan sejumlah
produsen specialty good lokal di Tiongkok, produsen landmark
good berskala global, barang-barang impor asal Jepang dan Korea
Selatan. Hal tersebut dilatarbelakangi aspek original
supermarket-suitable dan private brand merchandise, serta
memenuhi format baru dalam pengadaan barang (purchasing) di gerai-gerai
keanggotaan populer, butik, gerai diskon, serta gerai ritel modern lain.
Hi-shop juga menjadi salah satu sesi
unggulan pada tahun ini dengan mengangkat tema "Healthy Life",
mempersembahkan format ritel baru yang bersifat multidimensi dan lintaswilayah
dari rekombinasi dan etalase produk.
Di sisi lain, "2024 Consumer
Goods Channel Marketing Innovation Summit" akan digelar dengan tema
"Making Consumption Happen Better". Ajang ini akan mempertemukan
peritel, merek, dan platform guna membahas perubahan konsumen dan preferensinya
untuk kanal ritel. Lebih lagi, ajang ini akan mengulas kolaborasi peritel dan
pemasok barang di era baru untuk menyempurnakan kegiatan operasional, serta
mewujudkan terobosan pesat.
Ajang ini kembali mengadakan Dark
Horse*Retail X-LAB Innovation Stage, dan Trendy VOGUE.
Registrasi daring berlangsung hingga
12 Maret, dan hanya terbuka bagi kalangan profesional (tim atau individu).
Registrasi tidak dipungut biaya. Pengunjung dapat melakukan registrasi dan
menemukan informasi lebih lanjut di situs resmi en.chinashop.cc.
CHINASHOP pertama kali
digelar China Chain-Store & Franchise Association (CCFA)
pada 1999. Sejak itu, CHINASHOP telah berlangsung hingga 23 kali, serta
memamerkan peralatan ritel, teknologi dan solusi produk. CHINASHOP merupakan
ajang industri ritel terkemuka di Tiongkok yang berfungsi sebagai platform
ritel, suplai, pengadaan barang, dan kerja sama. (Tim Liputan)
Editor
: Aan