Perdana Menteri Yang Terhormat Dr Terrance Drew Mengumumkan Pidato Anggaran St Kitts dan Nevis 2024

Editor: Redaksi author photo

Perdana Menteri Yang Terhormat Dr Terrance Drew Mengumumkan Pidato Anggaran St Kitts dan Nevis 2024

KALBARNEWS.CO.ID (BASSETERRE)
-- Perdana Menteri St Kitts dan Nevis, Yang Terhormat Dr Terrance Drew, menyampaikan analisis komprehensif mengenai kinerja fiskal negara dan menguraikan rencana ekonomi masa depan dalam Pidato Anggaran 2024. (19 Desember 2023).


Tema Pidato Anggaran 2024: Melangkah Maju dalam Perjalanan Menuju Negara Kepulauan yang Berkelanjutan 

Tema sentral pidato anggaran tahun 2024 adalah “Berbaris Maju dalam Perjalanan Menuju Negara Kepulauan yang Berkelanjutan.” Pidato anggaran yang disampaikan pada tanggal 13 Desember 2023 menggarisbawahi komitmen pemerintah untuk bertransformasi menjadi negara kepulauan yang berkelanjutan.



Tujuh Pilar Keberlanjutan 

Yang Terhormat Dr Drew menguraikan tujuh pilar yang menjadi landasan negara kepulauan yang berkelanjutan:

1.       Keamanan Air

2.       Transisi Energi

3.       Ketahanan pangan

4.       Industri Keberlanjutan

5.       Permukiman Berkelanjutan

6.       Ekonomi Sirkular

7.       Perlindungan sosial



Pilar-pilar ini berfungsi sebagai titik fokus dalam penyusunan anggaran tahun 2024, yang meletakkan dasar bagi pembangunan berkelanjutan di St Kitts dan Nevis.



Prestasi St Kitts dan Nevis pada tahun 2023 

Yang Terhormat Dr Drew mengakui pencapaian di bidang pariwisata yang mendapat pengakuan internasional, memposisikan St Kitts dan Nevis sebagai tujuan wisata terkemuka di Karibia Timur. Pidato Anggaran 2024 mencerminkan komitmen pemerintah terhadap pembangunan berkelanjutan, tanggung jawab fiskal, dan kesejahteraan warga St Kitts dan Nevis. Inisiatif dan perbaikan yang diuraikan bertujuan untuk memperkuat perekonomian negara, infrastruktur, dan kesejahteraan secara keseluruhan.




Lanskap Fiskal St Kitts dan Nevis 

Ikhtisar Kinerja Fiskal Tahun 2022 

Yang Terhormat Dr Drew menyoroti lanskap fiskal tahun 2022, menekankan tantangan dan pencapaian, khususnya dalam pengelolaan utang dan pemulihan ekonomi.



Pendapatan dan Hibah Tahun 2022-2023 

Pada tahun fiskal yang lalu, dilaporkan adanya defisit sebesar US$99,2 juta untuk Neraca Keseluruhan dan defisit Neraca Primer sebesar EC$82,9 juta. Total Pendapatan dan Hibah berjumlah EC$1,12 miliar, dengan Pendapatan Berulang sebesar EC$1,1 miliar dan Hibah berjumlah EC$14,0 juta.



Kewarganegaraan St Kitts dan Nevis berdasarkan Program Investasi 

Yang Terhormat Dr Drew menyoroti kontribusi luar biasa dari Program Kewarganegaraan melalui Investasi (CBI) , yang melebihi ekspektasi anggaran sebesar 54,9 persen. Yang Terhormat Dr Drew menekankan pentingnya mendukung Program CBI untuk pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Program CBI dikelola dengan transparansi, akuntabilitas, dan visi strategis, serta memberikan kontribusi signifikan terhadap kesejahteraan ekonomi, sosial, dan lingkungan di St Kitts dan Nevis, memastikan masa depan yang lebih sejahtera dan tangguh.



Belanja Pemerintah Tahun 2022 

Yang Terhormat Dr Drew merinci bahwa pengeluaran tahun 2022 melebihi anggaran, disebabkan oleh berbagai inisiatif pemerintah, program dukungan pendapatan, dan pembayaran Dividen CBI.




Penurunan signifikan dalam Total Utang Sektor Publik menjadi EC$1,6 miliar atau 60,2 persen PDB (Produk Domestik Bruto) disoroti, mencerminkan penurunan sebesar EC$6,5 juta dan penurunan rasio Utang terhadap PDB sebesar 8,9 persen. Yang Terhormat Dr Drew memuji penurunan ini karena perluasan kegiatan ekonomi pada tahun 2022 dibandingkan tahun 2021.



Program Pensiun St Kitts dan Nevis untuk tahun 2024 

Yang Terhormat Dr Drew mengumumkan peluncuran Program Pensiun Kontribusi, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan keamanan finansial pegawai sektor publik. Rencana ini dirancang secara strategis untuk sistem pensiun yang aman dan berkelanjutan.




Yang Terhormat Dr Drew memberikan konteks sejarah, mengakui peran Administrasi Partai Buruh St Kitts dan Nevis pada tahun 2012, yang meletakkan dasar bagi Rencana Pensiun Kontribusi.



Komitmen Pemerintah terhadap Kittians dan Nevisian

Yang Terhormat Dr Drew menegaskan kembali komitmen pemerintah untuk meningkatkan kehidupan masyarakat, menyatakan keyakinannya terhadap peran Program Pensiun Kontribusi dalam menjamin masa depan yang sejahtera bagi pegawai sektor publik.




Peningkatan Upah Minimum Pegawai Negeri Sipil mulai tahun 2024 

Efektif tanggal 1 Januari 2024, upah minimum akan naik dari EC$9 per jam menjadi EC$10,75 per jam, yang mencerminkan dedikasi pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan finansial para penerima upah minimum. Keputusan untuk menaikkan upah minimum merupakan hasil rekomendasi dari Komite Penasihat Upah Minimum Nasional yang dipimpin oleh Duta Besar Sam Condor, yang dengan cermat mengkaji upah minimum melalui konsultasi.




Yang Terhormat Dr Drew menjamin kenaikan tambahan pada tanggal 1 Juli 2025, sehingga tarif per jam menjadi EC$12,50 dan tarif mingguan menjadi EC$500,00. Manfaat ekonomi dari upah minimum yang lebih tinggi disoroti, yaitu memberdayakan pekerja dan menstimulasi bisnis lokal.(Tim Liputan)

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini