Matahari Sebagai Bunga Matahari: Konfigurasi Baru Panel Fotovoltaik

Editor: Redaksi author photo

Matahari Sebagai Bunga Matahari: Konfigurasi Baru Panel Fotovoltaik

KALBARNEWS.CO.ID (HONGARIA)
- Prototipe ini terdiri dari tripod setinggi 1.800 mm yang memegang piringan kayu lapis berdiameter 660 mm, sudut gradiennya dapat bervariasi dari 20 hingga 45 derajat. 


Para ilmuwan menempatkan 18 panel surya di atasnya dengan ukuran 180 mm x 60 mm x 3 mm, dan efisiensi 22% (laju konversi energi matahari menjadi tenaga listrik). Lima belas panel dipasang di sepanjang perimeter disk, dan tiga sisanya di tengah. (12 Januari  2024).


Para ilmuwan menguji prototipe di udara terbuka dengan membandingkan hasil daya di tengah dan pada kelopak unit daya yang mengubah sudut gradiennya. Percobaan menunjukkan bahwa gradien 45 derajat memberikan efisiensi tertinggi: output daya pada kelopak bunga adalah 14,5 W, dan di bagian tengah – 11,8 W, dan suhu maksimum panel-panel ini masing-masing adalah 38,1°C dan 49,8°C.


Gradien 20 derajat memberikan efisiensi yang sedikit lebih rendah: output daya pada kelopak dan di tengah masing-masing mencapai 14,1 W dan 11,4 W, dan suhu pemanasan tertinggi – 34°C dan 43,9°C (nilai dibulatkan). Terakhir, pada kemiringan 30 derajat, suhu daya tertinggi kelopak bunga adalah 13,8 W dan 51,3 °C, dan di tengah – masing-masing 11,1 W dan 40,8 °C.


Penulis penelitian menjelaskan perbedaan suhu kelopak dan bagian tengah dengan efisiensi pertukaran panas: semakin rendah, semakin panas permukaan panel surya. Itulah sebabnya penempatan generator fotovoltaik dengan desain kelopak seperti itu lebih disukai daripada yang horizontal klasik. Selain itu, konfigurasi seperti ini memerlukan ruang 6 kali lebih sedikit per satu unit daya, sehingga lebih baik untuk komersialisasi.(Tim Liputan)

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini