Upacara Istimewa Di Usia Ke-59 Bank Kalbar, Kinerja Kian Gemilang Pelayanan Semakin Baik

Editor: Redaksi author photo

Upacara Istimewa Di Usia Ke-59 Bank Kalbar,  Kinerja Kian Gemilang Pelayanan Semakin Baik
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Pupuk budaya bangga pada institusi, Bank Pembangunan Daerah Kalimantan barat atau dikenal dengan Bank Kalbar selenggarakan upacara akbar memperingati hari ulang tahunnya yang ke-59 untuk pertama kalinya di halaman Kantor Gubernur Kalbar Sebagai bentuk dukungan kepada Bank Kebanggaan Masyarakat Kalimantan Barat ini, hadir pada upacara dimaksud jajaran kepala Dinas, Kepala OPD, Kepala Badan pada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Bupati dan Walikota se Kalimantan Barat, seluruh jajaran manajemen, Karyawan dan Karyawati, Pensiunan serta nasabah setia Bank Kalbar. Dalam sambutannya Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji mengingatkan seluruh jajaran Bank Kalbar agar terus meningkatkan kinerja secara professional memberikan layanan terbaik dan tulus kepada nasabah. Menurutnya, kinerja dan citra Bank Kalbar sangat ditentukan dengan profesionalitas dan kualitas sumber daya manusianya yang ada di dalamnya. (26 April 2023).

 “Saya harap semuanya profesional. Karena institusi seperti perbankan sangat memerlukan kepercayaan oleh karenanya berikanlah layanan dengan senyum, saya minta kepada seluruh jajaran manajemen dan pemimpin untuk menjadikan perhatian hal ini” tuturnya.

 Beliau meminta jajaran direksi Bank Kalbar serius memperhatikan para petugas pada garda depan yang memberikan layanan, harus sesuai antara penampilan dengan layanan yang diberikan harus profesional. “ Kalau ada yang tidak bisa senyum jangan ditempatkan di front office begitupula dengan tenaga security, penampilan dan layanannya harus professional juga jangan asal-asalan,” imbuhnya.

 Kerja Tim yang solid dan profesional membuat Bank Kalbar mampu menorehkan kinerja yang baik dan tumbuh berkesinambungan. Hal itu tercermin dari indikator kinerja perbankan, salah satunya adalah adanya kenaikan laba bersih. Di samping itu, lanjutnya, bank ini mampu menekan angka kredit macet atau Non Performing Loan (NPL) khususnya pada lima tahun terakhir ini.

 “Banyak yang sudah kita perbaiki, antara lain NPL Bank Kalbar sudah dibawah dua persen, yang sebelumnya di atas dua persen,” tuturnya.

 Orang nomor satu di Kalbar ini berharap, Bank Kalbar sebagai salah satu BUMD pemberi kontribusi pada PAD Kalbar terus maju dan berkembang serta mampu memberikan kontribusi yang baik dalam pembangunan di Kalimantan Barat.

 Setelah gelar upacara selesai, dilanjutkan dengan kegiatan syukuran yang dilaksanakan di Aula Garuda Kantor Gubernur Kalbar. Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama Bank Kalbar, Rokidi bersyukur bahwa bank kite punye kite ini masih tetap eksis dan dirasakan kontribusinya dalam membangun daerah.

 Rokidi menyampaikan, kinerja Bank Kalbar sampai dengan Desember 2022, tercatat memiliki aset Rp23,46 Triliun, kredit Rp14,5 Triliun, DPK Rp17,5 Triliun, laba Rp424,4 Miliar, dengan NPL hanya sebesar 1,75 persen.

 “Saat ini Gubernur meminta supaya NPL kami bisa sampai pada angka 1,5 persen. Mudah-mudahan ini bisa terwujud,” ucapnya.

 Kinerja Bank Kalbar Syariah juga tidak dapat dipandang sebelah mata imbuhnya. Rokidi menyebut, Bank Kalbar Syariah memiliki total aset Rp2,156 Triliun, pembiayaan Rp1,2 Triliun, DPK Rp936 Miliar, dan laba Rp96,3 Miliar. “Yang paling membanggakan adalah NPL hanya 0,18 persen,” sebutnya.

Kinerja Bank Kalbar selama ini telah mendapatkan apresiasi dan pengakuan dari banyak lembaga pemeringkat independen. Terbaru, Bank Kalbar berhasil meraih penghargaan TOP BUMD kategori bintang 5 untuk kategori BPD untuk pertama kalinya. Tak hanya itu, dua penghargaan lainnya juga diterima dalam ajang bergengsi tingkat nasional tersebut. Kedua penerima penghargaan itu adalah Gubernur Kalbar Sutarmidji sebagai Top Pembina BUMD 2023 dan Direktur Utama Bank Kalbar Rokidi sebagai Top CEO BUMD 2023.

 Para pensiunan Bank Kalbar yang diundang mengungkapkan rasa bangga dan haru atas capaian kinerja Bank Kalbar, Ini merupakan Upacara Istimewa karena selama usia Bank Kalbar berdiri baru kali ini upacara memperingati HUT Bank Kalbar di lakukan di Kantor Gubernur dengan Pembina Upacara Bapak Gubernur Kalbar selaku Pemegang Saham Pengendali, imbuh beberapa pensiunan yang hadir.

 Diisi Anak Muda Berkompeten Dipenghujung kegiatan syukuran, Rokidi menyampaikan harapan untuk Bank Kalbar yang kini telah berusia 59 tahun. Dia menuturkan, Bank Kalbar terus melakukan reformasi guna menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Transformasi digital merupakan salah satu langkah yang sedang dilakukan Bank Kalbar untuk menjawab kebutuhan nasabah yang kian melek teknologi.

 “Walau begitu, sekarang ini kami belum merasa puas dengan perkembangan digital yang telah kami lakukan, salah satunya adalah menerapkan teknologi digital dan saat ini kami sedang dalam tahap pembangunan infrastruktur digital dalam rangka mempersiapkan dukungan pada Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025. Kita sudah berupaya memenuhi apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, tapi tiba-tiba berubah lagi kebutuhannya,” jelasnya.

 Perubahan teknologi yang begitu pesat itulah yang menjadi tantangan tersendiri bagi Bank Kalbar untuk terus berlari melakukan penyesuaian-penyesuaian yang dibutuhkan dalam dunia perbankan.

 Untuk menjawab tantangan yang ada, berbagai upaya terus dilakukan. Salah satunya adalah dengan mempercepat kompetensi anak-anak muda Bank Kalbar untuk menempati posisi-posisi penting.

 “Kami bercita-cita Bank Kalbar ini diisi oleh anak muda professional, berkompeten dan inovatif. Saat ini pejabat di lingkungan Bank Kalbar telah 80 persen diisi anak muda,” ujarnya.

 Rokidi yakin, anak-anak muda yang inovatif dan kompeten didukung jiwa semangat serta profesionalitas yang tinggi dapat mempercepat pengembangan produk dan layanan berbasis teknologi digital, perkembangan ini akan meningkatkan daya saing kinerja perbankan, serta mempertahankan layanan yang selama ini telah berjalan dengan baik.

 Walau begitu, Rokidi meyakinkan bahwa seleksi untuk jabatan-jabatan dari level terbawah hingga level tertinggi berjalan secara profesional sesuai dengan aturan perusahaan yang berlaku. Pemilihan pejabat ditentukan berdasarkan kemampuan dan kompetensi bukan karena hubungan kekerabatan atau lainnya” pungkasnya.

 Kegiatan syukuran HUT ke-59 Bank Kalbar juga diisi oleh ceramah yang disampaikan oleh Ustadz Anas Said Azzubi. Selain itu, dalam acara tersebut dirangkaikan pula dengan penyerahan CSR sebagai bentuk kepedulian Bank Kalbar kepada masyarakat berupa bantuan beasiswa untuk siswa berprestasi dan penghafal Quran, serta tenaga kebersihan. Dalam momen ini dilakukan pula penyerahan secara simbolis penerima program KUM Peduli, KUR, dan penyerahan Kunci rumah Debitur KPRS. (Tim Liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini