SMK Negeri 4 Pontianak MoU P3MB-KMC Gelar Uji Sertifikasi Kompetensi Operator Utama SIG Level 4

Editor: Redaksi author photo
SMK Negeri 4 Pontianak MoU P3MB-KMC Gelar Uji Sertifikasi 
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - SMK Negeri 4 Pontianak bekerjasama dengan Pusat Pelatihan Dan Pengenalan Mineral dan Batubara Kalbar Mineral Center (P3MB-KMC) serta LSP Geospasial dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menyelenggarakan Uji Sertifikasi Kompetensi (USK) Operator Utama SIG Level 4 pada tanggal 19 Maret 2023  di Pontianak Kalimantan Barat. 

Melalui kerjasama antara Lembaga Pendidikan, Lembaga Pelatihan dan Dunia Industri serta Lembaga Sertifikasi yang berkompeten, maka kegiatan Uji Sertifikasi Kompetensi Operator Utama Sistim Informasi Geografis (SIG) Level 4 ini dapat dilaksanakan di Pontianak dengan  Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang sudah ditentukan yaitu di SMK Negeri 4 Pontianak, dan para peserta tidak perlu lagi mengeluarkan biaya pergi keluar daerah tapi cukup untuk mengikuti Uji Sertifikasi kompetensi di Pontianak dengan biaya terjangkau. 

Latar belakang kegiatan Uji Sertifikasi Kompetensi SIG di Pontianak ini untuk memenuhi kebutuhan sertifikasi disektor Informasi Geospasial kepada para tenaga kerja berbasis Sistem Informasi Geografis serta tersosialisasikan sertifikasi ini kepada para Profesi, Akademisi dan Industry sektor Informasi Geospasial di Kalimantan Barat. 

Adapun tujuan kegiatan tersebut diatas adalah bahwa tenaga kerja setelah mempunyai keahlian terkait SIG atau setelah mengikuti pelatihan kerja yang diselenggarakan Lembaga Pelatihan Kerja Pemerintah, Swasta atau Pelatihan di Tempat Kerja, maka berhak memperoleh pengakuan kompetensi kerja yang harus dibuktikan dengan sertifikat kompetensi yang diperoleh melalui Uji Seritikasi Kompetensi dari Lembaga sertifikasi Profesi (LSP). 

Kegiatan Uji Sertifikasi Kompetensi SIG Level 4 yang dilaksanakan di TUK SMK Negeri 4 Pontianak ini dilaksanakan bersamaan  dengan  Penanda tanganan MoU atau Kesepakatan Bersama antara SMK Negeri 4 Pontianak dengan Pusat Pelatihan dan Pengenalan Mineral dan Batubara Kalbar Mineral Center (P3MB-KMC) tentang Pelatihan dan Pemanfaatan Informasi Geospasial. 

Kemudian peserta yang mengikuti kegiatan berasal dari unsur mahasiswa dan pelaku usaha,  namun belum memiliki Sertifikat Profesi SIG. 

Adapun yang menjadi dasar kegiatan tersebut adalah berkaitan Undang-Undang Nomor 4 tahun 2011 tentang Informasi Geospasial serta didukung dengan Keputusan Menteri tenaga kerja RI Nomor 172 Tahun 2020 tentang SKKNI Bidang Informasi Geospasial. 

Sementara itu Ketua Pusat Pelatihan dan Pengenalan Mineral dan Batubara Kalbar Mineral Center, Agustinus Nopi menjelaskan kronologis sehingga terlaksananya kegiatan Uji Sertifikasi Kompetensi SIG di TUK SMK Negeri 4 Pontianak, serta  akan fokus antara lain bahwa P3MB-KMC akan menjadi salah satu lembaga pendidikan non formal yang konsisten mengembangkan Informasi Geospasial bekerjasama dengan dunia pendidikan dan dunia usaha.

"Menjadi mitra kerja pemerintah dalam mengembangkan data dan Informasi geospasial, meningkatkan kompetensi para tenaga kerja disektor Informasi geospasial, serta mendukung pengembangan data dan informasi geospasial  untuk semua aspek," ujarnya. 

Kepala Sekolah SMK Negeri 4 Pontianak, Drs. Rohmadi Suhariyanto, dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan menyampaikan ucapan terima kasih dan memberikan apresiasi keada Pengda IAGI Kalbar, PERHAPI Kalbar dan ATBI Kalbar yang telah memberikan dukungan.

"Kita terima kasih atas dukungan dan support kepada kegiatan Uji Sertifikasi Kompetensi Operator Utama SIG level 4 yang baru pertama kali dilaksanakan di TUK SMK Negeri 4 Pontianak," ucapnya bangga.

Rohmadi Suhariyanto mengatakan kegiatan Uji Sertifikasi Kompetensi Operator SIG ini dapat benar-benar nantinya akan memberikan pengakuan kepada para tenaga kerja yang akan mencari kerja atau sudah bekerja dengan dibuktikan adanya sertifikat kompeten  yang nantinya bisa dipakai dalam menunjukan keahliannya, atau ke profesionalan yang dimilikinya sehingga bisa digunakan untuk meningkatkan karier, kedudukan dan usahanya.

Ia melanjutkan Kegiatan Uji Sertifikasi Kompetensi Operator Utama SIG Level 4, dilaksanakan di SMK negeri 4 Pontianak ini mendapatkan dukungan dari Asosiasi Profesi sektor Kebumian antara lain Pengurus Daerah IAGI Kalbar, Perwakilan PERHAPI Kalbar, ATBI Kalbar dan Dunia Pendidikan, dari Fakultas Teknik Jurusan pertambangan, FKIP Untan Prodi Geografi serta IKIP PGRI Prodi Geografi. 

Rohmadi Suhariyanto menjelaskan adapun kegiatan penanda tanganan kesepakatan  bersama atau MoU  yang dilaksanakan antara SMK Negeri 4 Pontianak dengan Pusat Pelatihan dan Pengenalan Mineral dan Batubara Kalbar Minerals Center tentang Pelatihan tentang pemanfaatan informasi Geospasial, diharapkan dapat ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama  kedua pihak sesuai dengan ruang lingkup yang tercantum dalam naskah kesepakatan bersama antara lain.  

Pelatihan SIG dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Provinsi Kalimantan Barat, Penyelenggaraan kegiatan Uji Sertifikat Kompetensi SIG, Pendayagunaan Sumber Daya Manusia, Prasarana, dan Sarana untuk Pengembangan Informasi Geospasial serta sosialisasi dan seminar. (tim liputan)*

Editor : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini