Bank Indonesia Dukung Ketahanan Pangan Dengan Pelatihan Produktivitas Padi

Editor: Redaksi author photo

Bank Indonesia Dukung Ketahanan Pangan Dengan Pelatihan Produktivitas Padi
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Bapak dr. Harisson, M.Kes., hari ini bersama dengan berbagai pihak yang terhormat, termasuk Bupati Kubu Raya, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat, dan lainnya, telah menghadiri acara "Pelatihan Produktivitas Padi untuk Ketahanan Pangan" yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia di Kabupaten Kubu Raya.


Acara ini diadakan dalam rangka mendukung Program Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Kalimantan Barat, bertujuan untuk mengatasi masalah inflasi dan mendukung ketahanan pangan di wilayah tersebut.


Sejalan dengan target inflasi tahun 2023 sebesar 3±1%, realisasi inflasi Kalimantan Barat per September 2023 masih dalam kategori on track. Salah satu penyumbang inflasi adalah sektor makanan dan minuman, terutama komoditas beras. Inflasi beras di Kalimantan Barat pada September 2023 mencapai angka yang signifikan. Kondisi ini masih dipengaruhi oleh faktor global seperti El Nino yang mengganggu pasokan pangan.


Bank Indonesia bersama Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah berkomitmen untuk mengendalikan inflasi dan mendukung ketahanan pangan dengan berbagai upaya, termasuk penyediaan benih dan bibit, alsintan, serta kerjasama dalam pemasaran produk pertanian.


Selain itu, Bank Indonesia juga mendukung pengembangan klaster pangan melalui digital farming. Pada hari ini, Gapoktan Merak Mandiri dan Gapoktan Madiun Bersatu menandatangani nota kesepahaman dengan PT Topindo Niaga Nusantara untuk kerjasama pemasaran produk pertanian.


Kegiatan ini juga mencakup pelatihan metode tanam untuk anggota Gapoktan Merak Mandiri dan Gapoktan Madiun Bersatu. Provinsi Kalimantan Barat juga mendapatkan pengakuan sebagai Nominasi TPID Berkinerja Terbaik Kawasan Kalimantan tahun 2022.


Bank Indonesia berharap kegiatan ini akan meningkatkan sinergi antara pihak terkait dalam memajukan sektor pertanian dan mendukung produktivitas klaster pangan di Kalimantan Barat. Mereka mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang sudah terjalin dan berharap hal baik ini akan terus berlanjut di masa mendatang. (BP)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini