PLN Resmikan Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan Khatulistiwa Di Kalbar

Editor: Redaksi author photo
Peresmian Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) Khatulistiwa Di Kalbar
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – Guna terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam suplay kelistrikan, PLN meresmikan Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) Khatulistiwa untuk wilayah Kalimantan Barat yang dipusatkan di Gardu Induk Kota Baru Pontianak pada hari Senin (05 Juni 2023).

Dalam sambutannya Direktur Transmisi dan Perencanaan Sistem, Evy Haryadi mengungkapkan, bahwa peresmian Tim PDKB Sistem Gardu Induk wilayah Kalimantan Barat ini di bawah UP3B Kalbar dan merupakan program perluasan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) yang sudah berjalan di beberapa daerah.

“Ini merupakan perluasan dari PDKB jaringan yang sudah dijalankan semuanya dari tahun 2019. Jadi kita kembangkan PDKB Gardu Induk ini,” ujar Evy.

Evy Haryadi menjelaskan bahwa adanya Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) Khatulistiwa ini untuk peningkatan pelayanan PLN kepada pelanggan, sehingga tidak perlu dilakukan pemadaman jika ada pemeliharaan.

Direktur Transmisi dan Perencanaan Sistem PLN ini mengatakan bahwa Pasukan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) adalah pasukan elit milik PLN yang terlatih melakukan pemeliharaan, perbaikan, dan pergantian isolator, konduktor maupun komponen lainnya pada jaringan listrik tanpa memadamkan aliran listrik, sehingga masyarakat tetap dapat menikmati listrik.

“Kita punya komite PDKB secara nasional, mereka melakukan updating seluruh SOP yang ada. Jika ada pekerjaan baru maka komite ini akan melakukan evaluasi seperti apa pekerjaan yang akan dilakukan dan mengecek kompetensi seluruh personelnya. Oleh karena kita sangat mengedepankan menjaga keselamatan personel,” jelas Evy.

Hal senada disampaikan General Manager PLN Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran Kalimantan, Abdul Salam Nganro, Ia mengatakan bahwa Tim PDKB Khatulistiwa ini sudah ada sejak 2019 lalu dengan terbentuknya Tim PDKB Tegangan tinggi dan Tegangan Extra Tinggi (TT/TET), dan terbentuknya Tim PDKB Gardu Induk Pertama di Kalimantan.

Kemudian dilanjutkan pada tahun 2022 dilakukan pengadaan alat PDKB Gardu Induk UP3B Kalbar, setelah itu pada tahun 2023 dilakukan usulan Tim PDKB GI UP3B Kalbar Training dan Peresmian GI UP3B Kalbar.

“Di Kalimantan ini ada 38 anggota PDKB, kita usulkan ditambah lagi menjadi 25 untuk melengkapi PDKB Kalbar, Kalsel, dan Kaltim ini. Untuk di Kalbar ini mereka sedang menjalankan training dan diharapkan semuanya lulus,” jelasnya.

Acara peresmian Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) Khatulistiwa ittu diakhiri dengan simulasi penanganan gangguan arus listri dan ditangani oleh Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) Khatulistiwa dengan cepat dan sefty berstandar dan dilakukan systimatis yang bisa terpantau langsung oleh System kerja PLN. (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini