Kintone Enam Kali Berturut-Turut Tercantum Dalam Gartner Magic Quadrant For Enterprise Low-Code Application Platforms

Editor: Redaksi author photo

Kintone Enam Kali Berturut-Turut Tercantum Dalam Gartner Magic Quadrant For Enterprise Low-Code Application Platforms
KALBARNEWS.CO.ID (KUALA LUMPUR) -- Kintone, platform digital workplace terpadu yang mudah dikustomisasi dan dirancang untuk kerja tim, tercantum dalam publikasi riset terbaru "Gartner® Magic Quadrant™ for Enterprise Low-Code Application Platforms* (LCAP)". Sebagai salah satu dari 17 vendor yang tercantum tahun ini, Gartner telah enam kali berturut-turut memilih Kintone dalam publikasi LCAP tersebut. Rabu (15 Februari 2023).

Definisi LCAP mengacu pada "platform aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan dan menerapkan aplikasi khusus secara cepat dengan menggeneralisasi dan mengurangi atau menggantikan kode pemrograman penting dalam pembuatan aplikasi". Berikut kriteria minimum yang harus dimiliki sebuah platform aplikasi agar tergolong sebagai LCAP:

·  Fitur low-code (seperti pendekatan pemrograman yang berorientasi pada model atau grafis dengan scripting) untuk mengembangkan sebuah aplikasi lengkap,

·  dukungan pengembangan aplikasi yang terdiri atas antarmuka pengguna (user interface),

·  business logic, alur kerja, dan layanan data,

·  serta pengetesan, implementasi, dan pengelolaan aplikasi yang lebih simpel.

Di tengah transisi global menuju pendekatan low-code dan no-code sebagai metode pengembangan perangkat lunak, publikasi riset Gartner tahun ini memprediksi, pada 2025, segmen pasar LCAP bagi pengguna perusahaan (enterprise) menjadi bagian dari teknologi pengembangan low-code dengan nilai pendapatan yang segera mencapai US$ 29 miliar. Secara khusus, ekspansi segmen LCAP diproyeksikan mencapai US$ 14,38 miliar dengan laju pertumbuhan rata-rata tahunan sebesar 26,4%. Menurut publikasi riset Gartner, "LCAP yang tersedia bagi beragam kalangan pengembang akan menjadi solusi yang umum dipakai. Apalagi, perusahaan TI konservatif yang sebelumnya enggan melakukan modernisasi dan otomatisasi kini memanfaatkan LCAP untuk bertransisi menuju cloud, mewujudkan pengalaman pengguna perangkat seluler, mengatasi keterbatasan keahlian dan sarana, serta mempercepat jangka waktu implementasi."

Mengomentari pengakuan Gartner tersebut, Yoshihisa Aono, CEO, Kintone developer Cybozu Inc, berkata, "Kami mendapat kehormatan setelah enam kali berturut-turut tercantum dalam publikasi riset 'Gartner Magic Quadrant for Enterprise Low-Code Application Platforms'. Berbagai perusahaan semakin membutuhkan fleksibilitas, kolaborasi, dan otonomi. Di sisi lain, permintaan pelanggan atas LCAP menjadi salah satu aspek yang mendorong tren tersebut. Meski Kintone telah meraih banyak kesuksesan dengan membantu tim kerja mendesain sarana kerja kolaboratif yang mudah dikustomisasi, kami akan terus membangun keunggulan Kintone sebagai platform no-code yang tersentralisasi dan sangat kolaboratif. Hal ini sejalan dengan visi kami tentang masa depan dunia kerja."

Sepanjang 2022, Kintone terus meningkatkan produk dengan fitur dan fungsionalitas baru. Platform tersebut kini digunakan lebih dari 25.000 pelanggan di seluruh dunia, mulai dari UKM hingga perusahaan multinasional. Ekosistem mitra Kintone, terdiri atas praktisi TI, dan komunitas pengembang, secara kolektif membangun dan mengimplementasikan lebih dari dua juta aplikasi.

Publikasi terbaru "Gartner Magic Quadrant for Enterprise Low-Code Application Platforms" dapat diunduh lewat tautan ini.

*Referensi: Gartner, Magic Quadrant for Enterprise Low-Code Application Platforms, Paul Vincent, Kimihiko Iijima, Adrian Leow, Mike West, Oleksandr Matvitskyy, 31 Desember 2022

GARTNER adalah merek dagang terdaftar dan merek layanan Gartner, sedangkan, "Magic Quadrant" merupakan merek dagang terdaftar milik Gartner, Inc. dan/atau perusahaan afiliasinya di Amerika Serikat dan pasar internasional. Pencantuman merek Gartner dalam rilis berita ini dilakukan dengan izin Gartner. Seluruh hak dilindungi undang-undang.

Sanggahan: Gartner tidak mendukung vendor, produk, atau layanan apa pun yang tercantum dalam publikasi risetnya. Gartner juga tidak menganjurkan pengguna teknologi untuk sekadar memilih vendor dengan peringkat tertinggi atau sebutan lainnya. Publikasi riset Gartner berisi opini dari lembaga riset Gartner, dan tidak boleh ditafsirkan sebagai pernyataan fakta. Gartner menafikan semua jaminan, baik tersirat maupun tersurat, sehubungan dengan penelitian ini, termasuk jaminan kelayakan untuk diperdagangkan atau kesesuaian produk untuk tujuan pemakaian tertentu.

Kintone Southeast Asia Sdn. Bhd. berbasis di Kuala Lumpur, Malaysia, serta memiliki mitra konsultan dan mitra produk yang menyediakan layanan onboarding dan kustomisasi Kintone di 11 negara: Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Korea Selatan, Vietnam, Indonesia, Myanmar, Kamboja, Laos, dan India. (Tim Liputan).

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini