Plugo Brand Appreciation Day 2023: Merangkul Strategi E-Commerce D2C Di Era Digital Modern
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Wajah bisnis global telah berubah cepat dalam
beberapa tahun terakhir, dengan sektor e-commerce Indonesia berada di garis depan transformasi ini. Rabu
(23 Agustus 2023).
Dulu di mana bisnis offline
berkuasa, kini beralih ke pasar digital di mana kehadiran online yang solid
bukan hanya pelengkap tetapi kebutuhan mutlak.
Di tengah pergeseran digital yang
ramai ini, Plugo siap untuk memamerkan keunggulan model direct-to-consumer (D2C)
di acaranya, Plugo Brand Appreciation Day 2023, yang digelar pada
22 Agustus di The Langham Jakarta.
Acara ini bukan sekadar perayaan
tetapi penegasan relevansi model D2C, menampilkan penghargaan seperti Brand
of the Year, Best Newcomer, Best Innovative Product Line, dan Most Viral Brand.
Selama acara tersebut, Izki Aldrin
Iswarna, Country Director Plugo, menjelaskan highlight perusahaan
yang mengesankan pada 2023:
Gross
Merchandise Value (GMV)
tertinggi Plugo dalam sebulan mencapai 99,6 miliar rupiah.
Jumlah total pengunjung yang
mengakses website para brand adalah 26 juta.
Produk terbanyak terjual dalam satu
hari mencapai 47.000.
Tingkat konversi rata-rata dari
kunjungan ke pembelian adalah 9%.
"Marketplace sangat
penting, dan kami di sini bukan untuk bersaing tetapi untuk saling melengkapi.
Model D2C Plugo adalah tentang kolaborasi sinergis, Kami di sini untuk menjembatani
kenyamanan penjualan multi-platform, memungkinkan brand mengelola
semuanya dalam satu platform. Ini tentang kemampuan beradaptasi di pasar
digital yang berkembang pesat," tegas Izki.
Menambah semangat acara ini dalam
segmen talk show, "How brands survive in a fast-paced
digital world." Influencer dan pengusaha ternama Zaskia Adya
Mecca sebagai narasumber.
Baru saja meluncurkan brand fesyen
muslimnya, Chadaree, dengan Plugo yang memperkuat perjalanan e-commerce-nya,
Zaskia akan berbagi pengalaman, tantangan, dan kesuksesannya di dunia digital.
Wawasannya menjanjikan untuk memandu brand saat mereka
memasuki lanskap digital yang berubah dengan cepat ini.
"Kisah Zaskia dengan Chadaree
merepresentasikan potensi dan kehebatan model D2C. Perjalanan dan wawasannya
tidak diragukan lagi akan beresonansi dengan banyak brand di
Plugo," kata Izki.
Saat penutupan acara, Plugo
memberikan pengumuman yang menarik. Sebagai bagian dari rencana ekspansi
di Asia Tenggara, Plugo melebarkan sayapnya ke Thailand, secara resmi
meluncurkan layanan di sana pada akhir 2023, untuk semakin memperkuat jejaknya
di sektor e-commerce.
"Ekspansi kami
ke Thailand merupakan sebuah langkah besar. Kami melihat peluang
pertumbuhan yang sangat besar di sana dan ingin memperluas expertise D2C
kami kepada para brand di wilayah ini," papar CEO
Plugo, Kyungmin Bang.
Tentang
Plugo
Didirikan pada 2022 di Singapura,
Plugo adalah platform e-commerce all-in-one yang
menargetkan brand direct-to-consumer (D2C).
Platform ini menawarkan layanan mulai dari website e-commerce yang dapat
disesuaikan hingga sistem pembayaran terintegrasi, omnichannel, dan
alat pemasaran canggih.
Perusahaan
mendapatkan $9 juta dalam putaran pendanaan Seri A pada akhir 2022,
dengan investasi dari perusahaan seperti Altos Ventures dan Access Ventures.
Dukungan ini mendukung pertumbuhan dan perkembangan Plugo yang berkelanjutan.
Plugo sepenuhnya berbasis cloud dan hosting,
memungkinkan pengguna untuk mengakses dan mengelola bisnis mereka dari mana
saja, kapan saja, bahkan saat dalam perjalanan.
Selain kantor pusatnya di Singapura,
perusahaan telah memperluas kehadirannya dengan kantor
di Jakarta dan Seoul, dengan tim spesialis teknologi
berpengalaman.(Tim Liputan).
Editor : Lan