Menko PMK: Penanganan Stunting Kubu Raya Cukup Bagus

Editor: Redaksi author photo

 Menko PMK: Penanganan Stunting Kubu Raya Cukup Bagus
KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan kunjungannya ke Desa Mekar Sari, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya untuk melihat secara langsung penanganan stunting.

Menurutnya berdasarkan catatan dari Kementerian Kesehatan hasil dari Data Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) angka stunting masih relatif tinggi, yang angka stuntingnya 27,6 persen. Akan tetapi kalau berdasarkan pada data e-PPGBM, angka stunting cukup rendah, sehingga penanganannya cukup bagus, karena Pak Bupati melakukan terobosan-terobasan.

"Ini cukup bagus, karena semua warga miskin di sini, ditanggung BPJS nya, yang tidak dari pemerintah pusat, akan tetapi ditanggung dari anggaran APBD," ujarnya ditemui usai Kunjungannya  di Desa Mekar Sari, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya-Kalimantan Barat, pada Jumat 26 Mei 2023.

Dalam kesempatan itu, turut hadir Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, Kepala BKKBN Provinsi Kalbar Pintauli Romangasi Siregar, Kepala Desa Mekar Sari, serta sejumlah Kepala Dinas di Kabupaten Kubu Raya.

Menko PMK kembali mengatakan terobosan selanjutnya,  Pak Bupati Kubu Raya juga secara mandiri melakukan pengadaan  USG Portable yang bisa dibawa dari Posyandu yang satu ke Posyandu yang lain. Sehingga ibu-ibu hamil tidak perlu periksa ke hamilan ke Puskesmas, tapi cukup ke Posyandu saja periksa kehamilannya secara periodik. 

"Ini menurut saya sangat  bagus, untuk memastikan bahwa janin yang ada di dalam kandungan yang ibu yang sedang hamil tersebut aman, tidak punya potensi menjadi stunting, atau penyakit bawaan yang lain sehingga nanti ketika ada gejala-gejala itu, bisa segera diatasi," ujarnya.

Angka kemiskinan ekstrem di Kubu Raya ini rendah, kata  Menko PMK, hanya  berkisar 0,38, akan tetapi mengapa prevalensi stuntingnya beda. 

"Makanya saya heran mengapa prevalensi stuntingnya, kok beda dengan kemiskinan ekstremnya," tegasnya.

Pada acara Dialog bersama ibu-ibu warga Desa Mekar Sari, Menko PMK Muhajir mengatakan kalau ada yang stunting tidak perlu khawatir, biasa, yang penting di beritahu serta ditangani. 

"Jika ada anaknya stunting, tak perlu khawatir, tetapi ditangani dengan cara berat badannya dinaikan, tinggi badannya dinaikan, agar tidak stunting. Jadi jangan malu, tapi harus di beritahu," jelasnya, sembari menambahkan masyarakat Mekar Sari sangat luar biasa.

Pada kesempatan itu, Menko PMK Muhajir Effendi berdialog dan memberi pertanya kepada ibu-ibu warga Mekar Sari seputar kesehatan, dan bagi yang berhasil menjawab dengan benar diberi hadiah, yang pertanyaanya adalah agar bayinya sehat, apa saja asupan makanan yang diberikan.      

Sementara itu Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan dalam penanganan stunting di Kubu Raya, lebih memfokuskan deteksi awal, karena yang diutamakan kepada ibu hamil yang proses 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). 

"Ini yang paling utama yang kita lakukan untuk mencegah stunting," tegasnya.    

Bahkan, lanjut Muda, yang dilakukan kepada pasangan calon pengantin juga dilakukan penanganan melalui petugas dari Puskesmas, yang melakukan penguatan. 

Kemudian portable USG juga salah satu upaya mengedukasi masyarakat supaya mereka mengerti apa yang sudah dijelaskan, supaya lebih paham serta kepedulian suami dan yang lain juga muncul.

"Intervensi kita yang lain juga terkait dengan makanan tambahan, yang melibatkan semua dinas ikut bergerak termasuk dari PAUD-PAUD yang ada. Jadi pengawalan kita lakukan ini yang penting. Kemudian untuk ibu-ibu hamil melalui makanan tambahan di Posyandu," jelasnya. *

Kepala BKKBN Kalbar mengucapkan terima kasih atas kehadiran Menko PMK Muhadjir Effendy ke Kabupaten Kubu Raya-Kalimantan Barat ini.

"Atas kunjungan Menko PMK ini semoga menjadi penyemangat bagi kami semua, dalam upaya percepatan penurunan stunting di Kalbar ini," harapnya. 

Pintauli menambahkan kegiatan tersebut sangat baik, karena selain berdialog, Menko PMK Muhadjir Effendy  juga memberikan bantuan makanan bergizi untuk anak-anak stunting di  Desa Mekar Sari Kabupaten Kubu Raya. (BP)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini