Dosen UNU Kalbar Gelar Pelatihan Teknik Budidaya Hidroponik

Editor: Redaksi author photo

 Dosen UNU Kalbar Gelar Pelatihan Teknik Budidaya Hidroponik
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – Dosen Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat (UNU Kalbar) melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Jalan Suhada Pontianak, 10 Januari 2023. Pada PKM kali ini, mereka mengajarkan teknik budidaya secara hidroponik kepada Ikatan Istri Karyawan dan Pensiunan Bank Tabungan Negara (IIKPA-BTN) KC Pontianak.

PKM tersebut terselenggara berkat kerja sama antara Program Studi (Prodi) Agroteknologi Fakultas Pertanian dan Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi UNU Kalbar. Kerja sama juga dilakukan dengan IIKPA-BTN. Dosen yang terlibat dalam kegiatan ini di antaranya Riko Prasetyo MP, Nidya Ramdhani Putri SP ME, Didik MP, dan didukung sejumlah mahasiswa.

“Teknik budidaya secara hidroponik sangat bermanfaat terutama untuk masyarakat perkotaan. Hal ini mengingat kondisi lahan sempit. Walau sempit bisa dimanfaatkan menanam seperti tanaman pakcoi, selada, seledri, kangkung. Tentunya dengan teknik hidroponik,” jelas Riko Prasetyo di kampusnya, Sabtu (21 Januari 2023).

Dijelaskan Riko, PKM ini mendapat dukungan dari  PT. Akcaya Agro Mandiri memberikan pelatihan budidaya hidroponik. Pelatihan budidaya hidroponik yang diberikan terdiri atas media air dan media tanah. 

“Kebetulan saya sebagai pemateri pertama memberikan teknik budidaya hidroponik media air. Teknik ini tanpa media tanah, melainkan dengan air. Air itu dicampur nutrisi atau unsur hara untuk mencukupi kebutuhan tanaman,” jelas Riko.

Sementara pemateri kedua yaitu Nidya Ramdhani. Ia memaparkan teknik hidroponik dengan media tanah. Berbeda dengan media air, media tanah itu terdiri atas cocopeat, tanah gembur ayak dan sekam bakar. Kemudian, dicampurkan dan dimasukkan dalam polybag 35 cm x 35 cm dengan menggunakan tanaman kecipir. 

Sementara itu, Indra Wijaya Kusuma selaku pemilik PT. Akcaya Agro Mandiri membantu langsung praktik hidroponik dengan sistem Wick. Sistem ini menggunakan sterofoam bekas yang dilubangi bagian atasnya dan dilapisi plastik mulsa. Tujuannya untuk menampung air yang sudah tercampur nutrisi AB Mix . Begitu juga dengan media yang menggunakan tanah dengan memanfaatkan botol bekas air mineral 1500 ml yang dibelah dua.

Kegiatan ini diikuti lebih dari 20 peserta. Digelar di rumah Ketua IIKPA-BTN Jalan Suhada N0.27 Pontianak. Pelatihan berjalan sukses mulai dari sosialisasi mengenai teknik budidaya hidroponik sampai praktik. (Ros)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini