Jaga Pemilu, Mahasiswa Kalbar Dukung Pemilu 2024 Jujur Adil Bermartabat

Editor: Redaksi author photo

Mahasiswa Kalbar Dukung Pemilu 2024 

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK)
- Mahasiswa Lintas Kampus dan Organisasi di Kalimantan Barat Gelar Deklarasi Gerakan Jaga Pemilu pada hari Minggu, 17 Desember 2023. 


Dengan tajuk kegiatan Pekan Jaga Pemilu mengangkat tema “Peran Pemuda dalam Pengawasan dan Pemantauan Demi Terwujudnya Pemilu 2024 yang Jujur Adil dan Bermartabat” kegiatan tersebut dilaksanakan mulai pukul 09.30 WIB di Kantor Lembaga Gemawan Jl. Ujung Pandang. 


Pekan Jaga Pemilu dibagi menjadi dua sesi yakni diawali  dengan Focus Group Discussion dan diakhiri dengan Pelatihan Teknis Pemantauan Pemilu dengan menghadirkan Narasumber yang luar biasa dalam kesempatan tersebut antara lain; 


Dr. Airlangga Pribadi, S. IP., M. Si., Ph.D.  (Dosen FISIP Unair, Deklarator Jaga Pemilu), Hanif Suranto, S. Sos., M. Si. (Deklarator Gerakan Jaga Pemilu), Mursyid Hidayat S. Sos (Ketua Bawaslu Kalbar) dan Abdul Haris (Ketua DPC PA GMNI Kota Pontianak) 


Pembukaan diawali oleh Kata Sambutan Ketua Panitia Saudara Kristian Jonathan dan Kata Sambutan oleh Pengurus Gerakan Jaga Pemilu Pusat yang diwakili oleh Hanif Suranto, S. Sos., M. Si. dalam sambutannya beliau menyampaikan “Generasi muda perlu memelihara rasa optimis, memikirkan solusi untuk meningkatkan optimisme maka nilai-nilai baik tidak akan berubah” 



FGD dan Pelatihan Teknis Pemantauan Pemilu berlangsung dengan baik melalui penyampaian dari para narasumber, dalam pemaparannya Dr. Airlangga menegaskan Pilihan generasi z menentukan masa depan bangsa.


"Saya optimis generasi z menjadi kekuatan utama, generasi yang independen  generasi saat ini diharapkan mempunyai kesadaran dan kecerdasan untuk memilih calon pemimpin bangsa,” ungkapnya.


Ketua Bawaslu Kalbar  Mursyid Hidayat  mengatakan saya menyambut  baik Gerakan Jaga Pemilu karena Data Pemantau Pemilu Di Kalbar dbaru berjumlah 5 Pengaduan  yang masuk. 



"Kelompok muda menjadi pelopor pergerakan anak muda harus memposisikan diri, tidak apatis terhadap politik, dapat mengontrol jalannya pemilu agar tidak terjadi pelanggaran dan agar pemilu berjalan dengan baik sehingga terwujudlah generasi yang lebih peka dalam proses penyelenggaraan pemilu," ungkap Ketua Bawaslu Kalbar  Mursyid Hidayat.



Melalui Gerakan Jaga Pemilu Kalbar diharapkan  para generasi muda dapat turut serta mengawasi proses jalannya Pemilu 2024 mendatang dapat berlangsung secara demokratis, jujur dan adil. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini