Alifudin Turun Langsung Berikan Edukasi Cegah Stunting Warga Kecamatan Kubu

Editor: Redaksi author photo

 Alifudin Turun Langsung Berikan Edukasi Cegah Stunting Warga Kecamatan Kubu

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA)
- Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Alifudin turun langsung memberikan edukasi cegah stunting bagi warga Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya pada Minggu (28/1/2024). Wakil warga Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) di Senayan itu disambut antusias ratusan warga.


Warga yang telah berkumpul sedari pagi antusias mendapatkan sosialisasi program bangga kencana dan percepatan penurunan stunting bersama Komisi IX DPR RI. Agenda tersebut berkolaborasi dengan Perwakilan Badan Kepedudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalbar.


Dihadapan warga Kecamatan Kubu, anggota Komisi IX DPR RI Alifudin mengingatkan para orang tua untuk memberikan perhatian penuh terhadap anak-anak mereka. Terutama perihal pendewasaan usia perkawinan yang harus sesuai lantaran hal tersebut akan berdampak pada stunting.


“Mari kita bersama mencegah perkawinan dini, karena pernikahan dini akan berdampak pada stunting,” kata Alifudin.


Dirinya menyebut banyaknya kasus pernikahan dini diakibatkan minimnya pengetahuan yang didapatkan orang tua. Untuk itu upaya untuk mengedukasi orang tua akan pentingnya pendewasaan usia perkawinan sangat penting. Sehingga angka pernikahan dini bisa semakin bisa ditekan.


“Penyebab pernikahan dini ini karena salah asuh banyak orang tua yang masih belum paham,” ucapnya.


Terlebih menurut Alifudin dalam ajaran agama apapun tidak ada yang menyuruh anak celaka justru malah menginginkan anak menjadi lebih baik. Maka ia mengajak peran aktif semua pihak termasuk Kementrian Agama, ulama dan mubalig untuk memberikan edukasi kepada para orang tua.


“Kami penekanannnya dimana mana pendewasaan usia perkawinan, maka pentingnya pengetahuan agama bagi orang tua dan perlu peran aktif orang tua untuk memantau anak-anak mereka,” jelas Alifudin.


Dirinya menambahkan orang tua juga harus bisa memastikan anak-anak mereka mendapatkan gizi yang cukup. Hal tersebut bisa dipenuhi jika orang tua mendapatkan pengetahuan yang cukup. Sehingga ia selalu turun langsung ke masyarakat memberikan edukasi.


Alifudin mengajak masyarakat Kecamatan Kubu untuk bersama-sama mencegah kasus stunting. Berbagai upaya menurutnya harus terus digencarkan untuk mencegah kasus stunting. Guna mewujudkan generasi penerus yang semakin lebih baik.


“Semoga lahir dari Kecamatan Kubu anak yang cerdas dan akhlaknya yang bagus sehingga menjadi pemimpin masa depan,” tutupnya. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini