Food, Hotel & Tourism Bali Hadir Kembali di Tahun 2024 Dengan Semangat Kewirausahaan dan Ekonomi Berkelanjutan |
KALBARNEWS.CO.ID (BALI) -- Seiring dengan pulihnya ekonomi Global dan tumbuhnya ekonomi Nasional, Food, Hotel &Tourism Bali (FHTB) kembali hadir di tahun 2024 sebagai pameran dagang Internasional terdepan dan utama di Timur Indonesia, mencakup industri Makanan & Minuman (F&B), Perhotelan, dan Pariwisata. Pada edisi ke-13 tahun ini, FHTB akan diselenggarakan bersama dengan Retail Indonesia di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) pada tanggal 6 – 8 Maret 2024. (21 Februari 2024).
Digelarnya kembali
FHTB 2024 merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan PT Pamerindo Indonesia,
dalam mendukung peningkatan peluang bagi perusahaan dan pelaku usaha di sector perhotelan,
F&B dan pariwisata untuk memimpin bisnis masa depan yang berkelanjutan.
FHTB 2024 dihadirkan untuk menjelma dan mewakili semangat kewirausahaan dan
ekonomi pada Industri hospitality di Indonesia.
Juanita
Soerakoesoemah selaku Event Director FHTB 2024, mengatakan FHTB adalah tempat berkumpul
yang dinamis dari para pemimpin industri dan pelaku bisnis untuk menemukan tren
terbaru, inovasi revolusioner, dan rangkaian produk berkualitas tinggi yang akan
mendefinisikan perkembangan bisnis HoReCa (Hotel, Restoran, dan Katering).
“Ada lebih dari 300
perusahaan global dari 23 negara/wilayah berbeda, yang akan memanfaatkan
kesempatan ini untuk memamerkan produk dan layanan unggulan mereka,” jelas
Juanita.
Hal ini, menurut
Juanita juga akan membuat mereka semakin atraktif dalam berkontribusi pada
lanskap yang dinamis, dari sektor perhotelan dan pariwisata unggulan Bali. Diantara
perusahaan unggulan yang terkonfirmasi akan bergabung dalam FHTB 2024 yaitu
King Koil, Multi Fortuna, Rotaryana Prima, Modena, TTS, Libra Food, Coffee
Beyond Borders, BepahKupi, PAN Group, NANO Logistics, ACR Panel, CV. Liang.
Dengan bergabungnya perusahaan-perusahaan unggulan tersebut, diharapkan dapat
menjadi daya tarik bagi para pembeli khususnya bagi para pelaku usaha dari
resort, jaringan hotel, restoran, dan importir terbaik di wilayahnya.
FHTB 2024 melalui 3
hari pameran dari rangkaian produk dan layanan eksklusif, akan menarik lebih
dari 12.000 pengunjung baik nasional maupun internasional. Hadirnya kembalinya
FHTB 2024, diharapkan dapat turut mendukung peningkatan jumlah kunjungan
wisatawan asing ke Indonesia.
Data dari Badan Pusat
Statistik Indonesia (BPS), menunjukkan bahwa kunjungan wisatawan asing ke
Indonesia dari Januari hingga September 2023 telah meningkat sebesar 143,41%
(yoy), dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2022.
Pengunjung FHTB 2024
akan mendapatkan kesempatan untuk menggali ilmu dan wawasan dari para pemain
terbaik di industri ini, sambil membangun jaringan bisnis dengan para profesional
global terbaik di bidangnya melalui berbagai acara unggulan yang diselenggarakan
oleh berbagai mitra asosiasi dalam industri perhotelan, F&B, dan
pariwisata.
Diantara acara
unggulan dalam FHTB 2024, antara lain The 12th Bali Salon Culinaire Chef’s
Competition oleh Bali Culinary Professionals (BCP); The Biggest Sommelier
Events in Bali oleh Indonesia Sommelier Association Bali Chapter (ISA);
Indonesia Coffee Event (ICE) 2024 oleh Specialty Coffee Association of
Indonesia (SCAI), Workshop Gelato oleh Lotus Food Services, serta Carpigiani
& Embassy Chocolate.
Salah satu
acara unggulan terbaru yang juga menarik di FHTB tahun ini adalah upaya
pemecahan Rekor MURI: 1000 Koktail dalam 10 Menit yang dilakukan dengan
kolaborasi bersama ABI, Multifortuna, Bali Moon, dan Squeeze (PT Prima),
didukung oleh Black Bull, Oro Tequilana, dan Cloud Seven.
Momen spektakuler
ini, tak hanya tentang pemecahan rekor, tetapi juga tentang kebersamaan,
kreativitas, dan kolaborasi dari para mixologist berbakat yang akan menunjukan
keahlian, koordinasi, dan kerja sama tim yang mengagumkan, untuk menghadirkan
pengalaman yang mengesankan bagi pengunjung melalui beragam kreasi Koktail.
Selain acara
tersebut, FHTB 2024 juga akan menghadirkan workshop oleh Asosiasi Restaurant
& Cafe di Bali, Bittersweet Festival dan workshop Keong Racun atau Arak
Racun oleh Forum Fermentasi Nusantara (FERMENUSA), seminar Surplus Food to
Combat Food Waste & Food Insecurity oleh Scholars of Sustainable (SOS)
Bali, program Networking dan Seminar Industri oleh LPPOM MUI, Pantja Artha
Niaga, FHTB Business Matching dan banyak lagi.
FHTB 2024
terus mendukung percepatan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan terutama di
Indonesia Timur, dengan menyediakan akses bagi perusahaan unggulan dunia untuk
masuk ke peluang pasar Indonesia yang menguntungkan dan terus berkembang.
“FHTB kembali
hadir untuk membantu sektor- sektor perhotelan, F&B, dan pariwisata di
Indonesia bersinar secara global menuju Indonesia 4.0 di tahun 2030,” tutur
Juanita.
Sejalan
dengan hal tersebut, Marketing Communication Manager FHTB 2024, Leonarita
Hutama, menerangkan bahwa sebagai bagian dari acara yang berkelanjutan dari PT
Pamerindo Indonesia, FHTB 2024 memprioritaskan keberlanjutan yang mengalami
peningkatan di kalangan pengunjung, peserta pameran, dan pasar.
“Melalui
penyelenggaraan FHTB, Pamerindo Indonesia meningkatkan dampak lingkungan,
sosial, dan ekonomi di kota dimana pameran diselenggarakan. Kami berkomitmen
pada penyelenggaraan acara yang bertanggung jawab dan mendukung keberlanjutan
dalam sektor ini dengan menghubungkan orang-orang dengan jaringan dan pengetahuan
untuk mengatasi tantangan keberlanjutan lingkungan,” terangnya.
Untuk itu,
beberapa tindakan dilakukan FHTB 2024 guna mengusung dan mendukung
keberlanjutan, diantaranya; penghematan energi melalui penggunaan listrik yang
terbarukan, pengurangan penggunaan kertas, penggunaan kembali produk yang dapat
dipakai ulang di setiap acara, serta penggunaan produk yang berbahan dasar
ramah lingkungan. (Tim Liputan)
Editor : Aan