FHA-Food Beverage 2024 Ajang Perdagangan Internasional Bawa Industri Makanan Minuman Indonesia ke Pasar Global
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) – Sebagai ajang
perdagangan internasional terkemuka di Asia, FHA-Food & Beverage
2024 menjadi platform global bagi pelaku usaha di
Indonesia, dengan menghadirkan konektivitas yang lebih besar dan peluang
kolaboratif untuk bisnis F&B regional.
Menjadi pusat pengetahuan dan peluang jaringan internasional yang luas, acara ini memberikan kesempatan besar bagi dunia bisnis di Indonesia untuk memahami tren global, menjajaki peluang baru, mendapatkan wawasan dan sumber daya yang lebih luas untuk memperluas jangkauan bisnis. Sehingga, pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan industri makanan dan minuman di Indonesia. (30 Januari 2024)
Acara tahunan ini akan
diselenggarakan tanggal 23-26 April 2024 di Singapore
EXPO, dengan menghadirkan pameran produk dan inovasi F&B yang
komprehensif dari lebih dari 50 Negara dan Wilayah, dengan deretan
paviliun internasional yang mengesankan dari berbagai negara/wilayah seperti;
Australia, Belgia, Tiongkok, Prancis, Jerman, Hongaria, Italia, Belanda,
Spanyol, Wilayah Taiwan, Thailand, Turki, Inggris, AS, dan masih banyak lagi.
Janice Lee, selaku Event Director FHA-Food & Beverage 2024, menyatakan
bahwa FHA-Food & Beverage 2024 menjadi ajang yang berpotensi mengubah pasar
F&B regional, termasuk Indonesia. Acara ini sangat penting dalam mendorong
kesuksesan dan pertumbuhan bisnis, dengan memberikan akses pasar internasional
dan menyediakan koneksi yang bernilai untuk membangun jaringan dan kolaborasi
yang luas.
"FHA-Food &
Beverage menarik kehadiran pelaku usaha dan investor internasional, sehingga
dapat menciptakan lingkungan yang dinamis untuk dapat bertukar wawasan dan
berkolaborasi. Hal ini dapat berkontribusi pada pengembangan ekosistem F&B
yang lebih kuat di Wilayah regional seperti Indonesia, serta memberikan manfaat
bagi pelaku usaha lokal dan mendorong pertumbuhan industri lebih
lanjut," kata Janice, pada
konferensi pers FHA-Food & Beverage 2024 yang diadakan di Jakarta.
Janice juga menekankan
bahwa industri F&B Indonesia, berpotensi menjadi pemain kunci dalam rantai
pasokan F&B global. Data dari Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS)
menunjukkan, PDB Industri Makanan & Minuman di Indonesia pada triwulan III
tahun 2023 masih mengalami peningkatan sebesar 3,28%, yang memberikan
kontribusi sekitar 34% terhadap total PDB.[1] Oleh karena
itu, FHA-Food & Beverage 2024 diharapkan bisa menjadi langkah strategis
yang potensial bagi pelaku usaha di Indonesia, untuk bisa melakukan
transformasi bisnis F&B di Indonesia, dengan membentuk masa depan industri
yang lebih baik.
Prospek pasar baru dan
tren F&B di Indonesia memang makin berkembang. Hal ini dapat terlihat pada
meningkatnya inovasi di industri makanan ringan dan makanan instan, yang
diikuti dengan integrasi teknologi di sektor F&B. Terlebih lagi,
perkembangan bisnis di Indonesia saat ini mulai sering menampilkan keberagaman
kuliner, memadukan berbagai pengaruh regional dan internasional ke dalam
menunya.
Memiliki akses
terhadap wawasan mengenai tren terkini, dinamika pasar, dan strategi masa depan
di Wilayah ini, menjadikan FHA-Food & Beverage 2024 sebagai tempat yang
tepat untuk mengembangkan inovasi F&B terkini. Hal ini memungkinkan para
pelaku usaha dan investor regional, untuk tetap menjadi yang terdepan dalam
perkembangan tren bisnis, dapat mengadopsi teknologi dan solusi baru, serta
unjuk gigi dalam pasar yang kompetitif.
"FHA-Food &
Beverage 2024 lebih dari sekadar pameran produk dan jasa. Acara ini adalah
ajang meriah dari perpaduan kuliner, teknologi mutakhir, dan koneksi berharga
bagi para profesional di industri ini," tambah
Janice.
Berbagai Acara Menarik
di FHA-Food & Beverage 2024
Tahun ini, FHA-Food
& Beverage 2024 mengusung tema “Connectivity” mengingat acara ini
menarik beragam pengunjung dari Asia dan sekitarnya, serta menghubungkan
pembeli dan distributor internasional dan menghadirkan peluang bisnis lintas
negara yang lebih luas. Hal ini diharapkan dapat menekankan persatuan antara
peserta pameran dan pengunjung, merayakan keberagaman tradisi dan inovasi
kuliner, serta menjadikan acara tersebut sebagai titik kumpul bisnis global, yang
menjanjikan.
Nantinya, para
pengunjung FHA-Food & Beverage 2024 akan mendapatkan kesempatan terbaik
untuk dapat belajar dari para pakar industri, melalui berbagai acara menarik
yang dapat membantu para pelaku usaha berkembang seperti; FHA Beer
Awards 2024, FHA Ultimate Meat Challenge for Meat Innovation, Young Talents
Escoffier – Singapore Selection, Sustainable Food Future, Halal Food Seminar,
serta masih banyak lagi lainnya.
Partisipasi KBRI
Singapura dalam FHA-Food & Beverage 2024 melalui paviliun Indonesia, juga
semakin menegaskan pentingnya acara tersebut bagi pelaku usaha F&B di
Indonesia. Perusahaan besar dari Indonesia seperti NCBA – USDA, PT. Natural
Indococonut Organik, PT. Solusi Prima Packaging, PT. Badan Perindustrian Bapak
Djenggot, PT. Aroma Kopikrim Indonesia, Makmur Group, dan PT. Mundial Rasa
Indonesia telah terkonfirmasi bergabung untuk mempromosikan dan memperkenalkan
keragaman produk F&B Indonesia.
Pada tahun 2023 lalu,
FHA-Food & Beverage berhasil menciptakan potensi yang signifikan dalam
pembuatan kesepakatan dan penciptaan bisnis, dengan menarik lebih dari 50.000
pengunjung untuk dapat terhubung dengan 1.100 peserta pameran dari berbagai
perusahaan global. Selain itu, FHA juga menghadirkan Hosted Buyer
Programme, yang menyeleksi pengambil keputusan pra-kualifikasi untuk
menghadiri FHA-Food & Beverage berdasarkan minat mereka dalam melakukan
bisnis, untuk mendapatkan inspirasi yang hemat biaya dan efisien waktu. Hosted
Buyer yang terpilih akan berkesempatan untuk dapat bertemu dengan
lebih dari 1.500 pemasok F&B papan atas dari lebih dari 50 negara dan
wilayah, melalui sesi networking dan pertemuan tatap muka yang
telah dijadwalkan sebelumnya.
Acara ini nantinya akan menempati total dari 6,5 hall di Singapore EXPO untuk menyelenggarakan beragam acara kompetisi, seminar, dan pameran produk unggulan, termasuk juga FHA Beer Awards 2024, FHA Ultimate Meat Challenge for Meat Innovation, Young Talents Escoffier – Singapore Selection, Sustainable Food Future, Halal Food Seminar, dan banyak lagi! (Tim Liputan)
Editor : Aan