Mazda Indonesia: Sebuah Manifestasi Akan Kualitas Dan Nilai
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Mazda Indonesia berhasil mendominasi pemberitaan
otomotif di Indonesia sejak peresmian gedung kantor pusat (headquarters) terbarunya pada 23 Februari 2023 lalu.
Kesuksesan ini tak lepas dari peran vital Managing Director Mazda Indonesia, Ricky Thio, serta Eurokars Motor Indonesia sebagai ATPM
resmi.
Headquarters ini merepresentasikan budaya perusahaan Mazda yang menjunjung tinggi kualitas, serta sebagai tolok ukur untuk proyek-proyek Mazda di masa depan. Kamis (24 Agustus 2023).
Ricky memegang peran yang penting dalam membangun citra
merek Mazda Indonesia sebagai pemain unggulan di pasar otomotif premium
Indonesia dengan menitikberatkan pada budaya perusahaan yang berorientasi pada
kepuasaan pelanggan, inovasi, dan standar mutu yang tinggi. Ia bekerja tanpa
lelah dalam menyelaraskan misi dan nilai-nilai Mazda yang dikenal akan
keahlian, teknik, serta perhatiannya pada detail, ke pasar otomotif Indonesia.
"Saya dan Mazda memiliki keyakinan yang sama untuk
menempatkan kepuasan pelanggan sebagai prioritas utama karena setiap langkah
yang kami ambil harus berdasarkan sudut pandang mereka. Dengan mendengarkan
harapan dan keluhan mereka, kami mampu merencanakan strategi untuk memastikan
kepuasan mereka, yang pada akhirnya mendukung tercapainya tujuan
perusahaan," ungkap Ricky.
Simak dan ikuti akun Instagram resmi Mazda Indonesia di www.instagram.com/mazdaid/
Headquarters Mazda Indonesia merupakan cerminan
sempurna dari sinergi antara Mazda Corporation dan Eurokars Group.
Gaya interior bangunan menggabungkan sentuhan minimalis
Jepang ala Mazda dan identitas Eurokars Group dengan menggunakan warna hitam,
putih, dan aksen kayu. Secara utuh, desain bangunan ini menampilkan elegansi
merek Mazda yang berbaur dengan kesederhanaan, menjadikannya representasi
sempurna filosofi Mazda – Jinba-Ittai, Kodo, Takuminuri, dan Takumi.
Salah satu kunci keberhasilan Ricky dalam mewujudkan semangat
Mazda Corporation di pasar Indonesia adalah dengan memastikan bahwa kendaraan
buatan Mazda adalah yang terbaik di pasarnya dalam hal kualitas.
Di bawah kepemimpinannya, Mazda Indonesia memperkenalkan
berbagai tipe kendaraan modern, termasuk Mazda CX-30, Mazda CX-5, dan Mazda3,
yang kesemuanya mendapat kritikan dan pujian positif dari konsumen otomotif
seluruh Indonesia.
Hal ini dapat dicapai berkat adanya teknologi SKYACTIV,
sebuah fitur unik yang ditawarkan oleh Mazda, di mana serangkaian teknologi
khusus dirancang untuk meningkatkan performa mobil melalui mesin, transmisi,
desain eksterior, dan sasis guna menghadirkan pengalaman berkendara yang tak
tertandingi.
Poin penting keberhasilan Mazda Indonesia lainnya ialah
terkait dengan filosofi desainnya, antara lain Kodo – Soul of Motion, dan
Jinba-Ittai yang tercermin di setiap kendaraan Mazda. Kodo mewakili keindahan
gerakan dan menangkap esensi semangat Mazda, sedangkan Jinba-Ittai
menggambarkan ikatan antara mobil dan pengemudinya.
Dengan mengutamakan pengalaman berkendara sang pengemudi,
Mazda Indonesia telah berhasil membangun reputasi untuk kualitas dan kehandalan
melebihi pemain mobil premium lainnya di Indonesia.
Meski Mazda Indonesia beroperasi di bawah naungan Eurokars
Group, distributor ternama merek-merek otomotif mewah di Asia yang
berbasis di Singapura, mereka memiliki identitas dan pendekatan pemasaran yang
berbeda dengan merek otomotif lain yang berada di perusahaan induk tersebut.
Dengan brand positioning Mazda
sebagai merek premium yang menawarkan desain, performa, serta kenyamanan yang
superior, dan bertekad untuk tidak akan berkompromi atas kualitasnya, dan
berfokus untuk mengedukasi konsumen dan pelanggan akan nilai filosofi Mazda.
Komitmen mereka dalam ranah tersebut akan semakin memperkuat posisi mereka di
pasar dalam lima tahun ke depan.
Integritas kepemimpinan Ricky juga teruji dan terbukti ketika
industri otomotif dihadapkan dengan perubahan cepat yang belum pernah terjadi
sebelumnya, yakni saat pandemi COVID-19. Terlepas dari situasi yang menyebabkan
ketersediaan barang yang melimpah, Mazda Indonesia tetap berhasil mencapai
target penjualannya di tahun 2021.
Hal ini menunjukkan potensi pertumbuhan di sektor otomotif
tahun 2023 yang positif sehingga menjadikan Ricky optimis akan masa
depan Mazda di pasar otomotif nasional. Saat ini, Mazda Indonesia
sedang gencar merambah ke sektor gaya hidup, melalui kolaborasi yang dilakukan
dengan dua orang desainer fesyen di acara Jakarta Fashion Week (JFW) 2023.
Inisiatif yang sukses tersebut akan terus berlanjut dengan berbagai kolaborasi
penting lainnya di sektor gaya hidup.
Tentang PT Eurokars Motor Indonesia
PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), bagian dari Eurokars Group yang
didirikan oleh Karsono Kwee, merupakan ATPM dan distributor tunggal
kendaraan Mazda di Indonesia.
Di bawah kepemilikan PT EMI sejak 2017, Mazda mencatatkan
pertumbuhan penjualan yang signifikan di pasar domestik mobil premium melalui
koleksi model dan fitur canggihnya. Setelah proses akuisisi, Karsono
Kwee memutuskan untuk mengintegrasikan seluruh karyawan ke dalam Eurokars
Group.
Tentang Ricky Thio
Ricky Thio telah berkecimpung dalam industri otomotif sejak 20 tahun
terakhir. Ia mulai meniti karirnya sebagai sales representative di
salah satu merek otomotif Jepang ternama di Indonesia setelah berhasil
menamatkan pendidikan sarjananya di bidang keuangan dan mendapatkan gelar
pascasarjanannya di bidang E-commerce dari Australia.
Di bawah kepemimpinannya, Ricky berhasil menyumbang
kesuksesan yang luar biasa di setiap merek mobil Jepang yang pernah ia kelola.
Atas dedikasi dan kontribusinya tersebut, Ricky dianugerahi sebagai Best Sales
in Independent Distributor Category oleh Mazda Corporation di tahun 2018.(Tim
Liputan).
Editor : Lan