Telkomsel dan ZTE Berkolaborasi Dalam Uji Coba Pemanfaatan Jaringan 5G di Kawasan Maritim Indonesia

Editor: Redaksi author photo

Telkomsel dan ZTE Berkolaborasi Dalam Uji Coba Pemanfaatan Jaringan 5G
KALBARNEWS.CO.ID (BARCELONA) -- Telkomsel melanjutkan komitmennya sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia bersama ZTE Corporation dalam kolaborasi terbaru untuk bersinergi menguji peningkatan kapabilitas jaringan 5G berbasis pita frekuensi 2.3GHz yang dapat meningkatkan jangkauan layanan broadband untuk kawasan maritim. Kerja sama strategis ini dipresentasikan bersamaan dengan perhelatan Mobile World Conference di Barcelona pada 27 Februari 2023. Kolaborasi ini bertujuan mendukung akselerasi pertumbuhan ekonomi nasional yang kian pesat melalui penyediaan konektivitas digital bagi pengembangan sektor perikanan dan wisata bahari, sekaligus memenuhi peningkatan permintaan akses komunikasi di wilayah maritim potensial di Indonesia. Selasa (28 Februari 2023).

Uji coba ini dilaksanakan di provinsi Gorontalo, salah satu wilayah dengan potensi kelautan terbesar di Indonesia yang memiliki garis pantai sepanjang 903,7 km, dimana sektor maritim menjadi salah satu andalan bagi perekonomian daerah. Data dari Dinas Kelautan dan Perikanan menyebutkan bahwa pada tahun 2019 terdapat 19.013 nelayan yang menggantungkan hidupnya di laut. Dengan demikian, ketersediaan infrastruktur jaringan komunikasi dan akses internet menjadi salah satu kebutuhan penting guna mendukung pertumbuhan dan percepatan perekonomian berbasis digital.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengungkapkan, "Telkomsel secara konsisten terus memperkuat kapabilitas utamanya dalam penyediaan jaringan dan layanan telekomunikasi berteknologi terkini yang sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat. Dengan berkolaborasi secara strategis bersama para pelaku lintas industri seperti ZTE, Telkomsel dapat mendorong realisasi peta jalan transformasi digital nasional melalui pemanfaatan teknologi 5G yang inovatif. Kami harap kolaborasi pengujian ketersediaan layanan broadband 5G, yang kali ini difokuskan pada sektor kemaritiman, dapat semakin membuka peluang akses telekomunikasi digital yang lebih baik, yang sekaligus akan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi digital di wilayah Gorontalo secara lebih inklusif dan berkelanjutan."

"Kami senang dapat kembali berkolaborasi dengan Telkomsel untuk membangun jaringan 5G di Gorontalo, Sulawesi Utara. Melalui kolaborasi ini, ZTE menghadirkan pengalaman konektivitas yang diharapkan mampu mendorong kemajuan yang lebih komprehensif bagi masyarakat Gorontalo. Lebih lanjut, kolaborasi ini juga mendorong hadirnya kesempatan yang merata bagi seluruh masyarakat di wilayah maritim Indonesia untuk mendapatkan akses pengalaman gaya hidup digital terdepan. Sebagai perusahaan teknologi terdepan, ZTE berkomitmen untuk dapat terus mendorong ekosistem digital di Indonesia dengan menghadirkan berbagai solusi serta produk inovatif untuk memberikan pengalaman terbaik bagi masyarakat," ujar Richard Liang Weiqi, Presiden Direktur, ZTE Indonesia.

Dalam kolaborasi ini, solusi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas dan cakupan jaringan broadband di wilayah maritim Indonesia adalah perangkat radio 5G dari ZTE dengan teknologi Active Antenna yang dapat menjangkau hingga radius 60 km.

Hingga saat ini, Telkomsel secara bertahap dan terukur berkomitmen untuk terus mengembangkan dan memperluas cakupan teknologi jaringan broadband terdepan 4G/LTE dan 5G di seluruh Indonesia dalam rangka menghadirkan pemerataan kualitas layanan bagi seluruh masyarakat hingga pelosok negeri. Dengan secara konsisten memperkuat ekosistem pemanfaatan teknologi 5G, baik pada segmen consumer (B2C) maupun enterprise (B2B), Telkomsel berupaya mempercepat laju transformasi digital nasional dan mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia di berbagai sektor. Perluasan cakupan 5G di wilayah maritim Indonesia diharapkan dapat mendukung lebih banyak aktivitas ekonomi seperti pelayaran, perikanan, dan pariwisata.

Tentang Telkomsel (www.telkomsel.com)

Telkomsel merupakan perusahaan telekomunikasi digital terdepan yang terus berupaya untuk membuka lebih banyak peluang dan kemungkinan dengan menghadirkan digital connectivity, digital platform, dan digital services yang dikembangkan dengan mengutamakan kemanfaatan teknologi bagi seluruh lapisan masyarakat hingga penjuru negeri. Telkomsel secara konsisten melakukan pemerataan jaringan mobile broadband 4G dan pengembangan 5G, serta memperluas ragam layanan dan solusi digital inovatif, seperti Mobile Gaming, Digital Entertainment, Digital Lifestyle, Mobile Financial Services, Enterprise Solutions, dan Internet of Things. Selama 27 tahun berdiri, Telkomsel kini hadir untuk melayani lebih dari 159,8 juta pelanggan yang tersebar hingga ke wilayah terdalam dan terluar Indonesia dengan dukungan lebih dari 260.000 BTS.

ZTE membantu menghubungkan seluruh dunia dengan inovasi berkelanjutan untuk masa depan yang lebih baik. Perusahaan menyediakan teknologi inovatif dan solusi terintegrasi, portofolionya mencakup seluruh rangkaian nirkabel, kabel, perangkat, dan layanan telekomunikasi profesional. Melayani lebih dari seperempat populasi global, ZTE berdedikasi untuk menciptakan ekosistem digital dan cerdas, serta memungkinkan konektivitas dan kepercayaan di mana saja.

 

Share:
Komentar

Berita Terkini