Potensi Curah Hujan Tinggi Di Sebagian Besar Kalbar, Waspadai Dampaknya

Editor: Redaksi author photo

Potensi Curah Hujan Tinggi Di Sebagian Besar Kalbar, Waspadai Dampaknya
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – Prediksi curah hujan pada bulan Januari akan terjadi peningkatan kemudian berpotensi menurun di akhir bulan. Curah hujan di wilayah Kalimantan Barat pada dasarian II Januari 2023 secara umum berkisar antara 15 s.d 100 mm/das. Curah hujan tertinggi sebesar 176 mm/das di kabupaten Bengkayang (Sanggau Ledo). Sifat hujan pada dasarian II Januari 2022 secara umum Bawah Normal - Normal. Jumat (20 Januari 2023).

Monitoring hari tanpa hujan di wilayah Kalimantan Barat pada dasarian II Januari 2023 secara umum berada pada kategori Sangat Pendek. HTH terpanjang adalah 15 hari yaitu di Kab. Sambas (BPP Sambas)

Prospek Kondisi Dinamika Atmosfer, Update kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukan

- ENSO : La Nina netral (indeks –0.33), diprakirakan Netral hingga Maret 2023;

- IOD : IOD Netral (indeks 0.33), diprakirakan Netral hingga akhir Juli 2023;

- Anomali Suhu Muka Laut sekitar perairan Kalimantan Barat : dalam kondisi mendingin (-0.25), diprakirakan akan berlangsung hingga Juli 2023.

- OLR :  sebagian wilayah Kalimantan Barat di bagian hulu diprediksi terdapat tutupan awan lebih banyak dibanding tepi pesisir Kalbar. Tutupan awan akan berkurang menjelang akhir dasarian III Januari 2023.

- Gerak angin : Terdapat potensi pusaran udara tertutup di perairan Kalimantan Barat yang berpotensi menyebabkan terjadinya pegumpulan massa udara di wilayah Kalimantan Barat secara sporadis.

Peluang curah hujan pada tanggal 21-31 Januari 2023

Curah hujan di Kalimantan Barat bulan Januari 2023 secara umum dipengaruhi oleh Suhu muka laut, OLR, dan gerak angin;

Curah hujan <100 mm/das dengan peluang >70% terjadi di sebagian wilayah kab/kota Mempawah, Ketapang, Landak, Kubu Raya.

Curah hujan >100 mm/das dengan peluang >70% terjadi di sebagian besar wilayah Kalimantan Barat.

Curah hujan >150 mm/das dengan peluang >70% terjadi di sebagian wilayah kab/kota Ketapang, Sambas, Sanggau, Bengkayang, Kapuas Hulu, Kayong Utara, Kubu Raya, Sekadau, Sintang.

 

Prakiraan curah hujan dari tanggal 21-31 januari 2023

Dari Tanggal 21 - 31 Januari 2023 secara umum diprakirakan kategori Menengah-Tinggi dengan curah hujan sekitar 100-300 mm/dasarian.

Curah hujan <100 mm/dasarian diprakirakan terjadi di sebagian kecil wilayah kab/kota Mempawah, Sambas, Ketapang, Kubu Raya, Kapuas Hulu, Sanggau, Melawi, Kayong Utara, Landak, Sintang.

Curah hujan diprakirakan menurun pada akhir dasarian.

Sifat hujan Secara umum diprakirakan sifat hujan Normal-Atas Normal. Sifat Bawah Normal terjadi di Sebagian kecil wilayah kab. Melawi.

Dengan kondisi ini di harapkan masyarakat tetap waspada akan terjadinya Potensi curah hujan tinggi di sebagian besar wilayah Kalimantan Barat, terutama sebagian wilayah kab/kota Ketapang, Sambas, Sanggau, Bengkayang, Kapuas Hulu, Kayong Utara, Kubu Raya, Sekadau, Sintang; waspadai dampaknya berupa banjir-genangan-longsor terutama pada wilayah-wilayah tersebut. (Tim Liputan).

Editor : Aan

 

 


Share:
Komentar

Berita Terkini