Pembangunan Pendopo Pemakaman Raudhatul Jannah Resmi Dimulai

Editor: Redaksi author photo

Asisten Administrasi dan Umum Drs. Alfian, M Si
KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Mewakili Gubernur Kalimantan Barat, Asisten Administrasi dan Umum Drs. Alfian, M Si, meletakkan Batu Pertama Pembangunan Pendopo Pemakaman Raudhatul Jannah yang berlokasi di Jalan Parit Rintis Desa Punggur Kecil, Kubu Raya. Selasa (31 Januari 2023).

Dengan dibangunnya pendopo ini menunjukan bahwa warga setempat tetap menghargai, mengingat dan mendoakan para ahli kubur dan pendahulu.

"Diharapkan dengan adanya pendopo ini akan membawa kita untuk lebih lagi giat mengadakan ziarah kubur, untuk memanjatkan doa-doa yang insya Allah semua dapat rahmat dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala," ujar Alfian.

Dirinya mengungkapkan bahwasanya agama Islam merupakan agama yang mengajarkan tentang berbagai hal yang erat hubungannya dengan ketuhanan (Hablum Minallah), dimana agama ini menggambarkan satu relasi antara Allah sebagai Khaliq dan Manusia sebagai Makhluq serta penanganan berbagai masalah sosial (Hablum Minan Nas) yang erat kaitannya dengan Haqqul Adami. 

"Termasuk di dalam ajaran ini adalah tata cara merawat dan memuliakan perkuburan sebagai pangkal sejarah dalam penyebaran agama di Indonesia," terangnya.

Seperti yang kita ketahui, selama ini makam dianggap mempunyai kesan angker dan menakutkan bagi sebagian masyarakat apalagi bila makam tersebut tidak terawat. Oleh sebab itu, dirinya berharap dengan dibangunnya pendopo ini nantinya menumbuhkan semangat umat dalam menjaga dan merawat komplek pemakaman bagi masyarakat itu sendiri.

"Padahal jika dilihat ke belakang para penghuni makam tidak sedikit yang berjasa bagi masyarakat terutama dalam penyebaran agama Islam, para syuhada dan pahlawan pembela bangsa, maka tidak ada salahnya jika kita yang masih hidup menjaga dengan baik makam-makam sebagai ungkapan rasa syukur atas jasa-jasanya termasuk dengan membuat pendopo dalam memudahkan bagi yang akan berziarah," jelasnya.(BP).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini