Yonzipur 6/SD Bersama Masyarakat Laksanakan Pembangunan Jalan Poros Simpang Dua-Teluk Melano Kayong Utara

Editor: Redaksi author photo
Yonzipur 6/SD Bersama Masyarakat Laksanakan Pembangunan  Jalan 

KALBARNEWS.CO.ID (KAYONG UTARA) - Memasuki akhir Tahun 2023, pembangunan ruas jalan Teluk Melano - Perawas terus diitensifkan. Pengerjaan ruas jalan ini dilaksanakan oleh Yon Zipur 6/Satya Digdaya sesuai Perintah Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan, S.E., M.M., untuk melaksanakan Karya Bhakti Pembangunan Ruas Jalan Teluk Melano – Perawas di Kabupaten Kayong Utara Provinsi Kalimantan Barat.

 

Melalui Karya Bhakti TNI kerjasama Kodam XII/Tanjungpura dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat bertujuan untuk meningkatkan dan membangun badan jalan serta saluran drainase agar dapat dilalui dengan aman dan lancar terutama di segmen II dan segmen III.

 

Selain itu untuk memudahkan lalu lintas sebagai jalan kolektor akses jalan provinsi dan jalur alternatif ke Ibukota provinsi atau jalan Trans Kalimantan.

 

Saat dikonfirmasi Komandan Batalyon Mayor Czi Sunandar Parius Sudarmono, S.E., menyebutkan, Karya Bhakti pembangunan ruas jalan Teluk Melano - Perawas ini menerjunkan 60 personil dan didukung alat berat dan dump truk yang dipimpin langsung oleh Komandan Kompi A Yonzipur 6/SD Kapten Czi Okta R. Sembiring.

 

"Pekerjaan ini merupakan kerjasama Kodam XII/Tanjungpura dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, dan Pangdam XII/Tanjunpura menunjuk kami Yonzipur 6/SD sebagai pelaksana pekerjaan," tegas Danyon.

 


Saat ditemui dilapangan pengawas lapangan Letda Czi Isprianto menjelaskan, pengerjaan segemen II sepanjang 1Km telah rampung dan dilanjutkan di segmen III sepanjang 2,7Km. Sehingga total pembangunan yang dikerjakan melalui Karya Bakti TNI Kodam XII/Tanjungpura ini sepanjang 3,7Km.

 

"Waktu pengerjaan memerlukan waktu tiga bulan berjalan atau 30 hari kalender, hingga saat ini Kami sudah melakukan penimbunan badan jalan serta pembuatan drainase kiri dan kanan sepanjang jalan", ujarnya.

 

Pengerjaan jalan antara Desa Rembayan dan Desa Tanjung Pelanduk ini diperkirakan akan rampung dalam dua bulan kedepan.

 

Dijelaskan pula bahwa selama pengerjaan pembangunan jalan ini, pihaknya mendapat dukungan dari masyarakat setempat.

 

"Selama kami disini mengerjakan pembangunan jalan ini mendapat sambutan yang baik dari masyarakat. Terkadang masyarakat setelah selesai bekerja dari kebun sawit ikut membantu kami. Mereka senang dengan kehadiran TNI disini, karena sebelumnya jalan ini sangat sulit dilalui. Kami juga menghadapi beberapa kendala termasuk tingginya curah hujan memasuki akhir tahun ini. Tapi kami tetap melaksanakannya dengan optimal, apabila cuaca cerah kami bekerja hingga malam hari", tutupnya.

 

Sementara ditempat terpisah Plt. Kadis PU PR Kabupaten Kayong Utara, Budi Utomo, S.H., ditemui dikantornya (29/12) juga menjelaskan bahwa, pembangunan ruas jalan Teluk Melano - Perawas selain memperlancar arus lalu lintas, juga merupakan upaya Pemda dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Karena ia menilai, terbukanya akses alternatif menuju Ibukota Provinsi nantinya menciptakan multiflier effect.

 

Pihaknya juga mengapresiasi Kodam XII/Tanjungpura, dalam hal ini Yonzipur 6/SD yang selalu semangat dalam menyelesaikan pembangunan jalan tersebut.

 

"Kami sangat berterimakasih kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, kita selalu mendapat bantuan terutama dalam peningkatan jalan Melano - Perawas. Kemudian Yonzipur juga luar biasa dalam melaksanakan pekerjaan tersebut. Terkadang mereka hingga malam hari mengerjakannya dengan sistem shift. Mesin terus bekerja dan personilnya yang bergantian. Terima kasih kepada TNI, semoga jalan Melano - Perawas dapat terus dikerjakan secara bertahap sesuai kemampuan yang tersedia", kata Budi Utomo.

 

Pembangunan jalan Melano - Perawas hingga saat ini hampir rampung pada sisi sebelah kiri. Karena pengerjaannya dilaksanakan dalam 2 tahapan, agar tidak mengganggu masyarakat dan pelintas yang menggunakan jalur ini. (tim liputan*).

 

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini