Akibat Karhutla, Ketapang Mulai Dikepung Kabut Asap Tipis

Editor: Redaksi author photo

Akibat Karhutla, Ketapang  Mulai Dikepung Kabut Asap Tipis

KALBARNEWS.CO.ID (KETAPANG)
- Akibat musim panas berkepanjangan sehingga mengakibatkan banyak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang makin meluas di beberapa Kecamatan di Kabupaten Ketapang mengakibatkan banyak titik api (hot spot). Terdapat sedikitnya 463 titik api di Ketapang dan ini menunjukkan titik api tertinggi di Kalbar. 


Pantauan satelit pada Senin, (21 Agustus 2023) pukul 07.30 WIB, kabut asap tipis menyelimuti Kota Ketapang, sementara masih banyak  masyarakat dan pelajar yang berangkat ke sekolah belum memakai masker.


Jarak pandang juga mengalami penurunan. Rilis BMKG Kalbar yang diteruskan Station Meteorologi Bandara Rahadi Oesman bahwa jarak pandang pagi ini hanya mencapai 1.500 meter.


Sementara itu kemungkinan hujan di Ketapang menurut analisa BMKG masih belum akan terjadi. Ini mengisyaratkan kemungkinan cuaca memburuk karena Karhutla akan terjadi dalam 2 - 3 hari mendatang. 


Dari pantauan satelit, titik panas di Ketapang terpantau di 9 Kecamatan yakni Kecamatan Matan Hilir Selatan, Riam Danau, Manis Mata, Kendawangan, Nanga Tayap, Sandai, Hulu Sungai, Sungai Laur dan Simpang Dua.


Sebanyak 463 titik panas (hot spot) dari hasil pemotretan Citra satelit menandakan bahwa terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang terditeksi karena adanya anomali panas di satu wilayah sehingga menempatkan Kalbar sebagai daerah terbanyak memiliki titik panas. Akumulatif titik panas di Kalbar tercatat mencapai 1.292 hot spot . (Fendi's).

Editor : Lan

Share:
Komentar

Berita Terkini