Sembilan Replika Naga Siap Ditampilkan Pada Perayaan Imlek Singkawang

Editor: Redaksi author photo

Sembilan Replika Naga Siap Ditampilkan Pada Perayaan Imlek Singkawang
KALBARNEWS.CO.ID (SINGKAWANG) - Santo Yosep Singkawang Group sudah menyelesaikan pembuatan sembilan replika naga yang akan ditampilkan untuk memeriahkan perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat. Selasa (17 Januari 2023).

"Saat ini (replika naga) sudah berada di Swimming Pool Pucuk Merah Garden Kota Singkawang," kata Bong Sin Fo, ketua panitia pembuatan sembilan replika naga, di Singkawang.

Menurut dia, sembilan replika naga itu dibuat di Sungai Pinyuh dan proses perancangan hingga pembuatannya membutuhkan waktu lebih dari setelah tahun.

Ketika ditanya mengenai biaya pembuatannya, Bong Sin Fo mengatakan, "Relatif lah ya... Tidak perlu kita sebutkan. Yang penting kita sudah ikut memeriahkan perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Kota Singkawang." 

Dia mengatakan bahwa sembilan replika naga itu juga akan ditampilkan dalam pawai lampion pada 3 Februari 2023 malam.

"Sembilan replika naga ini kira-kira akan dimainkan oleh 500 orang secara bergantian, mengingat rute yang dilalui juga cukup jauh," katanya.

Sebelum dibawa turun ke jalan, ritual buka mata akan dilakukan pada sembilan replika naga tersebut di Vihara Tri Dharma Bumi Raya Singkawang.

Ritual buka mata rencananya dilaksanakan pada 3 Februari 2023 dari pukul 07.00 hingga 09.00 WIB.

Setelah prosesi ritual selesai, replika-replika naga itu akan dibawa ke kelenteng di Jalan Ponegoro dan GM Situt lalu dibawa kembali ke Pucuk Merah Garden Singkawang.

Saat ditampilkan dalam pawai lampion, sembilan replika naga tersebut akan dihiasi dengan lampu-lampu LED.

"Sore ini akan kita testing, supaya pada hari H sudah siap," kata Bong Sin Fo.

Dia berharap perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Kota Singkawang berjalan lancar dan aman.

"Semoga masyarakat Kota Singkawang juga benar-benar terhibur dengan apa yang disuguhkan oleh panitia pada perayaan," katanya.
(Tim Liputan).

Editor : Lan

Share:
Komentar

Berita Terkini