Mazda Indonesia: Sebuah Manifestasi Akan Kualitas Dan Nilai

Editor: Redaksi author photo

Mazda Indonesia: Sebuah Manifestasi Akan Kualitas Dan Nilai

KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA)
- Mazda Indonesia berhasil mendominasi pemberitaan otomotif di Indonesia sejak peresmian gedung kantor pusat (headquarters) terbarunya pada 23 Februari 2023 lalu. Kesuksesan ini tak lepas dari peran vital Managing Director Mazda Indonesia, Ricky Thio, serta Eurokars Motor Indonesia sebagai ATPM resmi. 


Headquarters ini merepresentasikan budaya perusahaan Mazda yang menjunjung tinggi kualitas, serta sebagai tolok ukur untuk proyek-proyek Mazda di masa depan. Kamis (24 Agustus 2023).

 

Ricky memegang peran yang penting dalam membangun citra merek Mazda Indonesia sebagai pemain unggulan di pasar otomotif premium Indonesia dengan menitikberatkan pada budaya perusahaan yang berorientasi pada kepuasaan pelanggan, inovasi, dan standar mutu yang tinggi. Ia bekerja tanpa lelah dalam menyelaraskan misi dan nilai-nilai Mazda yang dikenal akan keahlian, teknik, serta perhatiannya pada detail, ke pasar otomotif Indonesia.

 

"Saya dan Mazda memiliki keyakinan yang sama untuk menempatkan kepuasan pelanggan sebagai prioritas utama karena setiap langkah yang kami ambil harus berdasarkan sudut pandang mereka. Dengan mendengarkan harapan dan keluhan mereka, kami mampu merencanakan strategi untuk memastikan kepuasan mereka, yang pada akhirnya mendukung tercapainya tujuan perusahaan," ungkap Ricky.

 

Simak dan ikuti akun Instagram resmi Mazda Indonesia di www.instagram.com/mazdaid/ atau situs web www.mazda.co.id untuk informasi terbaru.

 

Headquarters Mazda Indonesia merupakan cerminan sempurna dari sinergi antara Mazda Corporation dan Eurokars Group.

 

Gaya interior bangunan menggabungkan sentuhan minimalis Jepang ala Mazda dan identitas Eurokars Group dengan menggunakan warna hitam, putih, dan aksen kayu. Secara utuh, desain bangunan ini menampilkan elegansi merek Mazda yang berbaur dengan kesederhanaan, menjadikannya representasi sempurna filosofi Mazda – Jinba-Ittai, Kodo, Takuminuri, dan Takumi.

 

Salah satu kunci keberhasilan Ricky dalam mewujudkan semangat Mazda Corporation di pasar Indonesia adalah dengan memastikan bahwa kendaraan buatan Mazda adalah yang terbaik di pasarnya dalam hal kualitas.

 

Di bawah kepemimpinannya, Mazda Indonesia memperkenalkan berbagai tipe kendaraan modern, termasuk Mazda CX-30, Mazda CX-5, dan Mazda3, yang kesemuanya mendapat kritikan dan pujian positif dari konsumen otomotif seluruh Indonesia.

 

Hal ini dapat dicapai berkat adanya teknologi SKYACTIV, sebuah fitur unik yang ditawarkan oleh Mazda, di mana serangkaian teknologi khusus dirancang untuk meningkatkan performa mobil melalui mesin, transmisi, desain eksterior, dan sasis guna menghadirkan pengalaman berkendara yang tak tertandingi.

 

Poin penting keberhasilan Mazda Indonesia lainnya ialah terkait dengan filosofi desainnya, antara lain Kodo – Soul of Motion, dan Jinba-Ittai yang tercermin di setiap kendaraan Mazda. Kodo mewakili keindahan gerakan dan menangkap esensi semangat Mazda, sedangkan Jinba-Ittai menggambarkan ikatan antara mobil dan pengemudinya.

 

Dengan mengutamakan pengalaman berkendara sang pengemudi, Mazda Indonesia telah berhasil membangun reputasi untuk kualitas dan kehandalan melebihi pemain mobil premium lainnya di Indonesia.

 

Meski Mazda Indonesia beroperasi di bawah naungan Eurokars Group, distributor ternama merek-merek otomotif mewah di Asia yang berbasis di Singapura, mereka memiliki identitas dan pendekatan pemasaran yang berbeda dengan merek otomotif lain yang berada di perusahaan induk tersebut.

 

Dengan brand positioning Mazda sebagai merek premium yang menawarkan desain, performa, serta kenyamanan yang superior, dan bertekad untuk tidak akan berkompromi atas kualitasnya, dan berfokus untuk mengedukasi konsumen dan pelanggan akan nilai filosofi Mazda. Komitmen mereka dalam ranah tersebut akan semakin memperkuat posisi mereka di pasar dalam lima tahun ke depan.

 

Integritas kepemimpinan Ricky juga teruji dan terbukti ketika industri otomotif dihadapkan dengan perubahan cepat yang belum pernah terjadi sebelumnya, yakni saat pandemi COVID-19. Terlepas dari situasi yang menyebabkan ketersediaan barang yang melimpah, Mazda Indonesia tetap berhasil mencapai target penjualannya di tahun 2021.

 

Hal ini menunjukkan potensi pertumbuhan di sektor otomotif tahun 2023 yang positif sehingga menjadikan Ricky optimis akan masa depan Mazda di pasar otomotif nasional. Saat ini, Mazda Indonesia sedang gencar merambah ke sektor gaya hidup, melalui kolaborasi yang dilakukan dengan dua orang desainer fesyen di acara Jakarta Fashion Week (JFW) 2023. Inisiatif yang sukses tersebut akan terus berlanjut dengan berbagai kolaborasi penting lainnya di sektor gaya hidup.

 

Tentang PT Eurokars Motor Indonesia
PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), bagian dari Eurokars Group yang didirikan oleh Karsono Kwee, merupakan ATPM dan distributor tunggal kendaraan Mazda di Indonesia.

 

Di bawah kepemilikan PT EMI sejak 2017, Mazda mencatatkan pertumbuhan penjualan yang signifikan di pasar domestik mobil premium melalui koleksi model dan fitur canggihnya. Setelah proses akuisisi, Karsono Kwee memutuskan untuk mengintegrasikan seluruh karyawan ke dalam Eurokars Group.

Tentang Ricky Thio
Ricky Thio telah berkecimpung dalam industri otomotif sejak 20 tahun terakhir. Ia mulai meniti karirnya sebagai sales representative di salah satu merek otomotif Jepang ternama di Indonesia setelah berhasil menamatkan pendidikan sarjananya di  bidang keuangan dan mendapatkan gelar pascasarjanannya di bidang E-commerce dari Australia.

 

Di bawah kepemimpinannya, Ricky berhasil menyumbang kesuksesan yang luar biasa di setiap merek mobil Jepang yang pernah ia kelola. Atas dedikasi dan kontribusinya tersebut, Ricky dianugerahi sebagai Best Sales in Independent Distributor Category oleh Mazda Corporation di tahun 2018.(Tim Liputan).

Editor : Lan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini