Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online Produk Kecantikan dan Perawatan Diri Sepanjang 2023
“Tokopedia pun mencatat kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh
sebagai salah satu kategori produk yang paling laris dibeli masyarakat lewat
Tokopedia sepanjang 2023 (data Januari-September 2023
dibandingkan Januari-September 2022),” jelas Category
Development Senior Lead Tokopedia, Stefanie Yuli.
Tokopedia juga melihat animo masyarakat dalam berbelanja
online produk kecantikan dan perawatan diri
sepanjang 2023 menciptakan tren tersendiri. “Beberapa produk kecantikan yang
paling laris di Tokopedia sepanjang 2023 adalah bedak wajah,
produk styling rambut, lipstik, lip cream dan eyeliner.
Sedangkan beberapa produk perawatan diri yang laris manis
di Tokopedia adalah cleanser wajah, serum wajah, krim wajah,
parfum dan sunscreen wajah,” tambah Stefanie.*
Tren tersebut membuktikan bahwa bahkan di pascapandemi,
masyarakat makin peduli dengan kesehatan kulit dan wajah.
Hal ini juga tidak lepas dari kemunculan berbagai tren kecantikan yang digandrungi
banyak masyarakat lewat media sosial sepanjang 2023, mulai dari tren clean girl makeup,
glass skin, latte makeup, strawberry makeup, dan masih banyak lagi.
Selain mencatat deretan produk kecantikan dan perawatan
diri yang laris manis, Tokopedia juga melihat
berbagai daerah di Indonesia yang mengalami kenaikan jumlah penjual di kategori Kecantikan
dan Perawatan Diri sepanjang tahun 2023.*
“Daerah Pesisir Selatan (Sumatra Barat), Bima (Nusa
Tenggara Barat), Sampang (Jawa Timur), Rokan Hulu (Riau) dan Ambon (Maluku),
merupakan beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah penjual di kategori
Kecantikan dan Perawatan Diri sepanjang tahun 2023, dengan rata-rata kenaikan
lebih dari 2,5 kali lipat dibandingkan tahun 2022,” tambah Stefanie.*
Sepanjang 2023, Tokopedia pun konsisten menghadirkan
deretan inisiatif dan kampanye dalam upaya
mendukung pertumbuhan brand lokal kecantikan dan perawatan diri. Deretan
inisiatif Tokopedia dorong geliat brand lokal kecantikan makin bersinar.
“Melalui kampanye Tokopedia Beauty, kami terus berupaya untuk
memberikan panggung khusus bagi pelaku usaha di industri kecantikan dan
perawatan diri, termasuk brand lokal. Ada pun banyak promo
diskon, eksklusif produk, flash sale dan bebas ongkir agar belanja online makin
hemat,” jelas Stefanie.
Tokopedia mencatat jumlah transaksi lewat kampanye
Tokopedia Beauty jelang akhir tahun 2023, khususnya pada September 2023,
mengalami kenaikan hampir 5 kali lipat jika dibandingkan awal tahun 2023 pada
Januari 2023.
Selain itu, kehadiran kampanye Tokopedia Beauty telah
membantu deretan brand lokal kecantikan dan
perawatan diri mengalami kenaikan penjualan yang lebih pesat. Studio Tropik
adalah salah satu contoh brand lokal kecantikan asal Bogor,
Jawa Barat, yang merasakan manfaat dari bergabung di berbagai
kampanye di Tokopedia, termasuk Tokopedia Beauty.
“Mengingat perkembangan industri kecantikan nasional
makin pesat, salah satu tantangan yang sering
kami hadapi adalah mendapatkan exposure ke pasar yang lebih luas sekaligus
menjaga relevansi dengan masyarakat. Berkat mengikuti berbagai kampanye di
Tokopedia termasuk Tokopedia Beauty, produk Studio Tropik bisa mencapai luar
pulau bahkan hingga Papua. Penjualan kami juga naik hingga lebih dari 2 kali
lipat saat Desember 2023 dibandingkan November 2023,” ujar Mellisa Angelina
Atmadja, Chief Executive Officer (CEO) Studio Tropik.
Sebagai
perpanjangan dari Tokopedia Beauty, Tokopedia juga telah mengadakan Tokopedia Beauty
Awards (TBA) di akhir 2023. Ajang penghargaan tahunan yang berlangsung sejak
tahun 2020 ini adalah upaya Tokopedia untuk mengapresiasi produk-produk
kecantikan dan perawatan diri pilihan masyarakat Indonesia. “Terkumpul ratusan
ribu votes dari seluruh Indonesia lewat Tokopedia untuk menentukan 32 nama
pemenang berbagai kategori di Tokopedia Beauty Awards 2023,” ujar Stefanie.
Di
penghujung 2023, Tokopedia bersama TikTok juga telah meluncurkan kampanye Beli
Lokal bertepatan dengan momentum Hari Belanja Nasional (Harbolnas) pada 12
Desember 2023 lalu.
Kampanye
Beli Lokal bertujuan untuk mempermudah masyarakat untuk belanja online produk brand
lokal, termasuk produk kecantikan dan perawatan diri. Kampanye Beli Lokal dapat
ditemukan baik di aplikasi Tokopedia maupun aplikasi TikTok, sehingga dapat memperluas
jangkauan para pelaku usaha terutama UMKM lokal ke seluruh Indonesia.
“Kami pun
melihat dampak positif pada penjualan brand lokal saat momen Harbolnas 12.12
tersebut. Sejumlah brand lokal kecantikan dan perawatan diri di Tokopedia
mengalami rata-rata kenaikan transaksi hampir 19 kali lipat khususnya pada
kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12 2023 jika dibandingkan rata-rata
transaksi harian di bulan November 2023,” jelas Stefanie.
After
Beaute adalah salah satu contoh pelaku usaha kecantikan lainnya di Tokopedia
yang merasakan manfaat dari kampanye Beli Lokal.
“Sebagai
brand lokal kecantikan asal Lampung, After Beaute sangat mengapresiasi adanya kampanye
Beli Lokal dari Tokopedia dan TikTok karena memberikan panggung yang lebih luas
bagi produk-produk lokal. Berkat Beli Lokal, After Beaute bisa mengalami
kenaikan penjualan hingga 30% di momen Harbolnas 12.12 2023 jika dibandingkan
penjualan di bulan November 2023,” jelas Andhita Irianto, Pemilik Usaha After
Beaute.
Di sisi
lain, Tokopedia melihat salah satu brand lokal perawatan diri lainnya yang
sedang naik daun, yaitu Tulus Skin, mengalami kenaikan penjualan berkat
kehadiran kampanye Beli Lokal.
“Tulus
Skin terus menerima dukungan dari Tokopedia dan TikTok agar penjualan kami bisa
terus melesat, termasuk lewat kampanye Beli Lokal. Di momen Harbolnas 12.12
2023 lalu, transaksi Tulus Skin bisa naik dengan signifikan jika dibandingkan
rata-rata transaksi harian di bulan November 2023,” tutup Jessica Anggrainy,
selaku salah satu Pemilik Usaha Tulus Skin. (Tim Liputan)
Editor :
Aan